1. DScovery

Amortisasi: Pengertian, Manfaat, dan Metodenya

Kamu mungkin sering mendengar tentang amortisasi, tetapi kamu mungkin tidak tahu apa itu. Simak artikel ini untuk mengetahui pengertian, manfaat, dan metodenya.

Amortisasi adalah istilah keuangan yang menggambarkan proses pelunasan pinjaman dari waktu ke waktu.

Kamu dapat menganggapnya sebagai kebalikan dari penyusutan: sementara penyusutan menurunkan nilai sesuatu dari waktu ke waktu, amortisasi meningkatkan nilai sesuatu dari waktu ke waktu.

Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya mengenai amortisasi

Pengertian Amortisasi

Amortisasi adalah proses di mana kamu melunasi pinjaman.

Jika kamu mengambil pinjaman, jumlah uang yang kamu utangkan akan jatuh tempo secara penuh di beberapa titik. Kamu dapat memilih untuk melakukan pembayaran bulanan atau satu pembayaran besar untuk menutupi jumlah total pinjaman kamu. Ini disebut pembayaran diamortisasi.

Bergantung pada berapa biaya bunganya, pembayaran bulanan kamu mungkin lebih tinggi daripada yang akan kamu bayarkan jika kamu melakukan satu pembayaran besar di muka.

Namun, dengan skema pembayaran yang diamortisasi, kamu tidak perlu khawatir untuk melakukan pembayaran awal yang besar, yang bisa jadi sulit jika anggaran kamu terbatas atau pendapatan kamu berfluktuasi dari bulan ke bulan.

Manfaat Amortisasi

Amortisasi adalah metode akuntansi yang memungkinkan kamu melunasi hipotek dari waktu ke waktu dengan melakukan pembayaran bulanan tetap. Dengan begitu, di akhir jangka waktu, utang kamu akan lunas seluruhnya dan semua bunganya juga sudah lunas.

Berikut ini adalah beberapa manfaat amortisasi:

  • Kamu dapat menyesuaikan biaya bulanan kamu dengan mengetahui berapa banyak yang harus kamu bayarkan setiap bulan.
  • Pembayaran bunga juga diatur, jadi tidak ada kejutan saat tiba waktunya untuk melakukan pembayaran tersebut.
  • Pinjaman kamu akan dilunasi lebih cepat daripada jika kamu tidak menggunakan metode amortisasi.

Metode Amortisasi

Seperti yang mungkin kamu ketahui, amortisasi adalah proses pelunasan utang melalui cicilan dari waktu ke waktu. Kamu mungkin juga tahu bahwa kamu dapat menggunakan beberapa metode untuk menghitung pembayaran bulanan kamu untuk pinjaman yang diamortisasi.

Berikut adalah beberapa metode yang paling umum:

Metode Garis Lurus

Dalam amortisasi garis lurus, pembayaran dilakukan dengan tarif yang sama selama masa pinjaman. Ini adalah metode yang paling umum dan melibatkan pendistribusian total biaya aset secara merata selama masa pakainya.

Ini memungkinkan kamu untuk menentukan berapa banyak bunga yang akan kamu bayarkan untuk pinjaman kamu setiap tahun, yang mana sangat penting untuk penganggaran dan perencanaan.

Metode Saldo Menurun

Metode saldo menurun mengasumsikan bahwa aset akan terdepresiasi pada tingkat yang konstan dari waktu ke waktu; ini berarti bahwa jumlah penyusutan setiap tahun meningkat seiring berlalunya waktu.

Metode ini sering digunakan untuk tujuan perpajakan karena memungkinkan kamu mengurangi lebih banyak dari penghasilan kena pajak setiap tahun. Metode pembayaran berjenjang mengasumsikan bahwa setiap pembayaran adalah sama, jadi tidak ada perubahan besaran penyusutan atau pengurangan bunga setiap tahunnya.

Demikianlah penjelasan mengenai amortisasi, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again