Interview

Transaksi Pembelian Voucher Non-Permainan Kini Kuasai 25 Persen Bisnis Indomog

Indomog adalah perusahaan yang mengetahui benar celah solusi pembayaran layanan online di negeri ini.  Dengan penetrasi penggunaan kartu kredit terbatas dan terkonsentrasi di kota-kota besar, mereka menawarkan solusi pembelian produk virtual melalui voucher fisik yang bisa diperoleh di minimarket atau warung Internet (warnet) terdekat. Tak melulu soal permainan, ternyata segmen non-permainan kini semakin menggeliat.

Mengais keuntungan dari bisnis Internet memang bergantung dari kemudahan solusi pembayarannya. Berbagai permainan online menawarkan bermacam-macam produk eksklusif yang diperoleh secara berbayar. Di negara-negara maju, pembelian produk virtual bukanlah masalah karena kartu debit dan kartu kredit yang mereka miliki bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

Karakteristik berbeda dijumpai di Indonesia. Hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri sebab jumlah penguna kartu kredit  di Indonesia sangat timpang jika dibandingkan dengan pengguna Internet. Tercatat pengguna Internet menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sebanyak 82 juta orang, sementara jumlah pengguna kartu kredit yang pada akhir Desember 2013 berkisar 15 juta orang.

Hal ini mendorong solusi alternatif online payment, seperti transfer antar rekening bank, layanan dompet elektronik, dan voucher elektronik. Indomog mengeluarkan Mogplay, sebuah electronic game voucher yang bisa digunakan untuk membeli Facebook Credit. Produk lainnya yang tersedia adalah Mogcaz Gift Card. Mogcaz Gift Card fungsinya hampir sama dengan sebagai voucher isi ulang yang dapat dengan mudah diperoleh melalui offline store seperti 7-Eleven.

Pengguna Mogcaz Gift Card bisa membeli semua produk yang dijual di situs Indomog, termasuk voucher game Mogplay, ultimate game card, pembelian konten digital melalui iTunes, konten musik, dan majalah. Voucher ini juga bisa untuk melakukan keperluan pembayaran seperti listrik pintar, listrik pascabayar, PDAM, Telkom Indonesia, Telkomvision, hingga top-up akun pengguna Indomog.

Mogcaz Gift Card hadir dalam 3 denominasi, yaitu V50, V100, V200 dan bisa didapatkan di seluruh outlet 7-Eleven dan semua warnet reseller Indomog yang jumlahnya sudah mencapai 4000-an warnet. Salah satu implementasinya adalah Facebook Game Cards yang baru-baru ini diumumkan.

Mogcaz Gift Card juga menyasar pengguna yang belum atau tidak memiliki rekening bank. Pengguna dapat membelinya di offline store tanpa harus melakukan transaksi di ATM. Pembelian melalui offline store dinilai akan menjangkau pasar lebih luas lagi, seperti mereka yang masih di bangku sekolah dan berusia remaja.

Co-founder Indomog Vincent Henry Iswaratioso mengatakan demografis pengguna mereka berusia belasan hingga 40 tahunan. Kebanyakan dari mereka merupakan konsumen yang loyal. Karakteristik pengguna yang luas ini membuat Indomog tak hanya berhenti kepada solusi online payment untuk permainan, tetapi juga untuk seluruh konten digital.

Vincent saat ditemui DailySocial menerangkan bahwa pengguna Indomog terdaftar saat ini, mencapai sekitar 400 ribu orang. Transaksi yang terjadi per harinya bisa mencapai antara 20 ribu hingga 40 ribu. Setiap transaksi yang terjadi memiliki nominal antara Rp 33 ribu hingga Rp 1 juta.

Vincent mengatakan, “Kebanyakan (pembelian voucher) masih untuk game, tetapi sudah mulai pengguna melakukan pembayaran telepon. Tahun lalu sekitar 85 persen masih game, tapi tahun ini sekitar 25 persen  sudah non-game."

Dalam setahun terakhir terjadi peningkatan yang signifikan untuk pembelian produk non-game karena banyak kebutuhan pengguna yang ternyata bisa dilakukan dan dibayar melalui Internet. Tidak cuma soal pembayaran tagihan, konsumen juga bisa memanfaatkan voucher seperti ini untuk membeli layanan bulanan streaming musik atau berlangganan perangkat produktivitas. Sebagian besar pengguna layanan ini masih berdomisili di Jakarta, namun Vincent melihat pertumbuhan menggembirakan di luar Jakarta, seperti di Makasar dan Medan.

“Ke depannya kita ingin menjajaki untuk pembelian tiket kereta api dan konser. Channel pembayaran akan terus diperbanyak, infrastrukturnya terus dibangun,” pungkasnya.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter