10 Rekomendasi Usaha Sampingan Tanpa Modal

Ingin membangun bisnis, namun enggak punya modal? Berikut rekomendasi usaha sampingan tanpa modal.

Ingin membangun bisnis, namun enggak punya modal? Berikut rekomendasi usaha sampingan tanpa modal.

Kamu mau mengisi waktu luang dengan mencari uang tambahan? Kamu bisa membangun usaha sederhana untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Tenang saja, enggak perlu menunggu uangmu banyak untuk dijadikan modal usaha. Bahkan, kamu bisa memulai bisnis dengan modal tipis, lho.

Namun, kamu harus pintar-pintar memanfaatkan peluang yang ada dengan memperhatikan kebutuhan pasar. Berikut rekomendasi usaha sampingan tanpa modal untuk mendapatkan uang tanbahan.

Menulis di Platform Online

Kamu bisa memanfaatkan platform online, seperti Wattpad, Joylada, dan lain-lain untuk menulis cerita fiksimu. Bahkan, kalau pembacanya banyak naskahmu bisa diterbitkan menjadi buku cetak untuk diperjualbelikan. Tentu saja tulisanmu harus menarik, agar dapat menarik minat pembaca untuk membaca tulisanmu.

Membuka Jasa Desain

Kalau kamu memahami ilmu desain grafis, kamu bisa mencoba usaha yang satu ini. Cukup promosikan jasa desain di akun sosial mediamu saja untuk memulainya. Kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi desain yang sudah tersedia dengan templatenya. Kamu bisa membuka jasa untuk desain baju, poster dan masih banyak lagi.

Membuka Jasa Percetakan

Selain jasa desain, jasa percetakan juga sering dibutuhkan, lho. Kamu bisa membuka jasa untuk cetak undangan, poster, cangkir bahkan totte bag. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk biaya ongkos ke percetakan saja.

Membuka Jasa Endorse

Kamu bisa memanfaatkan akun sosial mediamu untuk membuka jasa endorse. Cukup dengan membuat video ulasan mengenai produk atau barang tertentu saja lalu video ulasanmu itu diposting di akun sosial mediamu. Jika membuka jasa endorse, pastikan kamu menggunakan bahasa yang menarik ya.

Freelance Model

Nah, usaha sampingan ini gampang banget dicoba. Kamu bisa memulainya dengan menata akun Instagrammu dengan pose yang photogenic. Kalau akun Instagram kamu menarik, dijamin pasti ada yang menghubungimu untuk menawarkan agar kamu menjadi model.  Semakin banyak portofolio fotomu, semakin besar juga kesempatanmu untuk menjadi freelancer model.

Freelance Fotografer

Pekerjaan sampingan yang membutuhkan kamera ini bisa kamu coba juga. Agar terlihat rapi dan menarik, kamu hanya perlu membuat akun Instagram khusus hasil foto-fotomu. Kamu bisa membuka jasa fotografi untuk dijadikan usaha sampingan. Selain menjalani hobi, menjadi freelance fotografer bisa menjadi cuan, lho.

Membuka Jasa Editing Video

Kalau kamu menguasai bidang editing video, enggak ada salahnya lho membuka jasa editing video. Kamu bisa membuka jasa editing video untuk pernikahan, perpisahan sekolah, bahkan film pendek. Namun, pastikan terlebih dahulu ya perangkat komputermu kompatibel untuk melakukan editing video, agar kualitas videonya lebih maksimal.

Menjadi Reseller

Jenis pekerjaan yang satu ini sangat mudah dan fleksibel untuk dijadikan usaha sampingan. Hanya saja, kamu perlu mencari distributor produk tertentu dengan harga yang murah, supaya kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Kamu harus pintar-pintar mengetahui produk seperti apa yang sedang banyak dibutuhkan.

Menjadi Admin Sosial Media

Nah, daripada kamu hanya scroll-ing sosial media saja saat bosan, lebih baik kamu bekerja menjadi admin sosial media. Biasanya, kewajibanmu adalah membalas pesan terkait pesanan/keluhan dan kamu memiliki tanggung jawab untuk membuat caption dan mengelola akun sosial media agar mendapatkan banyak insight.

Menjadi Youtuber

Saat ini, Youtube adalah aplikasi yang paling sering digunakan dari semua kalangan untuk menonton video. Kamu bisa memanfaatkan Youtube untuk menjadi seorang Youtuber. Tentu saja menyesuaikan dengan bidang yang kamu sukai. Kamu bisa menjadi Youtuber kuliner, vlog perjalanan, bahkan kamu bisa membuat video tutorial untuk dipublikasikan di akun Youtubemu.

Jadi, usaha sampingan tanpa modal jenis apa yang akan kamu jalankan?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again