9 January 2015

by Bambang Winarso

20 Ribu Nokia N1 Ludes Dalam 4 Menit, 500 Ribuan Pengantri Gigit Jari

Tablet perdana Nokia N1 sudah melesat dari garis start sejak kemarin. Dibanderol kisaran $257, tablet ini menawarkan spesifikasi dan desain yang menggiurkan. Setidaknya bagi 566 ribu lebih pengantri yang sudah standy-by di depan komputer (versi Nokia Fans Club).

Tapi, sayang sebagian besar dari mereka harus gigit jari sebab stok sebanyak 20 ribu unit perangkat yang tersedia ludes hanya dalam tempo 4 menit.

Tampaknya Nokia (dan Foxconn) sukses mengadopsi metode penjualan yang diterapkan oleh Xiaomi selama ini. Gelombang penawaran tablet Nokia N1 akan kembali dibuka pada 15 Januari, masih bagi calon pembeli yang berdomisili di Tiongkok dan sekitarnya.

 

Info Menarik:Tablet Perdana Nokia N1 Resmi Dijual, Siapkah Perangkat Ini Bersaing?

 

Belum ada keterangan resmi kapan Nokia N1 akan mengunjungi negara di luar Tiongkok. Sepertinya Nokia masih menikmati momen membahagiakan di debut perdana mereka setelah sempat vakum beberapa saat lamanya. Bagaimana tidak, jika data yang dilansir Nokia Fans Club benar adanya berarti peminat Nokia N1 28 kali dari stok yang tersedia.

Jika kemudian Nokia belum memikirkan negara lain tentu bukan hal aneh, sebab hitungannya dengan jumlah perangkat yang sama mereka masih punya kans menggelar 27 gelombang penjualan flash berikutnya tanpa khawatir kelebihan barang.

Ketertarikan konsumen terhadap tablet Nokia N1 sebenarnya menyisakan pertanyaan. Apakah ini dikarenakan spesifikasinya, kerja sama dengan Foxconn dalam merilis perangkat tablet ini, harga atau kekuatan brand Nokia yang masih memberikan pengaruh. Kita semua tahu nama Nokia selama beberapa dekade merajai pasar ponsel sebelum akhirnya menyerah oleh keadaan. (Baca akuisisi Nokia oleh Microsoft di sini).

 

Info Menarik:[Video] Konsep Dasar Dibalik Desain Tablet Nokia N1

 

Bila memang karena spesifikasi, tablet Nokia N1 memang cukup mengesankan. Membawa layar 7.9 inci resolusi 2048×1536 dan sudah dilindungi oleh Gorilla Glass 3. Di bagian dalam terdapat prosesor Intel 64 bit Atom Z3580 dengan kecepatan 2.3 Ghz dan RAM 2GB dengan dukungan memori internal lega, 32 GB.

Kamera Nokia N1 juga boleh dibilang sangat baik, dimana kamera utama 8MP dan kamera depan 5Mp, terbalut body aluminium dan desain unibody serta memperoleh komponen Micro-USB 2.0 dengan Type-C reversible connector yang memungkin pengguna memasang konektor secara bolak-balik.

Dengan kocek sebesar $257 pembeli sudah dapat mencicipi balutan perangkat tablet buatan Nokia secara utuh.

 

Info Menarik:Nokia Kembali ke Segmen Perangkat Pintar, Rilis Tablet Nokia N1

 

Penulis sendiri berpendapat masing-masing elemen berkontribusi terhadap sukses besar Nokia di hari pertama penjualan N1. Selain spesifikasinya yang dirancang sangat baik, sisi desain yang mirip iPhone juga jadi nilai tambah. Dan yang paling penting adalah daya magis dari sisa-sisa kekuatan brand Nokia yang bagi sebagian orang sulit dielakkan. Barangkali Anda punya pendapat yang berbeda?

Sumber berita GSMArena, PhoneArena dan situs resmi Nokia N1.