1. Startup

Selamat Ulang Tahun Untuk #StartupLokal

Bertempat di fX Lifestyle X'enter Jakarta hari Sabtu, 9 April 2010 kemarin, #StartupLokal menggelar acara untuk memperingati hari ulang tahun mereka yang pertama. Ada dua rangkaian acara yang digelar hari itu, yang pertama adalah untuk undangan terbatas, bertempat di XXI serta yang kedua adalah acara meetup rutin bulanan dari #StartupLokal, bertempat di IndoChine.

Dengan mengusung tema "Digital Heroes goes Global", selain merayakan ulang tahun, acara kali ini juga menjadi ajang peluncuran buku #StartupLokal Kita: Ide, Dedikasi, Strategi, yang berisi 22 tulisan dari para founder startup Indonesia dengan editor Rhein Mahatma dan Joshua Kevin.

Pada rangkaian acara pagi hari dipresentasikan juga tentang perjalanan awal terbentuknya #StartupLokal sampai dengan berbagai meetup yang kini telah sampai ke pertemuan yang ke 12 oleh Sanny Gaddafi. Perwakilan dari Enterprise Ireland juga mempresentasikan tentang kondisi bisnis teknologi di Ireland serta peluang perluasan pangsa pasar startup Ireland ke pangsa pasar Indonesia.

Komunitas #StartupLokal yang memiliki misi untuk membangun ekosistem startup yang solid, saling mendukung dan maju bersama-sama ini, selain memiliki situs di Startuplokal.org juga memiliki milis yang sangat aktif di Yahoogroups (startuplokal@yahoogroups.com) serta memiliki akun Twitter @startuplokal dan tagar #startuplokal. Para inisiator dari #StartupLokal adalah Natali Ardianto, Nuniek Tirta, Sanny Gaddafi dan Aulia Halimatussadiah.

Natali Ardianto, sebagai salah satu inisiator dari #StartupLokal lainnya juga menjelaskan tentang visi #StartupLokal sampai 2020, salah satunya adalah rencana untuk mendirikan Yayasan Startups Indonesia (The Indonesian Startups Foundation) untuk menjembatani para investor dan startup, rencana lain adalah membangun Hackerspace di Jakarta.

Acara meetup ke 12, yang mengangkat tema "Digital Heroes goes Global", diisi oleh rangkaian acara perluncuran buku #StartupLokal Kita + diskusi serta menghadirkan diskusi utama yang menghadirkan empat panelis, Pat O’Riordan - Overseas Manager Singapore - Enterprise Ireland, Edy Sulistyo - eevent.com - Event management primarily for US Market, Denny Santoso - Sixreps.com - Fitness Social Networking, Paul Costigan - Movidus, dengan moderator Novistiar from CoolFounders.com.

Pada acara meetup kali ini, masing-masing panelis membagi pengalaman mereka tentang berbagai hal yang berhubungan dengan pangsa pasar lokal dan global. Beberapa hal yang diutarakan oleh panelis antara lain, Pat O'Riordan mengatakan bahwa para startup harus melihat kompetisi yang ada di pangsa pasar global namun tidak melupakan riset untuk pangsa pasar lokal, Edy Sulistyo menambahkan bahwa dalam memberikan layanannya atau mendirikan startup, pilihan untuk go global atau stay lokal, tergantung masalah yang ingin dipecahkan, apakah masalah global atau ingin memecahkan permasalahan yang muncul di pangsa pasar lokal.

Paul Costigan juga menjelaskan tentang pengalaman perusahaannya yang mendirikan kantor di U.S. untuk mendapatkan beberapa kemudahan seperti recognition yang dibutuhkan untuk ekspansi pasar. Pada diskusi kali ini, Denny Santoso juga menjelaskan tentang rencana ekspansi mereka ke 142 negara yang kesepakatannya sedang dipersiapkan dengan Ultimate Nutrition.

Sebelum sesi tanya jawab, Denny Santoso dan Edy Sulistyo melakukan presentasi, ada beberapa info yang diberikan dari presentasi mereka yang berkaitan dengan layanan masing-masing, Denny Santoso (SixReps) menjelaskan tentang perkembangan dari kesepakatan yang sedang dalam proses dengan Ultimate Nutrition yang akan membawa SixReps ke babak selanjutnya dengan melayani 142 negara, serta beberapa perkembangan terbaru dari layanan SixReps, seperti SixReps Passport (beberapa perkembangan tentang SixReps bisa dilihat di artikel DailySocial di tautan ini). eEvent (Edy Sulistyo) dalam presentasinya juga memperkenalkan fitur baru dari eEvent yaitu integrasi dengan Facebook.

Setelah sesi tanya jawab, acara ditutup dan seperti biasa diakhiri dengan dengan sesi foto.

Berikut video rekaman dari rangkaian acara, serta wawancara singkat dengan Rhein Mahatma dan Joshua Kevin tentang buku #StartupLokal Kita dan wawancara singkat bersama Natali Ardianto dan Nuniek Tirta sebagai perwakilan dari inisiator #StartupLokal tentang acara, rencana ke depan serta berbagai hal lain seputar komunitas #StartupLokal.

DailySocial mengucapkan selamat ulang tahun untuk komunitas #StartupLokal, semoga terus berperan dalam mengembangkan ekosistem startup Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again