1. DScovery

Teks Eksplanasi: Definisi, Ciri-ciri, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Bagaimana kita tahu bahwa sebuah teks disebut teks eksplanasi? Ayo pelajari pengertian, ciri-ciri dan struktur teks eksplanasi beserta contohnya. 

Pernahkah kamu melihat atau membaca berita tentang bencana alam? Biasanya ada penjelasan tentang proses terjadinya peristiwa tersebut. Sehingga ada sebuah teks dalam bahasa Indonesia yang dibuat untuk menjelaskan sebab dan akibat dari peristiwa tersebut. Teks ini disebut teks eksplanasi.

Maka dari itu kami akan menjelaskan secara mendalam mengenai teks eksplanasi hingga kamu paham dengan teks ini. Berikut tulisannya di bawah ini!

Definisi Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang fenomena atau peristiwa, fenomena alam dan sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena alam yang dimaksud dapat berupa tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, kebakaran hutan, proses terbentuknya pelangi, dll. Fenomena sosial yang dapat dijelaskan dengan teks eksplanasi misalnya. protes, pertempuran, perang dan banyak lagi.

Teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan pengertian dan pemahaman yang jelas kepada pembaca. Oleh karena itu, teks eksplanasi harus memuat alur, sebab dan akibat dari peristiwa tersebut.

Ciri-ciri Teks Eksplanasi

Dikutip dari teks eksplanasi E-modul kelas XI SMA, teks eksplanasi memiliki beberapa ciri, yaitu:

1. Strukturnya terdiri atas pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi

2. Informasi berdasarkan fakta

3. Informasi yang dimuat bersifat ilmiah atau keilmuan seperti sains

4. Sifat teks eksplanasi juga informatif. Artinya, tidak berusaha untuk memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap pembahasannya

5. Menggunakan squence markers, contoh pertama, kedua, ketiga dan sebagainya. Atau bisa dengan pertama, berikutnya, terakhir

6. Artikel pendukung, contoh: "Teks Eksplanasi Sosial Beserta Strukturnya"

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan dengan jelas proses yang terlibat dalam fenomena tersebut. Teks ini juga memberikan alasan atas kejadian tersebut dengan bahasa sederhana yang mudah dipahami pembaca.

Struktur Teks Eksplanasi

Sebuah teks dapat diklasifikasikan sebagai teks eksplanasi jika disusun dalam bentuk pernyataan umum, hubungan sebab akibat, dan interpretasi.

1. Identifikasi Fenomena

Pada bagian ini, teks eksplanasi menjelaskan tentang gambaran umum fenomena/peristiwa alam yang sedang dibahas. Permasalahan tersebut dapat muncul dari proses bagaimana fenomena alam tersebut dapat terjadi.

2. Rangkaian Kejadian

Sekarang setelah kamu mengetahui fenomena yang sering dibahas, bagian ini menjelaskan sebab dan akibat dari fenomena tersebut. Kamu dapat menjelaskan sebab dan akibat dalam beberapa paragraf. Bagian ini juga disebut sebagai seperangkat penjelasan.

3. Interpretasi

Penafsiran teks eksplanasi bisa disebut ikhtisar atau kesimpulan. Kamu dapat memberikan komentar atau umpan balik tentang fenomena yang dibahas dalam teks.

Contoh Teks Eksplanasi

Untuk lebih memahami cara membuat teks eksplanasi, berikut adalah contoh teks eksplanasi beserta strukturnya.

Identifikasi Fenomena

More Coverage:

Kebakaran hutan adalah suatu keadaan di mana hutan musnah oleh kebakaran besar yang mengakibatkan rusaknya sebagian atau seluruh hasil hutan. Kebakaran hutan juga mempengaruhi polusi udara di rumah-rumah penduduk.

Deskripsi Rangkaian Kejadian

Kebakaran hutan dapat disebabkan oleh aktivitas manusia dan alam. Kegiatan manusia yang dapat memicu kebakaran hutan antara lain: sembarangan membuang puntung rokok, sengaja menyulut kebakaran hutan atau memadamkan api unggun. Selain itu, musim kemarau yang berkepanjangan juga turut menyumbang bencana ini. Daun atau cabang yang disikat dapat menyebabkan kebakaran yang menyebar luas.

Interpretasi

Hutan adalah sumber daya alam yang harus kita jaga. Sebagai makhluk hidup yang berakal, alangkah baiknya jika kita turut serta menjaga hutan. Dimulai dengan membuang rokok ke tempat sampah dan memadamkan api unggun sebelum keluar dari hutan.

Nah sekarang sudah paham kan apa itu teks eksplanasi? Semoga informasi ini membuat kamu paham dengan teks ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again