1. Startup

Kolaborasi Artopologi dan Gunawarman Group Hadirkan Pameran Seni Rupa dan Teknologi Blockchain

Acara ini dibuka mulai tanggal 18 Maret 2023 hingga 30 April 2023

Startup pengembang platform marketplace karya seni yang terkoneksi blockchain, Artopologi, bekerja sama dengan Gunawarman Group menggelar pameran seni bertajuk "The Palette and The Plate". Berlokasi di Sofia at the Gunawarman, pameran yang menghadirkan berbagai karya seni kontemporer bersama sajian hidangan dan musik ini telah dibuka sejak tanggal 18 Maret 2023 hingga 30 April 2023.

Karya seni yang dipamerkan telah dikurasi ketat oleh tim Artopologi dan rekannya yakni Galeri Semarang, yang merupakan galeri kontemporer bagi karya seni kelas dunia dari seniman lokal dan internasional. Pameran ini diharapkan bisa menghadirkan pengalaman yang spesifik dan unik, seperti teknik seni rupa ilusi optik.

Beberapa seniman yang karyanya dipamerkan termasuk Agapetus Kristiandana, Andy Dewantoro, Bestrizal Besta, Gabriel Aries, Galam Zulkifli, Ines Katamso, Maryanto, Seulgi Yoon Suak, dan Tara Kasenda. Setiap karya seni yang dipamerkan juga akan disertai dengan sertifikat keaslian digital yang terdaftar di blockchain.

Founder & CEO Artopologi Intan Wibisono mengungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan program rutin yang diadakan dalam rangka menyediakan ruang, baik online maupun offline, untuk menghadirkan karya seni dalam hidup sehari-hari. "Pameran serupa akan diadakan secara berkala oleh Artopologi di berbagai ruang alternatif di mana para pencinta seni berkumpul," tambahnya.

Seluruh karya yang terpajang dapat diakses dan dikoleksi langsung melalui situs resmi Artopologi dengan mata uang rupiah, termasuk sertifikat keaslian berbasis blockchain tanpa memerlukan mata uang kripto. Kurasi karya yang dipamerkan selama The Palette and The Plate berlangsung juga akan diperbarui secara berkala.

Platform Artopologi sendiri resmi diperkenalkan ke ruang publik pada Oktober 2022 lalu melalui penyelenggaraan pameran bertajuk "Rekam Masa" di Museum Nasional, Jakarta. Makna dari tema tersebut menandai kehidupan pada masa/zaman seseorang, ditandai dengan stempel waktu yang dimiliki teknologi blockchain.

Sebagai platform web3 untuk karya seni, Artopologi memiliki misi untuk menjembatani ekosistem seni konvensional dengan teknologi terkini demi meregenerasi kolektor seni di Indonesia. Perusahaan juga telah mendapatkan pendanaan pra-awal yang dipimpin oleh Ideosource.

Platform web3 untuk karya seni di Indonesia

Karya seni memiliki arti yang sangat luas, menurut KBBI, arti lain seni adalah karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa. Bentuknya sendiri juga bermacam-macam seperti tari, lukisan, ukiran, atau musik. Di Indonesia, selain Artopologi ada beberapa platform web3 yang juga fokus pada karya seni seperti Netra yang fokus menyasar pasar seni musik.

Platform Netra menawarkan kepemilikan dan hak royalti atas karya musik musisi lokal Indonesia maupun internasional dalam bentuk aset digital NFT ke para penggemarnya. Inisiatif ini memungkinkan musisi meraih pendapatan alternatif dari kegiatan berkarya yang pada dasarnya mengurangi atau menghilangkan porsi pekerjaan (dan porsi bagi hasil) oleh penengah seperti distributor, bahkan label.

Perusahaan menerapkan prinsip desentralisasi, keuntungan yang diperoleh melalui streaming musik akan langsung ditransfer ke musisi dan dapat diklaim oleh pemilik NFT Netra tanpa intervensi pihak ketiga. Dan dengan memanfaatkan teknologi blockchain, keamanan dan keaslian setiap transaksi bersifat terjamin dan transparan.

More Coverage:

Selain dari sisi pemain industri, pemerintah juga mendukung kehadiran dari platform web3 di tanah air. Hal ini terbukti dalam lisensi yang belum lama ini diperoleh platform payment gateway untuk transaksi kripto Alchemy Pay. Perusahaan bekerja sama dengan fintech lokal dalam mengoperasikan layanan pengiriman uang dan remitansi.

Laporan  "Indonesia Web3 Landscape dan Crypto Outlook 2022" yang dirilis Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I) dan Indonesia Crypto Network (ICN) menunjukkan bahwa terdapat 569 perusahaan atau startup terdaftar di sistem Online Single Submission (OSS) yang masuk dalam kategori “Aktivitas Pengembangan Teknologi Blockchain” dengan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Industri (KBLI) 62014.

Lanskap industri Web3 di Indonesia. Sumber: Indonesia Cypto Outlook 2022
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again