1. DScovery

Apa itu Branch Manager: Pengertian, Fungsi, dan Tanggungjawabnya

Kamu pastinya pernah mendengar mengenai posisi branch manager, bukan? Kira-kira seperti apa, sih, kerjanya dan apa saja tugas-tugasnya?

Pada beberapa perusahaan besar yang memiliki kantor cabang, branch manager merupakan posisi yang sangat krusial. Branch manager tidak hanya bertugas untuk memegang kendali atas kantor cabang, tapi juga harus bertanggung jawab terhadap semua hal yang terjadi di kantor cabang.

Untuk itu, simak artikel berikut untuk mengetahui secara lebih dalam tentang posisi ini.

Pengertian Branch Manager

Manajer cabang atau yang biasa disebut dengan manajer cabang Branch manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan kantor cabang. Branch manager juga berperan untuk menyelaraskan kantor cabang dengan pusat perusahaan. Selain itu, branch manager juga memiliki wewenang untuk mengatur dan mengambil keputusan terkait kantor cabang.

Seorang branch manager juga berperan untuk mengawasi segala hal yang dioperasikan cabang perusahaan, seperti merekrut karyawan, membuat promosi pemasaran, hingga menjaga hubungan dengan masyarakat. Selain itu, branch manager juga dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah yang terjadi pada cabang perusahaan yang dipimpinnya.

Tugas dan Fungsi Branch Manager

Seorang branch manager harus memiliki berbagai kemampuan, seperti kepemimpinan, pemikiran analitis, manajemen orang, multitasking, dan perhatian terhadap detail. Selain itu, branch manager juga harus memiliki kemampuan komunikasi dan relasi yang sangat baik karena harus menjembatani kepentingan cabang yang dipimpinnya dengan perusahaan pusat.

Maka dari itu, berikut penjelasan mengenai tugas dan fungsi branch manager:

1. Melakukan koordinasi dan pengawasan kantor operasional

Seorang branch manager harus mampu melakukan koordinasi dan pengawasaan terhadap segala jenis bentuk operasional yang terjadi di kantor cabang. Pengawasan kegiatan operasional perusahaan bisa dilakukan dengan cara menyusun Rencana Bisnis Perusahaan atau RBP.

2. Memimpin kegiatan pemasaran cabang perusahaan

Untuk mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan, seorang branch manager juga harus berperan aktif dalam memimpin segala bentuk promosi yang terjadi di kantor cabang.

3. Memantau prosedur operasional manajemen risiko

Tugas branch manager tidak hanya mengawasi kegiatan operasional yang sedang terjadi, melainkan juga harus memantau prosedur operasional dalam hal manajemen resiko.

4. Melakukan pengembangan kegiatan operasional

Selain melakukan pengawasan serta pemantauan, branch manager juga bertugas untuk melakukan evaluasi dan mengembangkan kegiatan operasional di cabang yang dipimpinnya. Salah satu contoh pengembangan yang dilakukan adalah dengan melakukan training karyawan.

Tanggung Jawab Branch Manager

Selain memiliki tugas dan fungsi yang cukup penting dalam operasional cabang perusahaan, seorang branch manager juga memiliki tanggung jawab yang besar. Berikut adalah beberapa tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang branch manager:

  • Mengarahkan dan mengelola semua aspek operasional seperti operasi distribusi, sumber daya manusia, layanan pelanggan, administrasi, dan penjualan, dll
  • Membuat perkiraan, rencana bisnis, dan tujuan keuangan untuk memenuhi tujuan dan metrik
  • Mengawasi rencana pengeluaran dan mengalokasikan dana dengan tepat
  • Melakukan upaya optimalisasi keberadaan dan reputasi cabang dan perusahaan
  • Memecahkan semua masalah kepuasan pelanggan dan karyawan
  • Memberikan pelatihan, pengembangan , pembinaan, dan motivasi karyawan cabang

Gaji Branch Manager

Di Amerika, gaji rata-rata yang diperoleh oleh branch manager adalah sebesar $57.426 USD per tahunnya, atau paling sedikitnya sebesar $36.000 USD per tahun. Sementara dilansir dari indeed.com, rata-rata gaji pokok branch manager di Indonesia adalah sebesar Rp.6.993.602 per bulannya. Gaji ini tentunya belum termasuk berbagai tunjangan yang diperoleh.

Itulah penjelasan lengkap mengenai posisi branch manager beserta tugas, fungsi dan tanggungjawabnya. Nah, apakah kamu tertarik untuk melamar pada posisi ini?

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again