Tips Memperoleh Aplikasi Universal untuk Windows Phone dan Windows PC/Tablet

Jika Anda memiliki perangkat Windows Phone dan juga Windows PC/Tablet, mungkin Anda pernah mengalami proses mengunduh aplikasi yang sama (gratis atau berbayar) sebanyak dua kali. Jika aplikasi itu berbayar, Anda harus membayar di Windows Phone Store dan juga di Windows Store.

Hal ini terjadi karena belum adanya integrasi antara kedua toko aplikasi tersebut. Namun saat ini Microsoft sudah memperbaikinya.

Jika sewaktu-waktu Anda pengguna Windows Phone mencari aplikasi baru di aplikasi Windows Phone Store, kemungkinan Anda akan menemukan aplikasi dengan tanda/ikon tablet-phone di dekat logo atau nama aplikasi.

Anda tidak perlu bingung karena ikon tersebut menunjukkan bahwa aplikasi ini dikembangkan oleh developer agar dapat dibeli sekali namun dapat diunduh untuk kedua perangkat - phone dan tablet. Ini adalah langkah awal integrasi total dari toko aplikasi di kedua perangkat tersebut.

Info menarik: Lenovo Ideapad MIIX 300 Suguhkan Produktivitas Tinggi di Harga Terjangkau

Sebagai contoh kita bisa lihat aplikasi Wunderlist seperti pada gambar di bawah ini. Perhatikan logo ikon tablet dan phone yang ada di pinggir keterangan app installed.

 

Wunderlist dikembangkan dengan teknologi Universal sehingga jika Anda sudah membeli aplikasi ini di Windows Phone Store (phone), Anda sudah memiliki versi yang tablet-nya juga. Jadi, ketika Anda membuka aplikasi Store di tablet/PC, Wunderlist akan dideteksi sebagai aplikasi yang sudah Anda miliki, sehingga jika ingin menggunakannya Anda tinggal download saja tanpa proses pembelian ulang.

Menyambut Windows 10, kedua toko aplikasi ini (windows phone store dan windows store) akan resmi terintegrasi menjadi hanya satu toko aplikasi saja. Sehingga, pengembang dapat mengembangkan dua versi tampilan untuk phone dan tablet, namun kita sebagai pengguna cukup membeli sekali saja.

Aplikasi dengan ikon universal saat ini sudah mulai banyak bermunculan, misalnya saja seperti Wunderlist, UC Browser dan Flipboard.

Sumber gambar: Windows via Shutterstock