Categories

Survei

Survei DailySocial: Mayoritas Responden Optimis Alat Pembayaran Non-Tunai Bisa Menggantikan Tunai di Masa Depan

67,32% responden percaya bahwa pembayaran non-tunai bisa menggantikan alat pembayaran tunai di masa depan nanti.

Adjie Priambada - 5 October 2016

Hari ini (5/10) DailySocial meluncurkan hasil survei dengan tajuk “Popular Cashless Payment Instrument in Indonesia”. Melalui survei kali ini, kami mencoba mencari tahu popularitas alat pembayaran non-tunai di Indonesia dan bagaimana responden menggunakan alat pembayaran tersebut. Survei DailySocial ini merupakan hasil kolaborasi DailySocial dengan JakPat untuk memberikan gambaran besar mengenai penetrasi alat pembayaran non-tunai di Indonesia secara umum, alasan menggunakan alat pembayaran non-tunai, hingga bagaimana responden menggunakannya.

Beberapa poin menarik yang dapat ditemui dalam hasil survei yang melibatkan 1028 responden ini di antaranya adalah:

  • Secara umum, penetrasi alat pembayaran non-tunai di Indonesia sudah cukup baik karena 82,39% responden menyebutkan telah mengetahui dan menggunakan secara aktif alat pembayaran non-tunai.
  • Pun begitu, masih ada 17,61% responden yang ingin tetap menggunakan tunai sebagai alat pembayaran utama.
  • Dalam survei ini, ATM mendominasi sebagai alat pembayaran non-tunai dengan persentase mencapai 90,67%.
  • Penggunaan non-tunai untuk pembayaran berkala seperti tagihan listrik & air, asuransi, cicilan, hingga pendidikan masih belum jadi prioritas karena persentasenya tidak ada yang melebihi 30%.
  • Berita baiknya, 67,32% responden percaya bahwa pembayaran non-tunai bisa menggantikan alat pembayaran tunai di masa depan nanti.

Bila ingin mengetahui lebih lanjut hasil survei “Popular Cashless Payment Instrument in Indonesia” yang terdiri dari 27 halaman, Anda dapat mengaksesnya secara cuma-Cuma setelah menjadi member DailySocial.

Selain survei ini, DailySocial juga sebelumnya telah meluncurkan survei yang menyoroti perilaku pengguna terhadap layanan digital, tingkat kepuasan terhadap layanan e-commerce, penetrasi layanan kesehatan digital, dan pola mendengarkan musik di Indonesia tahun 2016.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter