StartupTipz

12 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Bekerja

Rasa ngantuk di tempat kerja dapat mengganggu kinerja dan produktivitas kamu. Bagaimana cara mengatasinya?

Apakah kamu pernah ngantuk saat bekerja? Rasa mengantuk sering kali tidak dapat ditahan. Bahkan, rasa mengantuk ini dapat datang ketika kamu merasa kamu sudah tidur dan istirahat cukup. Hal buruk yang dapat terjadi adalah rasa mengantuk dapat mengganggu kinerja dan produktivitas kamu. 

Sebenarnya apa sih penyebab dari rasa kantuk? Penyebab dari rasa kantuk ternyata tidak hanya berasal dari pola tidur seseorang saja lho. Pola makan, posisi badan saat bekerja, serta pikiran ternyata dapat menjadi hal pemicu rasa mengantuk saat bekerja. Ketika rasa mengantuk sudah mengganggu kinerja kamu, tentunya kamu ingin menghilangkannya kan? Yuk, simak pembahasan seputar penyebab dan cara mengatasi rasa ngantuk saat bekerja ini!

Penyebab Ngantuk saat di Tempat Kerja

Penyebab dari rasa ngantuk pada seseorang saat bekerja ternyata tidak hanya seputar kebiasaan tidur orang itu saja. Terkadang mungkin kamu bingung kenapa ya kita masih sering mengantuk padahal sudah cukup tidur. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab dari sering ngantuk saat bekerja.

Ilustrasi Cara Mengatasi Rasa Ngantuk | Pexels

Dehidrasi

Dehidrasi jika mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah keadaan di mana tubuh seseorang kehilangan cairan. Kekurangan cairan tubuh merupakan salah satu penyebab dari rasa mengantuk. Jumlah cairan yang defisit akan membuat proses metabolisme dalam tubuh seseorang menjadi kurang lancar. Dengan metabolisme yang kurang lancar, seseorang dapat menjadi lemas dan sering mengantuk.

Stres dan Banyak Pikiran

Malam hari seringkali digunakan oleh seseorang untuk memikirkan banyak hal. Pikiran itu bahkan merujuk pada hal yang berat dan ujungnya dapat membuat seseorang terjaga hingga pagi hari. Suatu pola tidur yang kacau akan membuat ritme sirkadian dalam tubuh juga ikut kacau. Ritme sirkadian adalah sistem dalam tubuh yang mengatur kapan waktu banyak hal misalnya siklus waktu tidur dan sistem pencernaan. Kurang tidur di malam hari akan membuat tubuh menuntut untuk istirahat di siang harinya. 

Kurang Tidur maupun Kebanyakan Tidur

Baik kurang tidur maupun kebanyakan tidur ternyata memiliki efek yang kurang bagus terhadap tubuh. Kebanyakan tidur terkadang mampu membuat seseorang menjadi lesu seharian, pusing, mengantuk, dan lelah. Hal ini terjadi kurang lebih sama dengan ketika seseorang mengalami kekurangan tidur. Pola tidur yang berubah dapat membuat ritme sirkadian dalam tubuh jadi terganggu.

Insomnia

Insomnia merupakan gangguan yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk tidur. Kesulitan tidur terlebih di malam hari dapat membuat seseorang mengantuk di siang harinya. Seringkali insomnia sulit untuk disembuhkan sehingga mungkin seseorang perlu untuk pergi ke dokter untuk meminta resep obat.

Konsumsi Makanan tidak Sehat

Konsumsi alkohol, rokok, dan makanan tidak sehat yang berlebih lainnya dapat membuat metabolisme tubuh tidak lancar. Metabolisme tubuh yang tidak lancar membuat seseorang menjadi mudah mengantuk.

Kurangnya Peregangan

Kurangnya bergerak dan meregangkan badan mungkin menjadi salah satu faktor mengapa kamu merasa mengantuk saat bekerja. Peregangan, olahraga dan aktivitas fisik mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga seseorang yang rutin yang melakukan kegiatan ini akan memiliki tubuh yang bugar.

