Categories

Game

Valve Menyiapkan 12 Steam Machines dari Produsen Berbeda

Yoga Wisesa - 6 January 2014

Sejauh ini terhitung  ada dua produsen hardware lain yang mengambil bagian ke dalam invasi Valve ke ruang keluarga dengan proyek Steam Machines: iBuyPower dan Piixl.

Saat iBuyPower mencoba membuat alternatif murah dibanding varian rancangan Valve sendiri, Piixl merancang perangkat yang memiliki kemampuan lebih luas. Ia siap mendukung SteamOS, tapi ia tidak dirancang semata-mata sebagai Steam Machines. Di awal 2014, berita tentang proyek Valve ini kian memanas…

Beberapa saat lalu Valve mengumumkan tidak kurang dari dua belas produsen turut serta untuk merancang Steam Machines mereka masing-masing. Nama-nama yang mereka sebutkan ternyata merupakan produsen-produsen hardware dengan ‘reputasi’ dan spesialisasi berbeda. Dua belas nama tersebut adalah Alienware, Falcon Northwest, iBuyPower, CyberPowerPC, Origin PC, Gigabyte, Materiel.net, Webhallen, Alternate, Next, Zotac, Scan Computers selain iBuyPower dan Piixl.

 

Info menarik: Purwarupa Steam Machines Baru, Kali Ini Garapan iBuyPower

 

Beberapa produsen memang terasa cukup asing untuk kita yang tinggal di negara Asia Tenggara, tetapi kita bisa berasumsi bahwa kemungkinan besar Steam Machines dari Alienware adalah salah satu varian premium – seperti PC desktop dan gaming notebook mereka. Kemudian disusul Origin PC dan Gigabyte dari Taiwan. Saya mengharapkan produk Steam Machines dari Zotac memiliki harga yang masuk akal dibandingkan dengan jenis lain.

Satu hal yang kita perlu tahu, sebenarnya menciptakan gaming PC a la console bukanlah hal baru untuk Alienware. Sebelumnya anak perusahaan Dell ini telah mengenalkan Alienware X51 yang mungil. Saat itu mereka menjanjikan bahwa varian entry-level dengan prosesor Intel i3 (generasi ketiga) dapat menyajikan Battlefield 3 di 40fps. Ia dibanderol dengan harga kurang lebih US$ 699.

Sayangnya seperti produk Alienware lain, konsumen melihat X51 sebagai barang yang mewah. Apalagi saat mengunjungi situsnya, Anda hanya akan diberikan keterangan ‘call for pricing‘ yang membuat kita malah enggan untuk mencari tahu. Pertanyaannya adalah apakah Steam Machines dari Alienware merupakan ‘penerus spiritual’ dari X51?

 

Info menarik: Piixl Jetpack, Steam Machines Unik Yang ‘Bersembunyi’ di Belakang TV Anda

 

Sejauh ini Valve belum mau membeberkan informasi detail lebih lanjut, namun mereka berjanji akan memamerkan semuanya di CES 2014 minggu ini. Dan saya penasaran mengapa nama Xi3 (dengan model Piston yang dahulu diyakini sebagai Steam Box pertama) tidak muncul di sana. Para analis teknologi cukup yakin akan ada lebih banyak produsen yang ambil bagian dalam proyek Steam Machines dimasa yang akan datang. Rencananya, Valve akan mengadakan konfrensi pers besok sore waktu setempat.

Sepengetahuan saya, pada akhirnya konsumen semua dapat merancang Steam Machines mereka sendiri – seperti layaknya merakit komputer. Namun untuk pengalaman maksimal, kita tetap harus memiliki Steam Controller yang hanya diproduksi eksklusif oleh Valve.

Via Engadget. Sumber gambar header: Wccftech.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter