1. DScovery

7 Aplikasi Baca Novel yang Bisa Kamu Nikmati di Smartphone 2023

Mau baca novel gratis? Kamu bisa pakai aplikasi baca novel online dan offline terbaik di Android. Lengkap semua genre!

Bagi sebagian orang, membaca novel bisa menghilangkan stres saat melakukan berbagai aktivitas. Sayangnya, novel ini memiliki beberapa kekurangan yang tidak disukai kebanyakan orang. Meskipun harganya yang lebih murah, bentuk buku membuat novel ini cukup sulit untuk dibawa kemana-mana, karena mudah sobek dan bengkok.

Untungnya, perkembangan dunia digital menawarkan inovasi baru dengan aplikasi membaca baru yang dapat diakses melalui smartphone. Ini memudahkan untuk membaca novel digital di mana saja, kapan saja secara gratis.

Mari cek pada artikel di bawah ini beberapa aplikasi yang Dailysocial.id rekomendasikan untukmu!

1. NovelToon

Google Play Store

Aplikasi gratis pertama yang direkomendasikan untuk membaca novel adalah NovelToon. Aplikasi ini menawarkan beberapa gaya novel yang menarik. Rekomendasi yang diberikan juga disesuaikan dengan informasi jenis kelamin dan usia yang kamu berikan saat pertama kali mendaftar.

NovelToon juga menawarkan fitur unduh, sehingga kamu dapat membaca novel favoritmu secara offline di mana saja.

Kamu juga dapat memberikan umpan balik kepada penulis atau membuat novel sendiri yang akan diterbitkan di aplikasi. Selain tampilannya yang sederhana, NovelToon menawarkan audio book yang dapat menceritakan isi sebuah novel tanpa kamu harus membacanya.

2. Wattpad

Google Play Store

Bacaan novel gratis berikutnya adalah Wattpad yang digunakan oleh banyak orang. Rekomendasi aplikasi baca novel ini merupakan salah satu aplikasi yang paling laris di kalangan pecinta novel Indonesia.

Wattpad menghadirkan berbagai gaya novel dalam berbagai bahasa, mulai dari bahasa Indonesia hingga bahasa asing lainnya. Novel ini bisa dibaca online maupun offline asalkan didownload terlebih dahulu.

Wattpad juga menawarkan komunitas antara penulis dan pembaca, sehingga kamy dapat mengobrol dengan sesama penggemar novel. Tidak hanya sebagai platform untuk membaca novel, kamu juga bisa menghasilkan uang dengan menerbitkan novel yang kamu buat, lho! Hebatnya, banyak novel Wattpad yang berhasil diangkat menjadi film.

3. NovelPlus

Google Play Store

Aplikasi novel gratis bernama NovelPlus juga dikenal sebagai aplikasi novel Android yang menawarkan banyak cerita dari berbagai genre.

Seperti Wattpad, aplikasi baca novel online gratis ini juga memungkinkan kamy untuk menulis dan menerbitkan karya sendiri secara gratis.

Jika novel kamu menarik dan memiliki banyak pembaca, kemungkinan tulisan kamu akan muncul di bagian atas Pilihan Editor!

Di versi terbaru, aplikasi ini memiliki koleksi novel yang lebih banyak. Beberapa bug juga telah diperbaiki. Kamu dapat membaca novel dengan lancar tanpa gangguan.

4. Joylada

Google Play Store

Ada juga aplikasi baca novel gratis bernama Joylada yang cukup unik karena menampilkan novel online. Dimana layar UI mirip dengan chat seperti aplikasi chat LINE dan WhatsApp.

Seperti aplikasi membaca novel lainnya, Joylada menawarkan berbagai genre baru untuk dibaca. Kamu bisa menjadi penulis tanpa sistem kontrak dan mendapatkan penghasilan dari novel yang diterbitkan.

5. Storial.co

Google Play Store

Aplikasi online gratis untuk membaca novel bahasa Indonesia berikutnya adalah Storial.co yang juga merupakan platform beberapa penulis populer tanah air.

Selain itu, Storial.co juga menawarkan Premium Stories setelah penambahan dan pembayaran dengan Storial Coin.

Meski harus membeli koin, bisa dibilang jumlah tambahan dan harga berlangganan tidak akan menguras dompet terlalu banyak!

Oh iya, Storial.co juga menawarkan bacaan dengan berbagai genre seperti novel anak, novel biografi, novel fantasi, novel horor dan masih banyak lagi.

6. Google Play Books

Google Play Store

Butuh aplikasi novel offline gratis tanpa membeli koin? Kamu bisa mendownload Play Book dari Google. Ini sangat populer dan digunakan oleh banyak orang.

Kumpulan novelnya dalam berbagai genre. Kamu juga dapat menemukan novel asing populer seperti Bridgerton di aplikasi ini.

Namun, tidak semua novel yang diterbitkan secara gratis dapat diakses. Tapi jangan khawatir, kamu bisa membeli aplikasi dan buku dari Google Play dengan GoPay.

7. Ipusnas

Google Play Store

Aplikasi baca novel gratis yang terakhir adalah Ipusnas. Meskipun Ipusnas tidak seterkenal aplikasi membaca novel lainnya, Ipusnas menawarkan berbagai macam e-book koleksi Perpustakaan Nasional, termasuk novel.

Aplikasi Ipusnas sangat mudah dan simple untuk digunakan, dimana kamu hanya perlu mendaftar kemudian konfirmasi email yang digunakan. Untuk menemukan novel yang kamu inginkan, kamu hanya perlu menggunakan fungsi pencarian di pojok kanan atas layar.

Sebelum bisa membaca isinya, kamu harus meminjam dan mendownload novelnya terlebih dahulu. Novel yang diunduh kemudian dapat dibaca secara online atau offline. Novel yang dipinjam membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari untuk dikembalikan secara otomatis.

Ini adalah beberapa rekomendasi untuk dipertimbangkan untuk aplikasi membaca novel. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again