Cara agar Tidak Ngantuk saat Bekerja

Penyebab dari ngantuk di tempat kerja itu ternyata beragam juga ya. Setelah itu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ngantuk saat bekerja? Berikut ini adalah serba-serbi hal yang dapat menghilangkan rasa ngantuk dan cara agar kamu tidak tidur ketika bekerja.

Mengonsumsi Kafein

Konsumsi kafein merupakan salah satu metode yang dirasa cukup instan untuk mengatasi rasa kantuk. Kafein sebenarnya tidak hanya terkandung dalam kopi saja, lho. Minuman sumber kafein di antaranya adalah kopi, teh, dan cokelat. Ketika kafein memasuki tubuh, otak akan memberikan reaksi yakni pengikatan senyawa yang bernama adenosin.Reaksi otak ini membuat pikiran menjadi lebih fresh dan tidak lagi mengantuk.

Lama kafein bekerja dalam tubuh manusia adalah sekitar 5 sampai 9 jam. Walaupun begitu, efek ini bisa berbeda tergantung pada usia, kesehatan medis, dan konsumsi obat seseorang. Walaupun dapat memberikan efek penghilang kantuk, konsumsi kafein yang berlebihan dapat memberikan dampak yang kurang baik pada tubuh. Segala yang berlebihan itu memang tidak baik.

Toleransi jumlah kafein setiap orang itu berbeda-beda. Untuk orang dewasa yang sehat, konsumsi kafein yang aman untuk badan mereka adalah sejumlah 400 miligram (kurang lebih 4 cangkir kopi). Sedangkan, bagi yang memiliki penyakit asam lambung, jumlah kafein yang aman untuk dikonsumsi adalah tidak lebih dari 100-200 miligram (kurang lebih 1-2 cangkir kopi). Walaupun begitu, jika kamu memiliki penyakit maag, asam lambung maupun permasalahan lambung lainnya tetap konsultasikan persoalan kafein ini kepada dokter dahulu ya!

Ilustrasi Minum Kopi untuk Mengatasi Ngantuk | Pexels

Lakukan Peregangan

Peregangan atau stretching akan sangat bermanfaat terlebih untuk kamu yang seharian duduk untuk bekerja. Seringnya berkutat dengan pekerjaan di depan meja terkadang membuat seseorang jenuh dan akhirnya mengantuk. Peregangan setidaknya akan membuat badan kamu tidak kaku serta tidak jenuh lagi.

Peregangan dapat dilakukan melalui gerakan kecil dengan masih duduk. Kamu sangat disarankan untuk berdiri dan berjalan-jalan kecil di dalam kantor seperti ketika kamu berjalan ke kantin atau toilet. Hal ini dilakukan agar aliran darah pada tubuh tetap lancar.

Melakukan Olahraga Kecil Sebelum ke Kantor

Menjaga gaya hidup akan menjaga kebugaran dan metabolisme tubuh untuk tetap sehat. Olahraga sebelum memulai rutinitas kerja merupakan salah satu langkah untuk menghilangkan ngantuk. Olahraga yang dimaksudkan ini tidak harus olahraga yang berat.

Dengan berjalan kaki sebentar sebelum bekerja rasanya sudah cukup untuk membuat kamu menghirup udara segar dan tetap terjaga selama bekerja. 

Ketika kamu berjalan kaki dan aktivitas fisik lain, jantung akan memompa lebih banyak darah yang banyak memiliki kandungan oksigen menuju ke seluruh tubuh. Hal itulah yang membuat kamu akan lebih segar dan tidak ngantuk saat bekerja. 

Mencuci Muka

Sewaktu kantuk sudah tidak tertahankan, tidak ada salahnya untuk mencuci muka sejenak ke kamar mandi. Walaupun mungkin cara ini akan kurang efektif bagi kamu yang mengenakan make-up ke kantor. Sedikit berjalan ke kamar mandi mungkin akan membuat rasa kantuk kamu menghilang karena kamu bisa sekalian peregangan. 

Minum Air Putih

Salah satu penyebab rasa ngantuk adalah kurangnya cairan dalam tubuh (dehidrasi). Cairan dalam tubuh yang cukup dan terjaga akan membuat metabolisme tubuh kamu tetap terjaga sehingga kamu tidak mudah untuk merasakan ngantuk.Stay hydrated ya!

