1. DScovery

Aplikasi Pembuat Barcode Sederhana dan Mudah Digunakan

Fungsi barcode adalah untuk memindai dan melacak produk atau properti

Membuat barcode sendiri sebenarnya sangat mudah hanya dengan satu perangkat elektronik. Barcode itu sendiri adalah pola geometris, biasanya berbentuk vertikal. Fungsi barcode adalah untuk memindai dan melacak produk atau properti.

Awalnya, barcode ini digunakan untuk melacak kereta api. Namun, barcode ini menjadi lebih populer saat digunakan untuk menyimpan barang di supermarket. Ada dua jenis barcode yaitu Universal Product Code dan International Standard Book Number (ISBN). Nomor ISBN biasanya dilisensikan oleh lembaga resmi untuk memvalidasi produk yang dijual di pasar.

Selain untuk melacak kebutuhan produksi dan ketersediaan retail, barcode juga bisa digunakan untuk keperluan pribadi. Seperti barcode yang digunakan untuk menandai barang yang akan dijual atau barang koleksi untuk membantu kamu mengidentifikasi barang tertentu.

Membuat Barcode Online di barcode.gs1us.og

Membuat barcode di web bisa digunakan dalam bisnis karena harus menggunakan kode identifikasi resmi. Membuat kode batang resmi untuk bisnis kamu melibatkan beberapa langkah. Pertama buat nomor ID UPC/ISBN untuk produk. Kamu dapat membuat nomor UPC/ISBN yang diawali dengan nomor yang sama dan diakhiri dengan nomor yang berbeda.

Selanjutnya, buka barcode.gs1us.og untuk mendapatkan UPC kamu. Setelah informasi produk dimasukkan dengan detail, kode UPC akan diberikan. GS1 Jika perlu, kamu memiliki sertifikat resmi yang akan membantu kamu membuat barcode digital.

Ketiga, kamu bisa mendapatkan kode batang ISBN dengan membuka isbn.org. Situs web memungkinkan kamu untuk meminta nomor ISBN individu, memblokir penerbit ISBN, atau nomor ISBN tambahan. Di sini kamu dapat meminta ISBN dari organisasi bernama Browser untuk memverifikasi bisnis kamu. Setelah ISBN dikirimkan, ISBN dapat digunakan di produkmu.

Membuat Barcode melalui Excel

Cara membuat barcode di Excel jadi alternatif lain bagi kamu yang ingin langsung mencetak dan menempel kode bar di barang. Metode ini juga cocok buat kamu yang menginginkan proses pencetakan secara langsung.

Berikut langkah-langkah membuat barcode di Excel:

  • Buka browser dan ke situs idautomation.
  • Pilih menu Font Tools di beranda.
  • Pilih Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Access & Word.
  • Klik tombol merah Download.
  • Simpan file yang diunduh ke komputer.
  • Buka file Barcodefunctions.zip untuk diekstrak.
  • Buka Microsoft Excel dan pilih menu Tools.
  • Cari menu Macro dan pilih Visual Basic Editor.
  • Klik menu File dan pilih menu Import File.
  • Buka browser untuk menavigasi ID Automation.
  • Cari file makro IDautomation.bas dan buka di browser.
  • Uji barcode dengan cara mengetik nomor di sel A1.
  • Pada sel sebelahnya, ketik fungsi barcode.
  • Ketik =Code128(A1) di sel B2 dan Enter.
  • Barcode akan ditampilkan pada sel B2.

Menggunakan Aplikasi Barcode Generator

Cara membuat barcode gratis juga bisa kamu lakukan secara mudah dengan menggunakan perangkat smartphone saja. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi yang ada di Google Play.

Berikut langkah-langkah membuat barcode dengan HP Android:

  1. Download dan install aplikasi Barcode Generator
  2. Buka aplikasi dan pilih menu Add Code.
  3. Pilih jenis barcode yang ingin dibuat.
  4. Pilih opsi tipe barcode.
  5. Ekspor barcode dan simpan di HP.

TEC-IT

TEC-IT menawarkan pembuatan kode batang gratis dengan berbagai simbol. Faktanya, pembuat kode batang online gratis TEC-IT lebih dimaksudkan untuk memamerkan fungsionalitas TbarCode SDK-nya, yang dapat memudahkan bisnis untuk membuat dan mencetak kode batang, dan bagi pengembang untuk menambahkan fungsi kode batang ke aplikasi mereka untuk integrasi.

Namun, kamu dapat menggunakannya untuk menghasilkan kode batang secara gratis. Generator barcode TEC-IT online gratis ini tersedia di https:
//barcode.tec-it.com/en.

Seperti yang telah disebutkan, TEC-IT menawarkan banyak jenis simbologi. Selain itu, TEC-IT juga menawarkan pembuatan barcode dua dimensi, seperti kode QR. Setelah memilih jenis dan simbologi, masukkan informasi dan buat kode batang; kamu dapat mengunduh kode batang ke komputer yang akan digunakan.

Kamu juga dapat mengatur resolusi, "width" dan format file dari gambar barcode ini.

Scandit

Scandit adalah perusahaan yang menawarkan perangkat lunak visi komputer yang memungkinkan, antara lain, pemindaian kode batang. Pembuat barcode online gratis Scandit tersedia di www.scandit.com/barcode-generator.

Generator barcode online gratis Scandit sendiri berfokus pada alias simbolik tertentu, tidak sebanyak beberapa situs yang disebutkan sebelumnya. Namun, simbolisme yang ditawarkannya sangat populer.

Menggunakan Scandit juga pasti lebih nyaman. Alasannya adalah tidak hanya mendukung simbologi yang lebih sedikit, tetapi generator kode batang online gratis ini juga menawarkan opsi yang sangat besar. Kamu hanya bisa mengatur ukuran barcode yang berupa skala persentase.

Misalnya, jika kamu ingin mendapatkan gambar barcode yang lebih besar, kamu dapat memasukkan beberapa ratus persen. Seperti barcode, untuk mengunduh gambar barcode yang relevan, kamu harus mengklik kanan dan menyimpannya sebagai Save As.

itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu coba untuk membuat barcode, tertari pakai yang mana ?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again