Categories

Interview

WarungRakyat Ingin Jadi Pemimpin Untuk Platform Digital Dropship E-Commerce

Menyajikan fitur-fitur personalisasi untuk memudahkan promosi dan fitur linimasa untuk permudah komunikasi antara retailer dan supplier

Prayogo Ryza - 25 May 2015

Persaingan di sektor digital dropshiping diperkirakan akan semakin ketat. Mencoba membuat sesuatu yang berbeda WarungRakyat menawarkan berbagai fitur dan layanan personalisasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi retailer dan supplier menjalankan bisnisnya.

Hampir serupa dengan konsep dropshiping digital lainnya, WarungRakyat mencoba mengandalkan layanan personalisasi sebagai salah satu keunggulan. Sistem WarungRakyat dirancang untuk memudahkan proses transaksi antara retailer dengan penjual maupun retailer dengan supplier. Untuk memudahkan retailer berinteraksi dengan pembeli WarungRakyat memberikan layanan berupa pembuatan website pribadi untuk memajang produk-produk apa saja yang ditawarkan oleh retailer, sehingga memudahkan retailer untuk mempromosikan produknya.

Sedang untuk hubungan antara retailer dan supplier, WarungRakyat telah menyiapkan linimasa (konsepnya sama seperti sosial media) sebagai tempat komunikasi antara retailer dan supplier sehingga hubungan bisnis tetap terjalin dengan harmonis. Selain itu WarungRakyat juga menyediakan beberapa fitur lain seperti laporan transaksi, Inventory Stock, Shipping Modul, Android Apps, dan tools-tools lainnya yang menunjang proses penjualan.

Semua kemudahan itu dapat dinikmati secara gratis, yang diperlukan hanya mendaftar pada portal WarungRakyat. Selain keanggotaan gratis, WarungRakyat juga menyediakan fitur-fitur premium bagi retailer atau supplier. Bagi retailer premium, WarungRakyat menyediakan personalisasi nama domain untuk toko onlinenya, sehingga dapat menambah kepercayaan pembeli.

Untuk keanggotaan supplier premium, WarungRakyat menyediakan fasilitas personalisasi domain untuk supplier dan kustomisasi domain retailer menggunakan brand atau domain pribadi dari supplier tersebut. Dengan keanggotan premium ini supplier juga akan mendapat keuntungan dari membership retailer premium serta berhak mendapatkan aplikasi android dengan menggunakan logo serta brand mereka sendiri untuk dibagikan kepada setiap retailernya.

Bersaing untuk menjadi digital dropship nomor satu di Indonesia

WarungRakyat bisa dikatakan baru dalam dunia startup khususnya di bidang digital dropshiping. WarungRakyat bermula ketika Duaon Simandalahi sebagai founder bersama dengan timnya mengajukan ide WarungRakyat ini dalam acara Indigo Incubator Telkom 2014. Dengan ide dan konsep yang cukup menjanjikan akhirnya WarungRakyat keluar sebagai salah satu juara dan terus melakukan pembenahan hingga akhirnya bisa beroperasi seperti sekarang.

Dengan konsep, layanan dan fitur yang ditawarkan WarungRakyat berharap bisa memenangi persaingan di dunia digital dropshiping dan menjadi nomor satu di Indonesia.

“Ke depannya kita ingin menjadi platform dropshipping nomor satu di Indonesia. Kita yakin platform kita akan sangat membantu mempromosikan dan menjual produk-produk UKM Indonesia hingga ke komunitas-komunitas terkecil di masyarakat yang tidak terjangkau oleh marketplace-marketplace di Indonesia,” ujar Duaon secara eksklusif kepada tim Dailysocial.

Target di tahun 2015

Sejauh ini WarungRakyat mengklaim layanannya telah di gunakan lebih dari 250 supplier dengan berbagai macam jenis barang dagangan serta lebih dari 1000 retailer yang siap menjual barang dari supplier.

Di tahun 2015 ini Duaon mengungkapkan WarungRakyat ingin terus meningkatkan jumlah supplier dan retailer hingga mencapai 10.000 retailer dan 1500 supplier. WarungRakyat mencoba menyasar UKM dan para penjual online yang memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan instagram untuk memanfaatkan layanan WarungRakyat dalam bisnisnya.

“Dengan semangat WarungRakyat, kita juga ingin membantu memperbanyak tumbuhnya pelaku-pelaku bisnis e-commerce di Indonesia. Jika marketplace online tumbuh subur di Indonesia sebagai mall digital, maka melalui WarungRakyat kita mengharapkan pasar tradisional digital juga harus tumbuh subur untuk kemajuan ekonomi Indonesia,” pungkas Duaon.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter