EntrepreneurSuccess Story

Kreator Wiralagabae Berkarya Sambil Mengurangi Limbah Lewat Konten dan Bisnis Upcycle

Kisah sukses Wiralagabae dalam membuat konten dan bisnis barang-barang upcycle.

Mendaur ulang barang atau limbah tidak terpakai menjadi sesuatu yang bernilai jual adalah salah satu solusi untuk menyelamatkan lingkungan. Upcycle adalah proses kreatif mengubah barang tidak terpakai menjadi sebuah barang yang memiliki nilai seni dan berguna. Saat ini sudah banyak sekali yang menekuni hobi upcycle. Salah satunya adalah Wira.

Wira Laga Bachtiar, pemilik akun Instagram Wiralagabae, merupakan seorang content creator dengan jenis konten pembuatan barang-barang upcycle. Tidak hanya membuat konten terkait upcycle, Wira kini juga mulai menekuni bisnis penjualan barang-barang hasil upcycle karya dirinya dengan bantuan digitalisasi.

Bagaimana kisah Wira hingga berhasil menghasilkan uang dan menjadi kreator sukses dari hobi upcycle? Berikut informasi yang dibagikan oleh Wira untuk Anda.

Bermula dari Hobi yang Dijadikan Konten

Bagi kebanyakan orang, barang-barang seperti botol bekas, gelas minuman plastik bekas, atau karet tutup galon tidaklah lebih dari sebuah sampah. Namun, bagi Wira, barang-barang tersebut adalah barang-barang yang menuntunnya hingga ke titik dimana ia berada sekarang.

Mulanya, ia tidak lebih dari hanya sekedar mencoba untuk membuat sesuatu yang berbeda dari barang-barang tak terpakai di sekitarnya. Hingga akhirnya percobaan tersebut menjadi sebuah hobi.

“Awal mula saya hanya mencoba-coba membuat sesuatu yang berbeda dari barang yang tidak terpakai di sekitar kita. Contohnya seperti membuat paperbag (dari) botol atau barang-barang lainnya yang kita anggap itu adalah sampah. Dan saya berfikir bahwa sampah ini bisa dikelola atau dikreasikan dengan model dan bentuk lainnya sehingga mempunyai nilai yang lebih dari sebelumnya,” ujar Wira.

Tidak hanya sampai di situ, kemudian Wira mulai membuat konten tentang hobinya tersebut sekitar dua tahun yang lalu. Ternyata, Wira mendapatkan respon positif dari pengguna media sosial yang menikmati kontennya. Dari situlah kemudian Wira fokus menekuni pembuatan konten dan bisnis barang-barang hasil upcycle-nya.

“Ketika saya membuat konten tentang up cycle itu banyak sekali komen positif dari para Netizen sampai sampai mereka ada yang mau membeli hasil karya up cycle saya. Dari sini saya berfikir ulang kenapa nggak saya bisniskan saja kenapa saya tidak membuat barang2 limited dari hasil upcycle,” lanjutnya.

Mengeksplor Internet untuk Mendapatkan Inspirasi

Inspirasi atau ide sangatlah penting bagi seorang content creator, termasuk Wira. Menurut Wira, era digital seperti saat ini sangat memudahkan ia dalam mencari inspirasi untuk konten-konten upcycle-nya. Banyak sekali platform yang bisa ia akses untuk mendapatkan inspirasi, mulai dari media sosial hingga platformsearch engine seperti YouTube dan Google. Hingga kemudian terciptalah barang-barang unik bernilai jual yang ia jadikan konten di media sosialnya.

“Dunia digital itu sangat mudah untuk diakses. Contohnya, saya mendapatkan inspirasi seperti di Pinterest, YouTube, Google, Facebook atau bahkan informasi-informasi dari sosial media lainnya. Inspirasi-inspirasi yang saya dapat dari beberapa sumber itu kemudian saya rangkum, lalu saya ubah sedikit menyesuaikan dengan barang yang akan saya upcycle, dan hasilnya akan menjadi barang-barang unik seperti yang sudah saya post di beberapa sosial media saya.”

Sangat Terbantu dengan Digitalisasi

Digitalisasi memang sangat memudahkan banyak orang, terutama para kreator dan pemilik bisnis. Wira juga mengaku bahwa digitalisasi berperan besar dalam karir dan bisnisnya. Menurutnya, digitalisasi sangat membantunya dalam menjangkau pasar yang lebih luas dengan konten-konten yang ia buat.

Bahkan, ketika pandemi, alih-alih semakin menurun, bisnis upcycle-nya justru mengalami perkembangan. Ia berpendapat bahwa hal itu dikarenakan meningkatkannya jumlah pengguna media sosial ketika pandemi.

“Justru pandemi yang kita alami kemarin itu membuat bisnis upcycle semakin berkembang karena rata rata orang di Indonesia ketika pandemi mereka banyak meluangkan waktu untuk di rumah. Nah, pada saat mereka di rumah, mereka itu sering ber-sosial media, sering membuka aplikasi sosial media yang di mana kesempatan kita sebagai kreator upcycle itu lebih banyak atau luas untuk di-notice oleh viewer,” kata Wira.

Prospek Bisnis Menjanjikan di Masa Depan

Bisnis upcycle memang masih terdengar asing di telinga banyak orang. Meski begitu, bukan berarti bisnis ini tidak memiliki prospek. Menurut Wira, prospek bisnis upcycle di Indonesia sangatlah menjanjikan.

“Untuk prospek bisnis upcycle sebenarnya sangat menjanjikan untuk di kemudian hari karena selain mengurangi limbah atau sampah, barang-barang yang dihasilkan dari upcycle itu tergolong unik dan pasarnya sudah ada baik dalam negeri maupun luar negeri.”

Jadi, selain mengurangi limbah, Anda juga bisa menghasilkan uang karena semakin banyaknya minat masyarakat terhadap produk-produk hasil upcycle seperti yang dibuat oleh Wira.

Selalu Update Tren adalah Kunci Bertahan

Siapapun bisa untuk mulai menekuni konten dan bisnis upcycle. Meski sering mengalami kendala, terutama perihal pesanan barang yang terbatas, namun Wira tetap mendukung dan memberikan pesan untuk siapapun itu yang ingin menggeluti bidang yang sama dengannya.

“Tips untuk pemula yang baru ingin menggeluti dunia upcycle, sering-seringlah mencari informasi dan tren-tren saat ini. Dengan begitu, kita bisa menyesuaikan hasil upcycle dengan model-model yang tidak ketinggalan jaman.”

Bermimpi untuk Memiliki Brand Sendiri

Setiap bisnis tentu memiliki harapan dan rencana ke depannya. Ketika berbicara hal tersebut, Wira mengungkapkan bahwa ia saat ini masih ingin menggeluti pembuatan konten dan bisnis upcycle-nya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ia ingin untuk memiliki brand sendiri suatu saat dengan tema yang masih berhubungan dengan upcycle.

Dengan eksplorasi tanpa batas di era digital seperti saat ini, Wiralagabae berhasil menarik minat banyak orang lewat kontenupcycle yang ia buat sejak dua tahun lalu.

Selain berkarya, Wira juga turut andil dalam mengurangi limbah sampah dan mengedukasi masyarakat bahwa sampah bisa diubah menjadi barang bernilai jual. Tertarik mengikuti jejak Wira?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again