1. Entrepreneur

Etsy, Platform Khusus Kreator Hingga Kolektor Agar Bisa Berjualan

Simak penjelasan mengenai Etsy sebelum Anda berjualan di platform ini.

Platform buat pengrajin, seniman dan kolektor untuk menjual karya seni, barang handmade hingga barang vintage memangnya ada? Tentunya ada dong, dan platform tersebut bernama Etsy.

Ya, Etsy memungkinkan pemilik bisnis kecil untuk mendirikan toko online dan mempertemukan mereka dengan pembeli di seluruh dunia yang mencari hadiah, barang koleksi, atau karya seni.

Kali ini, DailySocial akan membahas secara lengkap tentang apa itu Etsy dan tips untuk menjual barang di platform tersebut.

Apa Itu Etsy?

Etsy adalah e-commerce marketplace untuk seniman, pengrajin, dan kolektor independen yang dapat membuka toko online untuk menjual produk mereka. Telah berdiri sejak tahun 2005, dan sudah memiliki lebih dari 50 juta barang unik yang nantinya akan dijual.

Platform yang 87% penjualnya adalah perempuan ini bertindak sebagai perantara untuk membantu pemilik bisnis menjual barang yang mereka produksi sendiri.

Lalu, terdapat beberapa kategori utama barang yang biasa dijual di Etsy : 

  • Barang kerajinan tangan : perhiasan, pakaian, aksesori, mainan anak-anak, perlengkapan rumah tangga dan perlengkapan hewan peliharaan.
  • Barang antik : kostum, pakaian, aksesori, perhiasan, foto, peralatan rumah tangga, permainan, buku, dan mainan yang harus berusia minimal 20 tahun untuk memenuhi syaratnya.
  • Bahan karya seni : perlengkapan kerajinan, termasuk alat dan bahannya. Misalnya, pembuatan perhiasan, perlengkapan menjahit dan merajut, dan sebagainya.

7 Tips Untuk Berjualan Di Etsy

Jika Anda berencana untuk mulai menjual di Etsy, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membedakan etalase dan produk Anda dengan yang lain. Jangan lewatkan tips ini ya! 

Lakukan Riset

Pertama, Anda harus melakukan riset pasar untuk produk Anda sebelum menjual di Etsy. Silahkan riset produk lain yang serupa dengan Anda untuk menentukan harga produk, bagaimana kompetitor Anda menulis deskripsi produk mereka, kata kunci apa yang mereka gunakan dalam penelusuran, serta apa yang dikatakan ulasan produk kompetitor Anda.

Anda juga bisa mencari tahu apa yang membedakan produk Anda dengan produk lainnya saat melakukan riset. Jadi, produk yang Anda punya unik dan juga orisinil dibandingkan yang lain.

Optimalkan Untuk Pencarian

Banyak orang menggunakan Etsy sebagai platform pencarian untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Apa pun yang Anda jual, pastikan setiap produk dioptimalkan agar muncul di penelusuran saat pengguna mencari. 

Sertakan kata kunci dalam deskripsi produk, dan pertimbangkan untuk menggunakan kata kunci yang lain dalam daftar produk. Anda juga bisa menambahkan tag atau label pada produk agar produk Anda mudah ditemukan oleh pembeli saat melakukan pencarian.

Posting Foto Berkualitas Tinggi

Gunakan foto produk asli dengan resolusi yang tinggi agar bisa menampilkan produk Anda dengan jelas. Tambahkan beberapa gambar pada halaman produk untuk menarik perhatian calon pembeli.  

Perlakukan Toko Online Anda Seperti Toko Yang Sebenarnya

Agar Etsy menjadi peluang bisnis bagi Anda, pilihlah gambar profil yang bagus. Anda bisa menggunakan logo brand Anda sebagai foto profil.

Selain mengunggah foto, tulislah deskripsi produk dengan lengkap. Cantumkan nama produk dan kegunaannya, pilihan warna, variasi ukuran, bahan yang digunakan, dan hal-hal terkait informasi produk lainnya.

Anda bisa menambahkan packaging, amplop surat, label produk, dan bahkan kartu ucapan terima kasih atau brosur penggunaan yang berguna setiap kali Anda mengirimkan pesanan kepada pembeli Anda.

Berikan Customer Service Yang Bagus

Credit Photo by Freepik

Mendapatkan customer service yang bagus akan membuat mereka ingin membeli lagi dan meninggalkan ulasan yang bagus. Misalnya, calon pembeli dapat menghubungi Anda untuk mengajukan pertanyaan sebelum melakukan pembelian. Ataupun pembeli lama dapat menghubungi Anda untuk menindaklanjuti pesanan atau meminta bantuan jika terjadi kesalahan.

Selain itu, pastikan Anda membuat kebijakan toko online yang mudah dipahami pelanggan, seperti cara pengiriman, pengiriman pesanan dan masalah lain yang terkait dengan layanan pelanggan. 

Berikan Diskon Di Pembelian Berikutnya

Ingin pembeli Anda melakukan pembelian berulang? Memanfaatkan salah satu fitur pada Etsy, yaitu fitur yang memungkinkan penjual membuat kode kupon khusus. Anda bisa menawarkan diskon di pembelian selanjutnya untuk menarik perhatian mereka.

Gabung Komunitas Di Etsy

Masuklah menjadi bagian dari komunitas di Etsy agar membantu akun dan toko online Anda lebih kredibel. Berpartisipasilah dalam komunitas tanpa terlalu promosi bisnis Anda, dan cobalah bermitra dengan penjual lain untuk membuat penawaran paket yang menarik.

Nah, itulah pengertian dari Etsy dan tips untuk berjualan di sana. Jika Anda tertarik berjualan di Etsy, tunggu artikel berikutnya mengenai cara berjualannya, ya! Dan bila kamu masih ragu dengan Etsy, coba menggunakan platform Shopify untuk berjualan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again