1. Entrepreneur

Mengenal Apa Itu GoBiz: Fitur dan Keunggulan

Ingin membuat usaha Anda lebih mudah, GoBiz bisa menjadi aplikasi yang wajib dicoba

Sekarang sudah banyak sekali orang yang mulai berbisnis, karena kemudahan akses terhadap banyak hal. Dulu ketika kita akan membuat usaha kita harus memikirkan bagaimana modalnya, bagaimana operasional, hingga pemasaran yang tidak mudah. Sekarang sudah ada banyak aplikasi yang bisa membantu Anda untuk memulai usaha.

Ketika Anda ingin mencari suatu makanan saat ini, Anda tidak perlu langsung ke restoran Anda cukup memesan melalui layanan ojek online dan pesanan akan diantarkan langsung ke rumah Anda. Menjadi restoran mitra bisa menjadi salah satu pemasukan yang bisa Anda andalkan, salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi GoBiz.

Apa Itu GoBiz?

GoBiz menjadi terobosan terbaru yang akan membantu semua pemilik usaha untuk mengelola usahanya dengan lebih mudah.

Diluncurkan secara resmi untuk membantu seluruh Mitra Usaha Gojek, sehingga usaha dapat berkembang dengan lebih efektif dan efisien. Menariknya, GoBiz ini juga bisa digunakan oleh semua jenis dan ukuran usaha.

GoBiz adalah aplikasi untuk memudahkan Anda mengelola usaha hanya dalam genggaman. Fitur yang diberikan termasuk lengkap mulai dari layanan kasir, monitor penjualan, food delivery, hingga penerimaan pembayaran non tunai. Fitur GoBiz akan dibahas lengkap sebagai berikut.

Fitur-fitur di GoBiz

  • GoKasir

GoKasir adalah  layanan kasir gratis dari GoBiz. Cukup pakai ponsel untuk mencatat dan merekap transaksi penjualan bagi jenis usaha apapun.

Dengan menggunakan GoKasir, penjual dapat melakukan seluruh kalkulasi harga, mencatat transaksi penjualan dari toko offline maupun online, dan menyiapkan invoice atau struk yang bisa dicetak (jika ada). Sementara, pembeli dapat melakukan pembayaran dengan cara tunai atau non tunai seperti GoPay.

  • GoFood

GoFood merupakan layanan pesan antar online di aplikasi Gojek. Mitra Usaha yang sudah terdaftar layanan GoFood akan menerima pesanan GoFood di aplikasi GoBiz dan berkesempatan untuk meningkatkan penjualan dengan memperluas jangkauan usaha ke pengguna aplikasi Gojek.

Melalui layanan GoFood, Anda juga dapat meningkatkan jumlah pesanan dengan cara menampilkan foto banner yang menarik, selalu update foto menu makanan, dan mengatur ketersediaan menu. Selain itu, Anda juga bisa mengelola usaha di GoFood dengan optimal, seperti mengatur jam operasional dan status buka atau tutup restoran.

Mitra Usaha dapat menyiapkan pesanan sebelum driver datang sehingga pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama. Selain itu, Anda dapat melakukan transaksi dengan aman dan nyaman dengan adanya PIN Validasi.

  • GoModal

GoModal adalah program pinjaman modal yang diperuntukan kepada Mitra Usaha Gojek terpilih yang telah terintegrasi dengan fitur GoFood untuk membantu mengembangkan usaha mereka. GoModal menyediakan fasilitas pinjaman usaha hingga Rp. 2 miliar dengan pilihan jangka waktu cicilan 2, 3, 6, dan 12 bulan melalui aplikasi GoBiz.

  • GoMart

GoMart adalah layanan pesan antar di mana pelanggan dapat memesan produk belanja melalui aplikasi Gojek. Lalu, Mitra Driver akan memproses pesanan dengan mengambil produk belanjaan yang telah disiapkan outlet kemudian mengantarnya ke pelanggan.

  • QRIS

QRIS (QR Indonesian Standard) adalah Standar Nasional QR Code untuk pembayaran di Indonesia yang diluncurkan Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) tanggal 17 Agustus 2019. Dengan QRIS, Mitra Usaha gak perlu lagi punya banyak stiker QR code di etalase, karena pembayaran dari berbagai penyelenggara jasa sistem pembayaran cukup dengan satu QR Code.

 

Keuntungan Menggunakan GoBiz

  • Kelola Restoran di GoFood dengan Optimal

GoBiz akan memudahkan pemilik usaha untuk mengatur ketersediaan menu, mengelola status restoran (buka/tutup), mengatur jam operasional, memonitor seluruh transaksi, serta mengubah detail harga di GoFood jika dibutuhkan.

  • Terima Pembayaran Non Tunai

GoBiz juga memungkinkan para pemilik usaha untuk menerima pembayaran non-tunai dengan lebih mudah.

Untuk menyelesaikan pembayaran, pelanggan hanya perlu melakukan scan Kode QRIS yang mampu menerima beragam pembayraan dari dompet digital, seperti GoPay. Artinya, sebagai pemilik usaha, Anda tidak lagi harus menyiapkan uang kembalian. Antrean kasir juga dapat dipercepat berkat sistem pembayaran nontunai yang canggih ini.

Di sisi lain, pembayaran nontunai lebih aman karena dapat meminimalisir risiko kehilangan atau kecurangan atas penyimpanan uang tunai di outlet Anda.

  • Kelola Pesanan di Tempat

Aplikasi GoBiz juga bisa membantu pemilik usaha mengelola dan menerima pesanan di tempat, sehingga seluruh transaksi baik dari GoFood dan pesanan di tempat, langsung tercatat secara otomatis. Pemilik usaha tinggal monitor transaksi lewat laporan yang langsung disediakan dari aplikasi GoBiz atau GoBiz Dashboard.

  1. Buat Promo untuk Pelanggan

Dengan aplikasi GoBiz, Anda bisa langsung buat promo GoFood atau GoPay dari ponsel. Fitur promo ini membantu Anda membuat beragam tipe promo seperti promo voucher, diskon potongan harga untuk menu andalan, dan rekomendasi promo dari GoBiz yang bisa Anda pilih secara langsung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again