1. Lifestyle

Windows Phone Menggeser Posisi iPhone di Kancah Perang Mobile Timur Tengah

Seperti tren dunia saat ini, sepertinya penjualan Windows Phone yang diujungtombaki Nokia meningkat serempak dengan sangat tajam. Berdasarkan perhitungan International Data Corporation, terjadi lonjakan lebih dari 16 persen di seluruh Timur Tengah, termasuk Turki - kecuali Afrika Utara dan Mesir.

Peningkatan ini merupakan jumlah penjualan baik untuk produk smartphone dan feature phone. Kini mereka menguasai 45,2% dari total pangsa pasar mobile di Timur Tengah. Berkat penjualan seri Lumia 'murah' yang laris manis, penjualan smartphone Nokia meningkat dari 9,7 persen di kuartal pertama 2013 menjadi 11,8 di kuartal kedua, menggeser penjualan iDevice yang menguasai 11,4% seluruh jumlah pangsa pasar mobile ke urutan keempat.

Tentu saja, Android masih menjadi raja pasar Timur Tengah. Kemanapun Anda melihat, tampaknya Samsung masih menjadi pilihan terfavorit mayoritas penduduk di sana. Sayangnya walaupun menguasai 60% pasar, angka tersebut tidak mendapatkan banyak peningkatan karena mulai naik daunnya device iPhone dan Windows Phone.

Berdasarkan artikel WM Poweruser, BlackBerry yang di sana baru-baru ini meluncurkan Z10 dan Q10 berada di posisi kedua dengan 13,3 persen di kuartal kedua dengan penjualan yang suam-suam kuku. Jika Anda lihat angka penjualannya yang sangat ketat - WP 11,8%, iOS 11,4% dan 13,3% - ditambah dengan momentum penjualan per kuartal, sangat mungkin bagi Nokia untuk menggeser semuanya.

Untuk keseluruhan pasar sendiri, Nokia masih memimpin dengan menguasai 45,2 persen - walaupun mayoritas merupakan feature phone - jauh mengalahkan Samsung yang hanya memiliki 18,3%.

Mungkin Anda bertanya-tanya, seberapa penting pasar smartphone Timur Tengah bagi para produsen? Simon Baker, sang Program Manager Mobile Handset di IDC CEMA menjelaskan, "Semakin meleburnya pasar smarthoine di negara-negara berkembang, angka penjualan di Timur Tengah menjadi semakin penting untuk menjadi alat ukur pemasukan dan permintaan teknologi mobile terbaru. Dengan demikian, kami memperkirakan para vendor akan meningkatkan aktivitas pemasaran mereka di wilayah itu serta memperluas proses distribusinya."

Sumber gambar: Gadget Magazine.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again