Categories

Interview

Xquisite Informatics Berharap Jadi Penyedia Layanan Komplet untuk Pengelolaan Data

Menargetkan korporasi yang memiliki banyak data

Prayogo Ryza - 13 July 2018

Data kini menjadi hal yang sangat penting. Menggunakan teknologi, proses pengumpulan, pengelolaan, dan analisis data bisa lebih optimal. Hal tersebut ditawarkan Xquisite Informatics (selanjutnya disebut XQ), sebuah perusahaan yang menawarkan solusi implementasi analitik dan integrasi data secara menyeluruh .

Implementasi menyeluruh yang ditawarkan XQ ini mulai dari data engineering (data offloading dan transformasi), data science (data preparation dan data modeling), visualisasi hingga integrasi dengan sitem yang sudah ada. XQ juga meluncurkan beberapa produk untuk melengkapi sistem implementasinya.

Di antaranya adalah Oxide (layanan data orchestration and cleansing), Vaia (layanan API Gateway and Management), Ara (sistem untuk social media listening dan online media crawling), dan yang terakhir adalah Terra (layanan untuk territory management dan visualisasi).

XQ sendiri sudah beroperasi sejak November 2016 silam. Co-Founder XQ Fikri Akbar menjelaskan, “Layanan unggulan kami berkisar pada implementasi big data, implementasi machine learning dan implementasi analytics use case lainnya, seperti 360-degreecustomer view, customer profiling, cross/up-selling recommendation, preventive maintenance, healthcare analytics, ROI analysis, performance analysis, dan lain-lain.”

Optimis bisa diterima target pengguna

Lebih jauh menjelaskan, dengan solusi yang mereka miliki XQ menyasar perusahaan hingga organisasi yang memiliki data dengan ukuran yng cukup besar dan atau mereka yang memiliki kebutuhan untuk pengelolaan data untuk bisa mengambil insight yang bisa dimanfaatkan untuk membantu bisnisnya.

XQ cukup optimis bisa diterima pengguna karena solusi yang ditawarkan cukup lengkap untuk pemanfaatan data, termasuk untuk cleansing atau pembersihan data.

“Kami ingin membantu perusahaan-perusahaan untuk bisa mengintegrasikan dan membersihkan data-data tersebut dengan baik, sebelum memulai proses implementasi data analytics yang termasuk data modelling dan visualisasi data. Selain itu, kami memiliki sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidang terkait (big data, analytics, machine learning) dan beberapa success story di client enterprise kami,” imbuh co-founder XQ Galih Permadi.

Hampir berumur dua tahun, Galih juga menjelaskan tahun ini XQ sudah berhasil mencapat target utamanya, yakni melakukan implementasi teknologi big data dan machine learninguse case di salah satu klien mereka. Mereka juga berhasil menjadi official partner untuk MapR dan Microsoft. Terakhir mereka terpilih mewakili Indonesia di Echelon Top 100 Fight Club.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter