Online Retailer Handphone di Indonesia Masih Senang Jual BlackbBerry

Online Retailer Handphone di Indonesia Masih Senang Jual BlackbBerry

JAKARTA, 27 Juni 2012 ‘ Bagi para retailer, menjual barang yang sedang dicari konsumen adalah sebuah keharusan. Namun, tidak semua retailer mampu membaca apa yang sedang dicari oleh konsumen dengan benar. Beberapa diantaranya terpengaruh oleh vendor yang tentu saja akan berusaha sekuat mungkin agar produknya laku di pasaran dengan mendorong ketersedian stok.

Para vendor ini tentu saja juga akan berusaha meningkatkan permintaan pasar, tetapi seperti layaknya sebuah peperangan, tidak seluruhnya akan berhasil menjadi pemenang. Disinilah retailer seharusnya mampu menempatkan diri dengan baik diantara permintaan pasar dan membina hubungan dengan vendor. Lalu bagaimana perilaku para retailer handphone/smartphone online di Indonesia? Apakah sudah mencerminkan kebutuhan pasar?

Beberapa waktu yang lalu telunjuk.com, situs pencarian gadget yang dijual di toko online di Indonesia, telah merilis infografik mengenai perilaku konsumen Indonesia dalam membeli handphone (lengkapnya dapat diakses di http://blog.telunjuk.com/?p=99 ). Beberapa fakta yang menarik dan bagaimana para retailer online menyikapinya adalah sebagai berikut.

1. Blackberry lebih banyak dijual meskipun merek yang paling dicari adalah Samsung
Ternyata dari seluruh handphone/smartphone yang dijual di toko online Indonesia, yang bermerek Blackberry mencapai 33,4%. Angka ini meninggalkan merek Nokia 22,9% dan Samsung 13,4%. Padahal, Samsung adalah merek yang paling sering dicari konsumen pada bulan April 2012, yaitu mencapai 29%. Hal yang menarik lainnya adalah meskipun Nokia tidak terlalu banyak dicari, suplainya masih cukup besar di pasaran.

2. Harga handphone yang dijual sesuai dengan harga yang paling dicari
Bulan lalu, handphone dibawah 2juta rupiah lah yang paling banyak dicari. Bagaimana kondisi suplainya? Cukup menarik karena ternyata kali ini produk yang dijual sangat cocok dengan selera pasar. 27,7% handphone yang dijual dibawah 1 juta rupiah dan 28,5% diantara 1 hingga 2 juta rupiah yang jika digabung maka handphone yang dijual pada harga dibawah 2 juta rupiah mencapai 56,2%.

3. Suplai Handphone dengan OS Android masih di bawah OS Blackberry
Pencarian terhadap handphone/smartphone ber-OS Android cukup fantastis, berkisar diantara 70% pencarian yang mensyaratkan OS tertentu. Namun suplainya ternyata tidak sebesar itu, handphone ber-OS Android yang beredar di toko-toko online di Indonesia berada pada angka 17,2% sementara yang tertinggi adalah OS Blackberry yang ada pada angka 33,4%. Namun hal ini dapat juga disebabkan oleh fakta bahwa konsumen banyak yang mencari produk bermerek Blackberry tanpa peduli lagi OS yang diusungnya, karena tentu saja OS nya adalah Blackberry OS. Menyusul setelah Android secara berturut-turut adalah Symbian 9,7%, Windows-based 1,8% dan iOS (Apple) 1%.

Anda berjualan handphone/smartphone? Bagaimanakah Anda menentukan produk yang Anda jual?

Tentang PT. Telunjuk Komputasi Indonesia
Perusahaan Indonesia di bidang teknologi Internet yang memiliki spesialisasi di area pencarian dan pembandingan produk online. Telunjuk.com menyediakan layanan terbaik untuk membantu shoppers mendapatkan produk sesuai spesifikasi dan harga yang diinginkan serta di toko online yang tepat. Saat ini, Telunjuk.com dapat digunakan untuk mencari Laptop, Handphone, Tablet, dan Tiket Pesawat.

(Silakan kunjungi website kami di http://www.telunjuk.com )

Contact :

Hanindia Narendrata Rahiesa
Co-Founder & CMO of PT. Telunjuk Komputasi Indonesia
+62815-1410-4845
drata@telunjuk.com
T : @narendrata

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again