1. Lifestyle

Uber Beacon Permudah Proses Penjemputan di Lokasi yang Ramai di Malam Hari

Mengandalkan lampu LED pada kaca depan mobil yang bisa menyala dalam warna yang ditentukan penumpang

Dengan semakin membeludaknya jumlah konsumen sekaligus mitra pengemudi Uber di berbagai penjuru dunia, startup pelopor bisnis ride-sharing tersebut ingin rider dan driver-nya bisa mendapat pengalaman yang sama-sama enak, terutama pada saat penjemputan di malam hari dan di lokasi yang ramai.

Inovasi mereka kali ini bukan berwujud software, melainkan hardware yang dijuluki Uber Beacon. Fungsi utama Beacon adalah untuk membantu penumpang menemukan mobil jemputan yang tepat dengan cepat, tanpa harus pencicilan mengamati pelat nomor mobil di malam hari.

Caranya adalah dengan lampu LED yang bisa menyala dalam berbagai warna. Yang menentukan warnanya adalah penumpang, ketika mereka melakukan pemesanan. Sesudahnya, Beacon yang terpasang pada kaca depan mobil sang driver akan menyala dalam warna yang sama persis.

Warna LED yang menyala pada Beacon ditentukan oleh penumpang saat melakukan pemesanan / Uber

Bagaimana bisa warnanya sesuai? Well, masing-masing Beacon tersambung ke ponsel drivervia Bluetooth, yang menyimpan informasi terkait warna LED yang telah ditetapkan penumpangnya. Sinkronisasinya berjalan secara otomatis, dan sang driver tinggal memasang dan melupakannya.

Uber mengklaim Beacon dapat dipasang dan dicopot dengan sangat mudah. Karena memakai LED dan Bluetooth, baterainya pun dijamin awet, sanggup bertahan selama beberapa hari sebelum perlu di-charge kembali.

Saat ini Uber sedang dalam proses membagi-bagikan Beacon ke mitra pengemudinya yang beroperasi di kota Miami, Denver, Nashville dan Newcastle. Rencana ke depannya adalah menjadikan Beacon sebagai fitur standar, sehingga Uber berkomitmen untuk menyediakannya di lebih banyak kawasan mulai tahun depan.

Sumber: Uber.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again