1. Lifestyle

Update Windows 8 Akan Rilis Oktober, Berikut Berbagai Fitur yang Ada di OS Terbaru Microsoft

Setelah banyak orang – temasuk saya – mengira bahwa Windows Blue adalah versi dewasa Microsoft Windows 8, bulan April lalu akhirnya Microsoft mengumumkan bahwa penerus Windows 8 hanya akan diberi nama Windows 8.1.

Kemudian Microsoft kembali mengabarkan bahwa Windows 8.1 tetap akan dipasarkan sebagai Windows 8, dan tulisan ‘8.1’ didistribusikan sebagai update service-pack seperti varian-varian Windows sebelumnya. Update apalagi yang diberikan Microsoft pada OS barunya ini?

Satu hal yang perlu diluruskan adalah istilah ‘Blue’ adalah nama software internal yang ditambatkan di dalam sistem operasi ini. Beberapa pernak-pernik lain yang dirombak (dan dijanjikan) Microsoft adalah performa kompatibilitas Windows 8.1 ketika menjalankan software, terutama software-software yang membutuhkan resource cukup banyak, seperti videogame.

Secara penampilan, Microsoft memperbarui user interface mereka, bahkan kita akan menjadi saksi kelahiran kembali menu Start yang dulu sempat menghilang di Windows 8. Tentu saja user bisa men-setting hal ini. Kemudian berbeda dengan sebelumnya, Anda tidak perlu mengutak-atik Control Panel untuk mengakses setting-setting seperti Network hingga User Account, semuanya akan semudah ketika Anda mau mengubah opsi display.

Kemudian sama seperti update pada Windows Phone 8, tampilan tile di layar Start juga turut berubah. Kini mereka lebih besar dan Microsoft menyempurnakannya dengan fitur filter aplikasi sesuai nama, tanggal dan waktu instalasi, sesering apa mereka digunakan hingga kategori-kategori lain. Microsoft menyatakan bahwa Anda bisa mengkustomisasi layar Start dan menyesuaikan ukuran tiap tile sesuai keinginan, tapi tetap saja itu bukanlah hal yang baru.

Satu hal baru yang diperkenalkan Microsoft juga adalah pengguna bisa menampilkan dua aplikasi di satu layar. Penampilan di desktop juga berubah, fitur search yang biasanya menyeret pengguna ke layar Start digantikan dengan menu baru yang terintegrasi dengan desktop.

Berdasarkan fakta-fakta yang dikumpulkan oleh TechRadar, Microsoft akan melengkapi Windows 8.1 dengan fitur SkyDrive yang 'tertanam’ langsung dengannya, Windows Store baru, Internet Explorer 11 dengan performa dan kecepatan buka laman yang lebih cepat (walaupun saya belum yakin ia akan menggantikan Google Chrome sebagai pilihan utama para web-surfer sejati) hingga Windows Explorer baru. Untuk hal yang terakhir ini, secara default Windows akan mengirim folder Documents and Pictures langsung ke SkyDrive – untuk menghemat hard disk, terutama bagi Anda yang menggunakan tablet.

Saya akui, satu hal yang cukup menakjubkan dari Windows 8 adalah sistem operasi ini 'menghemat' waktu boot-up menjadi sangat singkat. Sayangnya hal ini tidak tercermin pada pernak-pernik lainnya. Saya pernah menemui sebuah bug yang aneh: setelah log-in dengan Microsoft Account, saya terputus dari internet. Semuanya berjalan baik-baik saja hingga saya ingin mengubah tampilan menu Charm serta screen log-in: sebuah error massage dengan kode aneh muncul. Mengubah ke offline mode tidak membantu, dan saya bahkan tidak bisa tersambung kembali ke Microsoft Account saat internet kembali aktif.

Tentu bug ini bukan hal yang fatal, dan mungkin Microsoft telah membasminya dengan puluhan update yang datang setelahnya. Namun hal tersebut cukup menjengkelkan, karena saat itu akhirnya saya terpaksa menginstal ulang Windows hanya karena penasaran ingin mengkustomisasinya.

Satu hal terakhir yang kita tunggu adalah bagaimana kompatibiltas dan performa Windows 8.1 menangani game. Kita sudah tahu Microsoft tetap akan menganaktirikan PC gamer seperti biasa, dan menu Xbox Live akan mendominasi bagian ‘game’ di menu Charm. Namun itu tidak masalah, jika seandainya Windows 8.1 bisa menjalankan game dengan mudah dan semulus sutra.

Kini kita hanya bisa menyilangkan jari.

Update Windows 8 atau Windows 8.1 versi final sendiri dikabarkan akan mulai tersedia untuk konsumen umum pada bulan Oktober dan Microsoft sendiri akan mulai mengirimkan software ini pada pabrikan sejak Agustus. Preview dari Windows 8.1 bisa didapatkan di tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again