Otomotif

Tesla Model S Resmi Siap Mengaspal di Indonesia Mulai 12 Februari 2015

Ups, kabar bahwa mobil listrik Tesla siap melenggang di jalanan Indonesia bulan Januari 2015 rupanya meleset. Well, paling tidak melesetnya tidak terlalu parah. Bulan ini kita akan segera kedatangan mobil listrik besutan Tesla, dan kali ini tidak ada lagi ‘harapan-harapan palsu’ yang selama ini beredar.

Dilaporkan oleh Autonetmagz, peluncuran resmi mobil listrik Tesla akan diadakan di ibukota, tepatnya di Mall Grand Indonesia, pada tanggal 12 sampai 15 Februari mendatang. Kabar ini didapat langsung dari Prestige Image Motorcars, dealer mobil swasta yang bertanggung jawab atas impor mobil Tesla sekaligus penghelat acara peluncuran tersebut.

Di negara asalnya, yaitu Amerika Serikat, ada empat varian yang ditawarkan Tesla untuk Model S, sedangkan Prestige Image Motorcars rencananya baru akan memboyong satu varian saja, yakni Tesla Model S P85D, yang tidak lain merupakan varian teratas dari lini Model S.

Sesuai namanya, Tesla Model S P85D ditenagai oleh baterai berdaya 85 kWh yang mampu membawanya hingga 407 kilometer dalam satu kali charge. ‘P’ menandakan ‘Performance’, sedangkan ‘D’ menandakan ‘Dual Motor’, dimana performa gahar Tesla Model S P85D pantas disandingkan dengan sejumlah supercar berharga miliaran yang biasa Anda jumpai di jalanan.

Kombinasi motor listrik ganda ini membuahkan output daya total 691 hp, dan kecepatan maksimumnya mencapai 250 km/jam. Untuk akselerasi 0–100 km/jam, Model S P85D mencatatkan waktu 3,2 detik. Akan tetapi, catatan waktu tersebut akan meningkat menjadi 3,1 detik setelah Model S P85D mendapatkan software update terbarunya.

 

Info menarik: Aplikasi Apple Watch Ini Siap Mengontrol Mobil Listrik Tesla Model S

 

Oke, jadi berapa harganya? Prestige Image Motorcars telah memajang Tesla Model S P85D di situs resminya, dan di sana terpampang angka Rp 2,75 miliar (off the road). Di AS, Tesla Model S P85D tanpa fitur-fitur opsional dihargai $105.670, atau sekitar Rp 1,35 miliar. Ini artinya Model S P85D di Indonesia dibanderol lebih dari dua kali lipat harga jualnya di AS. Kejam…

Pun demikian, saya salut dengan optimisme Prestige Image Motorcars. Terlepas dari kemacetan kota Jakarta dan belum tersedianya stasiun Supercharger umum untuk mengisi baterai mobil Tesla – konsumen awalnya mungkin hanya bisa mengisi baterai di rumah masing-masing – mereka berani memboyong mobil listrik tercanggih di dunia tersebut, bahkan varian tertingginya sekaligus.

Gambar header: Tesla.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter