1. DScovery

Apa itu Marketing Campaign dan Cara Membuatnya

Salah satu cara untuk mencapai tujuan dari pemasaran sebuah produk adalah dengan menggunakan campaign. Simak artikel berikut untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah membuat marketing campaign yang baik.

Pembuatan campaign atau kampanye merupakan salah satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pemasaran. Marketing campaign dilakukan sebuah perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan mereka agar dapat diterima oleh konsumen.

Lalu, apa saja yang termasuk marketing campaign dan bagaimana cara membuatnya? DailySocial.id akan menjelaskan semuanya kepada Anda.

Pengertian Marketing Campaign dan Contohnya

Dilansir dari Bigcommerce, marketing campaign adalah serangkaian aktivitas strategis yang bertujuan untuk mempromosikan sasaran bisnis, seperti mempromosikan suatu produk, layanan, maupun sebuah brand secara keseluruhan. Untuk mencapai hasil yang efektif, marketing campaign dapat dilakukan di berbagai media, baik online maupun cetak tergantung tujuannya.

Salah satu contoh marketing campaign yang berhasil dan cukup diingat adalah campaign brand Nike. Siapa yang tidak mengenal Nike dengan slogannya, Just Do It? Pada awalnya, Nike meluncurkan gerakan Just Do It sebagai salah satu cara untuk mengalahkan kompetitornya. Benar saja, marketing campaign yang dilakukan Nike pun sukses besar hingga membuat slogannya tetap diingat hingga saat ini.

Contoh lain penggunaan marketing campaign yang sukses adalah beberapa brand yang memiliki slogan atau catchphrase unik dan mudah diingat. Seperti, “Indomie… seleraku” dari Indomie, “I’m lovin it” dari McDonalds, hingga slogan “Diputar, dijilat, dicelupin” yang khas dari Oreo. Selain itu, pembuatan marketing campaign juga dapat memanfaatkan momentum seperti iklan Marjan yang selalu ditunggu-tunggu saat menjelang lebaran.

Langkah-langkah yang Dilakukan dalam Marketing Campaign

Setelah Anda memahami tentang pengertian marketing campaign beserta contohnya, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memahami langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuatnya. Maka dari itu, DailySocial.id sudah merangkumkan 6 langkah yang harus dilakukan dalam membuat marketing campaign untuk Anda.

1. Tentukan Tujuan, Budget dan Target Pasar Anda

Menentukan tujuan, budget, dan target pasar merupakan hal paling mendasar yang harus dilakukan dalam membuat marketing campaign. Dalam menentukan tujuan, jangan bersikap terlalu ambisius untuk mendapat semuanya. Anda perlu memperhatikan masalah apa yang sedang Anda hadapi saat ini agar tujuan marketing campaign Anda menjadi lebih efektif.

Dalam menentukan tujuan yang lebih spesifik, Anda bisa menerapkan marketing funnel. Salah satu formula yang sering digunakan dalam marketing funnel adalah model AIDA. AIDA merupakan singkatan dari Awareness, Interest, Desire, dan Action. Selain dapat meningkatkan penjualan, model AIDA ini dapat membantu Anda untuk memilih strategi yang tepat dalam membuat marketing campaign.

Selain tujuan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah menentukan budget yang sesuai. Jika tujuan sudah jelas, biasanya akan lebih mudah menyusun anggaran dalam rencana pembuatan campaign. Penyusunan anggaran juga harus dilakukan secara matang, agar campaign yang Anda lakukan tidak overbudget.

Terakhir, tentukan jangkauan dan target pasar Anda. Target pasar bisa disesuaikan dari usia, jenis kelamin, demografi, pekerjaan, hingga minat konsumen. Menentukan target pasar dapat membantu Anda untuk membuat marketing campaign yang lebih tepat sasaran.

2. Pelajari Kompetitor Anda

Dalam membuat marketing campaign, salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah mempelajari kompetitor Anda. Kehadiran kompetitor dalam dunia bisnis dianggap sebagai sebuah tantangan. Dengan mempelajari kompetitor, Anda dapat mengetahui target pasar mana yang belum tersentuh oleh mereka, sehingga Anda dapat memanfaatkannya untuk strategi marketing Anda.

3. Memilih Channel yang Sesuai dengan Target dan Tujuan Anda

Setiap channel memiliki segmen penggunanya tersendiri yang tentunya harus disesuaikan dengan target yang dicapai dalam sebuah marketing campaign. Sebagai contohnya, Instagram merupakan salah satu channel media sosial yang digunakan oleh hampir 90 juta penduduk dunia. Pengguna Instagram kebanyakan didominasi oleh anak muda di bawah 35 tahun, sehingga channel Instagram akan sangat cocok digunakan jika target konsumen Anda merupakan anak muda.

4. Membuat Promosi Semenarik Mungkin

Marketing campaign dapat dikatakan sukses apabila berhasil mencapai tujuannya. Ketika target konsumen sudah tercapai, tentunya Anda perlu melakukan sesuatu untuk menggerakkan mereka agar membeli produk atau layanan Anda. Maka dari itu, Anda perlu melakukan sebuah content campaign.

Jika marketing campaign lebih fokus pada produk, maka content campaign memiliki fokus pada konsumennya. Content campaign bertujuan untuk membuat konsumen menjad semakin tertarik dengan produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyampaikan tujuan campaign dan informasi produk Anda secara tersirat dalam konten menggunakan Calls-to-Action (CTA).

5. Memanfaatkan Pemasaran Digital

Salah satu marketing campaign yang efektif adalah dengan memanfaatkan digital campaign. Digital campaign merupakan salah satu cara untuk melakukan promosi menggunakan platform digital, seperti website maupun media sosial. Selain dapat meningkatkan popularitas produk secara efisien, digital campaign juga dapat memudahkan Anda untuk mendapat feedback langsung dari konsumen.

Dalam membuat pemasaran menggunakan digital campaign, ada 3 langkah yang harus diperhatikan, yakni:

  • Perencanaan
  • Eksekusi
  • Evaluasi seoptimal mungkin

6. Melakukan Pemantauan dan Evaluasi Secara Optimal

Langkah terakhir dan terpenting yang dilakukan untuk mengukur kesuksesan campaign yang telah Anda buat adalah dengan melakukan analisis dan evaluasi. Evaluasi bertujuan untuk menilai apakah marketing campaign sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan awal. Selain itu, evaluasi juga diperlukan untuk menentukan strategi campaign selanjutnya.

Itulah penjelasan mengenai marketing campaign dan cara membuatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat marketing campaign yang sesuai dengan tujuan dan keinginan Anda.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again