Konsumsi Camilan Sehat

Konsumsi camilan dapat membuat kamu tetap terjaga selama bekerja. Walaupun begitu, kamu perlu untuk  memilih camilan yang cocok untuk jadi pendamping kamu bekerja. Camilan manis dan penuh kandungan karbohidrat mungkin dapat meningkatkan energi kamu, tapi ia tidak akan bertahan lama. Kamu mungkin akan merasa bersemangat di awal konsumsi gula dan karbohidrat akan tetapi kemudian mereka akan membuat penurunan gula darah yang drastis.

Ketika gula darah turun dengan drastis, tumbuhan akan merasa lemas dan nantinya akan mengantuk. Berbeda dengan camilan manis, camilan sehat seperti buah, salad, yogurt dapat menjadi opsi yang bagus untuk kamu yang ingin menghilangkan rasa ngantuk. Dengan konsumsi makanan sehat, kadar gula darah dalam tubuh akan seimbang kandungannya dan akan memberikan energi yang konstan.

Camilan Sehat untuk Mengatasi Ngantuk | Pexels

Menghindari Makanan yang Terlalu Berat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, karbohidrat akan membuat energi dalam tubuh meningkat. Akan tetapi, energi tersebut akan cepat habis dan membuat seseorang lemas dan mengantuk setelahnya. Untuk itu, sebisa mungkin apabila kamu ingin menghindari ngantuk, hindari makanan yang terlalu berat ya!

Jaga Penerangan Ruangan Kerja

Ruang kerja yang gelap akan memicu perasaan kejenuhan serta mengantuk dalam diri seseorang. Ruangan yang terang akan membuat kamu lebih terjaga. Apabila memungkinkan, biarkan sinar matahari masuk pada kantor. Sinar matahari dapat meningkatkan fokus serta energi yang dimiliki oleh seseorang. 

Ambil Napas Dalam

Ketika seseorang sering untuk bekerja dengan duduk, paru-paru dari orang tersebut mungkin akan sulit untung mengembang dan mengempis. Dalam situasi tersebut, tubuh akan kekurangan oksigen dan saat itulah rasa ngantuk menyerang. Dengan mengambil napas dalam-dalam, kebutuhan akan oksigen dalam tubuh akan dapat dipenuhi dengan baik dan dapat mengurangi rasa mengantuk.

Menghirup Minyak Esensial dan Bau Menyengat lain

Aroma yang tajam dari produk minyak esensial akan membuat kamu merasa lebih segar dan akhirnya menjadi tidak mengantuk lagi. Jenis bau yang sekiranya dapat membuat kamu lebih terjaga di antaranya adalah minyak kayu putih, wangi kulit jeruk, wangi peppermint, dan lain sebagainya.

Mendengarkan Musik

Seseorang mungkin akan memiliki metode bekerja yang berbeda. Ada yang suka bekerja diiringi dengan musik. Ada pun seseorang yang lain lebih memilih untuk bekerja dalam dalam ketenangan. Untuk menghilangkan rasa ngantuk, coba untuk memutar iringan lagu yang ceria maupun memiliki tempo yang up beat. Lagu dengan tempo dan ritme yang cepat itu mampu membuat kamu merasa lebih bersemangat.

Menggunakan Jam Makan siang untuk Power Nap

Apabila kamu merasa bahwa rasa kantuk yang kamu rasakan sudah tidak tertahankan, coba untuk memanfaatkan jam makan siang untuk tidur atau menutup mata sejenak. Tidur sejenak untuk mengisi energi ini biasa disebut sebagai power nap. Jika kamu takut ketiduran, kamu dapat mengatur alarm, atau kamu hanya butuh untuk memejamkan mata sejenak. Lama power nap biasanya berkisar antara 5-30 menit.

Ilustrasi Power Nap untuk Mengatasi Ngantuk | Pexels

Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rasa mengantuk. Apakah kamu mempunyai tips untuk mengurangi kantuk versi kamu sendiri? Semoga tips ini dapat berguna untuk produktivitas kamu ya!

Sumber gambar header: Pexels

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again