DScovery

Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Contoh dan Tips Membuatnya yang Benar

Ingin membuat recruiter terkesan? Buat surat lamaran kerja berbahasa Inggris versi kamu dengan contoh ini dan ikuti beberapa tipsnya.

Membuat surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris ataupun Indonesia yang baik menjadi nilai plus tersendiri ketika melamar pekerjaan. Terlebih, ketika target perusahaan yang kamu tuju adalah perusahaan startup. Banyaknya peminat membuat persaingan semakin ketat.

Mau nggak mau, kamu dituntut membuat recruiter terkesan denganmu. Salah satu caranya dengan mengirim berkas berbahasa Inggris, baik untuk penulisan curriculum vitae (CV) maupun surat lamaran kerja. Bukan berarti surat lamaran kerja yang menggunakan bahasa Indonesia tidak baik.

Surat lamaran kerja yang memakai bahasa Inggris sekaligus dapat membuktikan kemampuan bilingual-mu. Lagipula, saat ini bahasa Inggris sudah sering dipakai dalam bahasa sehari-hari. Seakan, fasih berbahasa Inggris menjadi parameter baru untuk menilai apakah seseorang up-to-date dengan isu-isu terkini.

Yuk, ikuti tips di bawah ini biar kamu menguasai cara membuat surat lamaran kerja dengan bahasa Inggris yang benar!

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Benar

  1. Pilih contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang singkat, padat, dan jelas

Bahasa Inggris terkenal dengan kosakatanya yang lugas. Hal ini juga akan berpengaruh pada penyusunan kalimat dalam penulisan, termasuk dalam membuat surat lamaran kerja. Sebelum membuat surat tersebut, pastikan kamu memilih contoh yang benar terlebih dahulu.

Layaknya menulis dengan bahasa Indonesia, sebaiknya pilihlah contoh surat lamaran kerja dengan bahasa Inggris yang menggunakan kalimat efektif dan tidak berbelit-belit. Ingat, kamu harus bisa menyita perhatian recruiter yang tak memiliki banyak waktu buat menyeleksi para kandidat.

  1. Perhatikan Penggunaan Grammar

Setelah memilih contoh, kamu akan mengganti kalimatnya sesuai pengalaman kamu sendiri. Dalam proses ini, penting untuk menuliskannya dengan grammar yang benar. Kalau kamu ragu dengan kemampuanmu, kamu bisa meminta bantuan proofreading ke teman yang jago grammar.

Ada juga loh berbagai situs buat mengecek penggunaan grammar yang bisa diakses secara gratis. Kamu tinggal pilih saja mana situs yang paling nyaman kamu gunakan, di antaranya:

  • Grammarly
  • Reverso
  • Scribens
  • Becorrect
  • Ginger Software
  • Language Tool
  • Online Correction
  • Grammar Check

Contoh Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris yang Benar

Belum terbayang mengaplikasikan tips-tips di atas? Tenang, kamu bisa melihat contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris, lengkap dengan artinya di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris untuk Fresh Graduate

Bandung, July 17, 2021

 

Mr. Pratikno

Head of Human Resource Division

PT. Sumber Jaya Lab

Jl. Cendrawasih No. 67

Bandung, 12345

 

Dear Mr. Pratikno,

Based on the advertising on Jobstreet posted on July 10, 2021 about the job as Project Manager in your company, I would like to apply to fill the position. I am a graduate Business Management from Telkom University Bandung and I believe that I am perfect for this job as my education, skills, and experience are match for the requirements needed.

I contributed a successful training project for 1 year internship in Grab Indonesia as Junior Project Manager. In that case, I have performed excellent project performance management system that increased project efficiency by 15%.

I am recognized for my attention to detail and making best decisions in handling projects given. I also have a proven track record of great leadership, expert communication, and outstanding problem-solving skills.

For your consideration, I have attached a curriculum vitae and other required documents. I am looking forward to the interview so I can explain my skills and abilities in person with you.

 

Best regards,

Ruth Handayani

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia

Bandung, 17 Juli 2021

 

Yth. Pak Pratikno

Kepala HRD PT. Lab Sumber Jaya

Jl. Cendrawasih No.67 Bandung, 12345

 

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan di Jobstreet yang diunggah pada tanggal 10 Juli 2021 tentang pekerjaan sebagai Project Manager di perusahaan Anda, saya tertarik untuk mengisi posisi tersebut.

Saya merupakan lulusan Manajemen Bisnis dari Universitas Telkom Bandung dan saya percaya bahwa saya kandidat yang layak untuk pekerjaan ini karena pendidikan, keterampilan, dan pengalaman saya sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan.

Saya berkontribusi pada proyek pelatihan yang sukses selama magang 1 tahun di Grab Indonesia sebagai Junior Project Manager. Dalam hal ini, saya telah menerapkan sistem manajemen kinerja proyek yang sangat baik yang meningkatkan efisiensi proyek sebesar 15 persen.

Saya diakui atas perhatian saya terhadap detail dan membuat keputusan terbaik dalam menangani proyek yang diberikan. Saya juga memiliki rekam jejak kepemimpinan yang hebat, komunikasi yang ahli, dan keterampilan memecahkan masalah yang luar biasa.

Sebagai bahan pertimbangan, saya telah melampirkan CV dan berkas lainnya sebagai syarat. Saya menantikan wawancara sehingga saya dapat menjelaskan keterampilan dan kemampuan saya secara langsung dengan Anda.

Salam,

Ruth Handayani

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again