Riset Menilai Situs Mobile di Asia Tenggara, Bhinneka dan Traveloka Masuk di Peringkat Atas
Kecepatan akses masih menjadi masalah utama situs mobile di Indonesia
Google bersama Accenture Interactive mengeluarkan laporan riset bertajuk "Masters of Mobile Southeast Asia Regional Report 2018", menilai beberapa situs mobile di Asia Tenggara. Dari Indonesia, Traveloka dan Bhinneka masuk dalam lima besar terbaik di kategorinya.
Riset tersebut meneliti lebih dari 140 situs mobile yang terbagi menjadi 3 sektor, yakni layanan Financial Services, Retail and Commerce, dan Travel. Poin yang dinilai meliputi halaman produk, desain situs, kecepatan, kemudahan navigasi, dan beberapa aspek lainnya
Bhinneka masuk ke dalam lima besar situs mobile terbaik untuk kategori Retail and Commerce, tepatnya berada di peringkat kedua, di bawah Qoo10. Sementara untuk kategori travel, Traveloka mendapat peringkat terbaik.
Dari penilaian yang dilakukan, rata-rata penyedia layanan dari Indonesia mendapat nilai baik untuk halaman produk (nilai 83%) dan desain situs (nilai 85%). Tetapi tidak dengan kecepatan aksesnya (nilai 64%).
Menghasilkan situs mobile yang baik
Di tengah tren penggunaan aplikasi mobile untuk akses layanan melalui smartphone, Google masih percaya bahwa situs mobile masih menjadi salah satu pendukung akses pengguna.
Google dalam laporannya juga memberikan beberapa masukkan mengenai bagaimana membangun situs mobile yang baik. Terutama untuk mengantisipasi masalah kecepatan akses.
Google juga memberikan tips untuk mengoptimalkan desain dan pengalaman yang baik untuk situs mobile. Seperti memudahkan proses pencarian dengan error correction dan menghadirkan nomor telepon yang bisa langsung di-tap untuk menelpon. Terlihat sederhana tapi berpengaruh bagi pengalaman pengguna.