Jejaring Sosial dan Messenger Paling Banyak Dipilih Online Shopper Indonesia

Jejaring Sosial dan Messenger Paling Banyak Dipilih Online Shopper Indonesia

Online shopping atau belanja online menjadi bagian dari perubahan gaya hidup di era digital. Kemajuan teknologi internet memberikan dampak yang besar terhadap bagaimana perilaku konsumen dalam membeli barang dan memutuskan dari mana mereka dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Internet juga mengubah cara pandang pemasar dalam menawarkan barang dan jasanya. Internet menjanjikan ketersediaan platform seperti situs, blog, jejaring sosial, forum komunitas dan messenger yang memberikan kemudahan sekaligus daya jangkau yang lebih luas.

Dalam riset yang digelar oleh APJII and Puskakom UI didapatlah sejumlah infografis yang menggambarkan perilaku, platform dan komoditas yang diperjual belikan secara online.

Yang pertama mengungkap platform tempat jualan online yang dipilih oleh pengguna internet. Dari enam pilihan, jejaring sosial, blog store, web store, mailing list, komunitas online, dan Messenger. Platform jejaring sosial adalah yang terbanyak dipilih dengan persentase mencapai 64.9%.

Sumber:

Disusul oleh Messenger dengan 22,9%, dan komunitas online melengkapi posisi tiga besar dengan persentase 14,4%. Sementara mailing list ada di posisi terakhir dengan persentase hanya 1,5%.

Terpilihnya jejaring sosial, komunitas online dan messenger sebagai pilihan media yang paling sering dipergunakan oleh pelaku internet marketing, tak lepas dari makin populernya penggunaan smartphone di Indonesia.

Apalagi sekarang ponsel pintar sudah bisa didapatkan dengan mahar kurang dari Rp 1 juta. Misalnya Smartfren Andromax C3s yang dilepas hanya Rp 779.000 per unitnya. Meski dibanderol murah, pengguna Andromax C3s tetap bisa mengakses jejaring sosial, forum-forum komunitas online dan memasang aplikasi messenger dengan mudah.

juga dibekali fitur koneksi internet yang sangat memadai berkat jaringan EVDO Rev.A yang menghasilkan kecepatan 3.1Mbps. Memungkinkan pengguna mengakses media-media online tersebut tanpa kendala berarti.

Kamera belakang 5MP FF LED flash dan kamera depan 3MP FF LED flash menjadi nilai tambah yang menjanjikan kualitas foto yang sangat baik.

Sumber:

Riset APJII and Puskakom UI juga mengungkapkan elemen yang tak kalah penting, yakni komoditas jual beli online. Dalam riset tersebut diketahui bahwa komoditas paling banyak dijual di internet adalah busana dengan persentase 35,1%. Di posisi kedua ditempati oleh gadget dengan perbedaan tipis, 31%. Kendaraan menjadi barang yang paling banyak dijual ketika dengan 16,2% dan kosmetik 10,7%. Menariknya, jasa travel dan akomodasi hanya mendapatkan tempat terakhir dengan persentase kurang dari 1%.

Ke depan, aktivitas belanja online di tanah air diyakini akan terus berkembang seiring pertumbuhan pengguna internet dan agresivitas ekspansi vendor-vendor perangkat di tingkat harga yang bersaing.

*Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang disponsori oleh Smartfren.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again