1. Entrepreneur

Apa Itu Sinbad, Platform E-commerce B2B yang Menawarkan Harga yang Kompetitif

Penjelasan terkait aplikasi e-commerce B2B Sinbad.

Sinbad adalah platform e-commerce B2B (business to business) yang fokus mendukung toko retail seperti pemilik warung untuk memenuhi kebutuhan toko. Cara kerjanya yakni pemilik warung dapat memesan produk secara online di platform ini untuk dijual di tokonya.

Platform ini memungkinkan pemilik toko retail dapat berbelanja produk bagi tokonya dengan harga grosir dan tarif terendah yang ada di pasaran. Dengan Sinbad, pemilik toko retail dapat terhubung langsung ke brand pincipal atau distributor utama.

Berikut penjelasan lebih lanjut terkait platform e-commerce B2B Sinbad berikut latar belakang, produk yang disediakan, cara menggunakan hingga keuntungannya bagi pemilik toko retail yang bergabung.

Apa Itu Platform E-commerce B2B Sinbad?

Sebelum mengenal lebih jauh terkait platform Sinbad, perlu diketahui terlebih dulu tentang model bisnis e-commerce B2B yang dijalankan platform ini. B2B adalah model bisnis di mana kegiatan atau transaksi di e-commerce terjadi antara sesama pelaku bisnis. Dalam konteks ini, produsen atau distributor dengan pemilik toko retail, dropshipper dan pelaku bisnis sejenis.

Platform Sinbad ini sendiri memiliki misi memberdayakan toko retail di Indonesia melalui teknologi yang disediakannya. Startup yang dirintis sejak 2018 oleh Emilio Wibisono dan Jabert Hachchouch ini juga ingin menyederhanakan rantai pasok di Indonesia,  dengan mempermudah pedagang dan pemasok dalam proses pengadaan.

Perusahaan ini mengklaim telah memiliki 5 ribu lebih total SKU atau produk yang berasal dari 80 lebih brand pemasok. Sinbad juga disebutkan telah menjangkau lebih dari 150 kota untuk persebaran jaringan toko dan pemasok.

Tak hanya kemudahan berbelanja dengan harga kompetitif langsung dari pemasok, Sinbad juga menawarkan kemudahan belanja dengan fitur bayar nanti (paylater). Selebihnya, tidak banyak informasi lain yang bisa digali mengenai pencapaian Sinbad sejak berdiri hingga sekarang.

Produk yang Disediakan Sinbad

Kategori produk yang dijual Sinbad mayoritas adalah FMCG (fast-moving consumer goods) atau produk kebutuhan sehari-hari yang dapat terjual secara cepat dengan harga yang relatif murah. Seluruh produk di platform ini disuplai oleh brand prinsipal utama.

Ada pun kategori produk di Sinbad, rinciannya sebagai berikut:

  • Makanan, yang terdiri atas camilan, permen, cokelat, sereal, kacang tanah, makanan kalengan, mie instan, selai, madu, minyak, tepung, dan makanan beku.
  • Minuman, yang terdiri atas air mineral, minuman ringan, minuman energi, yogurt, kopi, teh, dan minuman rasa.
  • Milk Diary, yang terdiri atas berbagai jenis produk susu seperti susu kental, susu bayi, susu bersalin, dan susu bubuk.
  • Perlengkapan mandi dan perawatan tubuh, yang terdiri atas sabun mandi, shampo, kondisioner, deodoran, sabun muka, losion, obat kumur, dan sikat gigi.
  • Perawatan dan makanan bayi, yang terdiri atas makanan bayi, shampo bayi, sabun bayi, minyak bayi, krim bayi, bedak bayi, dan popok.
  • Makanan dan perlengkapan hewan peliharaan, yang terdiri atas makanan anjing, makanan kucing, dan camilannya.

Cara Menggunakan dan Keuntungan Sinbad bagi Toko Retail

Bagi pelaku usaha toko retail yang ingin mendapatkan suplai produk tokonya dari distrubutor utama, dapat memesan secara online di platform Sinbad, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Unduh dan install aplikasi Sinbad dari Google Playstore.

  • Lakukan registrasi dengan memasukkan detail toko Anda.
  • Selanjutnya, memverifikasi dan mengaktifkan akun Anda melalui WhatsApp.
  • Lakukan pemesanan stok untuk toko Anda di Sinbad.

Ada pun beberapa keuntungan bagi pelaku usaha toko retail sebagai pengguna Sinbad, yang dijanjikan oleh platform ini, antara lain sebagai berikut:

  • Sinbad bekerja sama dengan para pemasok utama untuk menawarkan harga pasar terbaik bagi pelaku usaha toko retail.
  • Platform ini menyediakan beragam produk asli langsung dari pemasok resmi.
  • Pengiriman terpercaya yang terlacak dan tepat waktu untuk melayani kebutuhan pelanggan toko.
  • Metode pembayaran fleksibel yang dapat dilakukan secara tunai dan non-tunai.

Sebetulnya, solusi yang ditawarkan Sinbad bukanlah barang baru di Indonesia. Perusahaan berkompetisi langsung dengan pemain lainnya, seperti GudangAda. Credibook (CrediMart), Ula, Warung Pintar, GoToko, Dagangan, dan lainnya, untuk permudah pemilik warung berbelanja.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again