1. Entrepreneur

10 Istilah Penting di Facebook Ads yang Wajib Dipahami Pemula

Penting dipahami agar tidak salah dalam membuat atau menganalisa campaign iklan

Ketika kita berbicara mengenai pemasaran, banyak perusahaan yang saat ini menggunakan media sosial sebagai media iklan. Salah satu media iklan yang sering digunakan masih digemari hingga sekarang adalah Facebook Ads. Facebook Ads merupakan layanan iklan yang dimiliki oleh Facebook yang bisa diberdayakan untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Salah satu alasan Facebook Ads menjadi favorit bagi para digital marketer adalah kelengkapan fiturnya. Di mana Facebook Ads memang memiliki banyak sekali fitur yang bisa kita coba. Namun, karena banyaknya fitur ini juga mengharuskan orang-orang yang memiliki ketertarikan ataupun ingin menggunakan harus memahami beberapa istilah yang baru dan terdengar asing bagi orang yang awam. Berikut adalah beberapa istilah Facebook Ads yang wajib Anda ketahui.

Ads

Ad ini menjadi istilah yang paling sering diucapkan dalam beriklan di Facebook Ads dan menjadi bagian dasar terpenting yang wajib digunakan. Ada banyak materi iklan yang bisa dibuat, hal ini memudahkan untuk mengetahui materi iklan mana yang paling bagus.

Ad merupakan sebuah materi iklan yang di dalamnya memuat konten iklan, headline, copywriting, website, dan sebagainya. Karena itu ada menjadi bagian struktur yang penting dalam proses pembuatan iklan di Facebook ads.

Ads Set

Ad set merupakan bagian dari Facebook ads di mana Anda bisa menentukan anggaran dan menentukan target seperti audiens, umur, gender, lokasi, dan sebagainya. Di dalam adset juga ada beberapa materi ad dan memiliki struktur yang lebih besar dari ad.

Ads Manager

Ads manager merupakan halaman utama atau dashboard Facebook ads yang menunjukan keseluruhan campaign, ad set, dan ad. Halaman ini juga menyediakan data performa iklan seperti impression, reach, result, CPM, dan sebagainya.

Ads manager juga memungkinkan untuk membuat iklan baru dan menghidupkan atau mematikan iklan. Di dalam ads manager terdapat billing manager untuk melihat sumber anggaran, riwayat pembayaran, dan mengekspor ke tab laporan.

Campaign

Campaign adalah sebuah struktur yang di dalamnya mencangkup ad set dan ad. Campaign ini merupakan sebagai langkah awal dalam proses pembuatan iklan sebelum ad set dan ad. Saat membuat iklan baru, Anda akan disediakan pilihan tujuan iklan yang akan dibuat. 

CPM

CPM merupakan singkatan dari cost per millions atau biaya per 1000 tayangan, iklan Anda akan dikenakan biaya setelah dilihat oleh 1000 orang pengguna Facebook. CPM biasanya juga dijadikan tolak ukur untuk mengidentifikasi sebuah performa iklan, semakin murah biaya per 1000 tayangnya maka bisa dibuat bahwa kinerja iklan tersebut baik.

CTR

CTR adalah singkatan dari Click Through Rate yang berarti rasio klik tayang, jumlah klik dihasilkan dari iklan Anda dibagi dengan jumlah tayang selama periode waktu tertentu.

Custom Audience

Custom audience adalah sebuah strategi yang digunakan untuk mengelompokan oran-orang yang pernah melakukan interaksi seperti like, comment, mengunjungi landing page dan sebagainya. Custom juga berarti bahwa Anda bisa menentukan sendiri target audiens yang dikelompokan dalam database.

Objective

Objective adalah tujuan iklan atau campaign yang Anda pilih, sebagai contoh jika tujuan iklan Anda hanya orang-orang yang masuk website maka pilih objectivenya adalah traffic, tetapi jika tujuannya adalah meningkatkan penjualan maka pilihlah iklan dengan objective conversions.

Relevance Score

Relevance score merupakan nilai antara 1-10 perkiraan seberapa baik audiens menanggapi materi iklan Anda. Jika relevance score yang Anda dapat tinggi maka iklan Anda sudah tepat sasaran dan sesuai dengan target, jika score yang didapatnya rendah maka iklan yang sudah dibuat harus diperbaiki.

Looklike Audience (LLA)

Looklike Audience (LLA) adalah target audiens yang memiliki sisi karakter yang serupa yang dibuat Facebook berdasarkan dengan sumber, jika sumber Anda suka belanja online maka yang diberikan adalah yang suka belanja online dan lain sebagainya.

Strategi ini tidak menjamin iklan akan winning (berhasil), tetapi merupakan strategi yang perlu dicoba. LLA juga bersumber dari custom audience, fanpage, website dan dari form.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again