1. DScovery

8 Aplikasi Belajar Bahasa Mandarin yang Terbaik

Ada aplikasi belajar bahasa Mandarin yang bisa kamu unduh untuk meningkatkan kemampuan bahasa lebih efektif melalui perantara gadget, lho!

Salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh penduduk dunia adalah bahasa Mandarin, bahasa resmi China dan Taiwan. Diperkirakan 15 persen populasi manusia berbicara dengan bahasa Mandarin.

Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi di China atau Taiwan, menguasai bahasa Mandarin itu sangatlah tepat.

Nggak cuma belajar dari buku, film atau lagu, kamu bisa belajar bahasa Mandarin dari aplikasi lho! Coba unduh aplikasi-aplikasi ini di gadget mu, dijamin akan bisa berbahasa Mandarin lebih lancar!

1. HelloChinese

Google Play Store

Apakah kamu ingin belajar bahasa Mandarin dengan cara yang menyenangkan dan menghibur? Coba unduh HelloChinese, aplikasi yang dirilis pada 11 Juli 2015 yang telah diunduh lebih dari 5 juta kali dari Google Play Store.

Karena tipenya berbasis permainan, kamu tidak akan bosan dan akan lebih termotivasi untuk belajar.

Ada berbagai permainan seperti mendengarkan, menerjemahkan, mengeja, dan tata bahasa. HelloChinese menjelaskan hànzì kata demi kata, serta arti dan pengucapannya.

HelloChinese juga mendukung karakter Cina tradisional dan disederhanakan. Kamu juga dapat mempelajari percakapan sehari-hari dalam bahasa mandarin, seperti: memesan makanan.

2. CoffeStrap

Aplikasi gratis ini pasti akan membuat kita belajar bahasa mandarin dengan baik karena disini kita akan berkesempatan untuk langsung berbicara dengan orang asing (China).

Ya, bukankah itu bagus? Selain belajar dari orang lain, kita juga bisa mendapatkan teman baru dengan fitur gratis yang memandu kita dalam belajar bahasa Mandarin ini.

Selain itu, CoffeeStrap ini tidak hanya cocok untuk bahasa Mandarin. Sebagai gantinya, kita dapat memilih untuk belajar beberapa bahasa. Hanya dengan satu aplikasi ini, kita secara alami dapat menguasai bahasa Mandarin.

3. Drops: Learn Mandarin Chinese

Bosan terus-menerus harus menghafal karakter Cina? Dengan aplikasi ini kamu bisa mempelajarinya dengan cara yang menyenangkan.

Drops menyediakan kosakata praktis yang mudah diingat. Hal ini didukung dengan grafis yang responsif, dan juga terdapat mini-games lho!

Drops memiliki 99 topik dan 1700 kata bahasa Mandarin. Kamu dapat menggunakannya secara gratis atau berbayar. Paket berlangganan berharga $2,99 atau Rp42,9 ribu per bulan.

Menariknya, Drops juga menawarkan puluhan program untuk mempelajari bahasa lain seperti Prancis, Jerman, dan Tagalog!

4. Chinese Skill

Belajar bahasa mandarin dengan gratis dengan aplikasi ini bisa menjadi alternatif belajar bahasa mandarin yang seru dan menyenangkan.

Aplikasi ini menggunakan konsep Duolingo yang artinya pengguna learning by doing. Bayangkan betapa asyiknya belajar bahasa Mandarin dengan aplikasi ini?

Materi yang diberikan oleh aplikasi Mandarin Skill meliputi pelajaran pengucapan, kata, dan huruf Mandarin. Semuanya bisa dikemas dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Tentu saja, kamu juga akan diajarkan menulis karakter Cina, yang bisa menjadi rumit ketika melihatnya. Tetapi meskipun tampaknya sulit, kamu perlahan-lahan akan dibimbing.

5. Learn Chinese - Listening and Speaking

Google Play Store

Aplikasi lainnya yang bisa kamu coba adalah Learn Chinese - Listening and Speaking oleh Poro Zhongwen. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 750 dialog setiap hari tentang berbagai topik mulai dari salam, perkenalan, belanja, percakapan dengan keluarga dan pertemuan bisnis. Pembicaraan ini tersedia dalam file audio dari penutur asli.

Kamu juga akan memahami arti kosakata baru dan kalimat lengkap. Menariknya, jika kamu sedang mengemudi, namun masih bisa terus belajar sambil mendengarkan playlist. Program ini dapat digunakan oleh pengguna pemula, menengah dan lanjutan.

6. Mango Languages

Google Play Store

Aplikasi Mango Languages ​​ini sengaja dibuat karena ingin menawarkan kepada kita layanan dan juga menerapkan sistem belajar yang menyenangkan dan mengasyikkan. Tentu penerapan sistem belajar seperti itu yang kita cari bukan?

Jadi ternyata Mango Languages ​​tidak hanya menawarkan bahasa Mandarin saja. Selain bahasa mandarin, bahasa mangga juga bisa ditawarkan untuk belajar bahasa asing lainnya, ada sekitar 60 program bahasa asing yang digabungkan dalam percakapan dengan empat blok bangunan penting untuk meningkatkan komunikasi bahasa.

7. Learn Chinese AI-Super Chinese

Google Play Store

Learn China AI-Super Chinese mengandalkan kecerdasan buatan (AI). Pelajarannya diambil dari kehidupan nyata dan disajikan dengan cara yang menyenangkan. Video animasi dan cerita visual membantu kamu belajar lebih cepat sehingga kamu tidak bosan.

Aplikasi ini menawarkan lebih dari 800 pelajaran yang terbagi menjadi 12 level dengan lebih dari 50 topik menarik. Kamu dapat menentukan tingkat pengetahuanmu dengan tes bakat berbasis AI. Berkat kecanggihannya, aplikasi ini berhasil mendapatkan lebih dari satu juta unduhan di Google Play Store meski baru dirilis pada 5 Juni 2019.

8. Daily Chinese

Google Play Store

Dan yang terakhir, kamu bisa mencoba aplikasi Daily Chinese yang dikembangkan oleh Mojay, LLC. Aplikasi ini berisi lebih dari 9.000 kata dan frasa untuk dipelajari. Tampilannya yang minimalis dan clean membuat kamu lebih fokus pada pelajaran.

Ada sistem replay untuk memastikan kamu tidak melupakan apa yang telah dipelajari dan melacak kemajuanmu dari waktu ke waktu.

Aplikasi Daily Chinese relatif baru, dirilis pada 14 Juni 2019 dan telah diunduh hanya 10.000 kali dari Google Play Store.

Nah demikianlah aplikasi belajar bahasa Mandarin yang bisa kamu unduh di gadgetmu. Kuncinya apakah kamu sudah berkomitmen untuk terus mengasah kemampuan bahasamu? Semoga artikel ini bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again