1. Startup

Twitter Places: Fitur Lokasi 'Baru' dari Twitter

Fitur lokasi memang bukan barang baru di Twitter, sampai saat ini pengguna telah bisa menambahkan keterangan lokasi pada tweet mereka, namun fitur lokasi yang sekarang ada mempunyai konsep berbeda dan bagi sebagian pengguna kurang seru jika dibandingkan dengan layanan lokasi yang sedang trend, seperti Foursquare atau Gowalla.

Dengan mengambil momen piala dunia, Twitter kini meluncurkan Twitter Places yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tag tweets dengan lokasi yang lebih spesifik, serta anda juga bisa menambahkan tempat atau lokasi baru.

Fitur ini bisa digunakan lewat aplikasi Twitter di web atau di mobile.twitter.com. Lewat pengumuman resmi di blog mereka, Twitter menjelaskan bahwa pengguna juga kini bisa melihat berbagai tweet lain tentang lokasi tertentu. Misalnya anda meng-klik Twitter Place yang terdapat pada suatu tweet, maka nantinya anda bisa melihat berbagai tweet dari lokasi tersebut.

Keterangan tentang lokasi ini berada di bagian bawah status update, penempatannya seperti fitur lokasi yang telah ada sekarang. Beberapa fitur tambahan yang ada di Twitter Places antara lain, integrasi dengan Foursquare dan Gowalla, yang merupakan layanan berbasis lokasi yang paling populer. Jadi nantinya ketika anda melakukan klik pada fitur Twitter Place, anda akan melihat berbagai tweet serta check-in dari Foursquare dan Gowalla.

Kemudian Twitter juga meluncurkan API yang memungkinkan para pengembang untuk mengintegrasikan Twitter Places pada aplikasi mereka, dan yang terakhir, Twitter juga mendukung lebih banyak browser untuk fitur Twitter Places ini, anda kini bisa menambahkan lokasi pada tweet anda dari browser seperti Safari IE, Chrome dan Firefox.

Fitur ini sepertinya memang bukan fitur yang benar-benar baru, Twitter tetap menggunakan pengaturan yang ada dilayanan lokasi mereka yang telah bisa dinikmati sampai sekarang, namun Twitter Places memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai keterangan yang lebih spesifik tentang suatu lokasi tertentu, sehingga lebih mudah dikenali oleh pengguna lain, misalnya daerah atau lokasi dengan nama unik atau keterangan unik yang telah dikenal oleh publik. Anda bisa mempelajari lebih jauh tentang fitur ini dan bagaimana menggunakannya di link ini.

Fitur ini akan mulai bisa digunakan di 65 negara di seluruh dunia dalam beberapa minggu ke depan, jika anda tertarik dan ingin mengikuti perkembangan selanjutnya dari fitur lokasi Twitter ini anda bisa mengikuti akun @geo di Twitter. Twitter Places yang merupakan hasil kerjasama Twitter dengan TomTom dan Localeze juga akan hadir di aplikasi mobile seperti Twitter untuk iPhone, Android dan BlackBerry.

Setiap kali Twitter meluncurkan fitur baru, yang paling menarik bagi saya adalah implementasi para developer, karena salah satu yang membuat Twitter berkembang tidak lain adalah Twitter client yang dikembangkan oleh pihak ketiga, jadi mari kita lihat bagaimana para pengembang pihak ketiga akan mengintegrasikan fitur ini pada aplikasi mereka.

Selain itu integrasi Twitter Places dengan Foursquare dan Gowalla sepertinya akan mendapatkan respons yang positif, karena kita tau seberapa besar antusias pengguna akan dua aplikasi ini, terutama Foursquare, termasuk juga di Indonesia, kegiatan check-in ala Foursquare di lokasi atau venue tertentu kini bisa ditemukan di obrolan sehari-hari.

Bagaimana dengan anda, apakah menurut anda fitur Twitter Places ini akan lebih berguna dari fitur lokasi yang telah ada di Twitter sekarang? Dan apakah akan juga menjadi trend mengikuti fitur lokasi dari layanan lain seperti Foursquare atau Gowalla? Pendapat anda ditunggu pada kolom komentar.

Screenshot blog Twitter.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again