Categories

Misc

Aplikasi PopClip Hadirkan Action Menu iOS di Mac OS X

Aditya Daniel - 23 October 2014

Bagi yang sehari-hari menggunakan iOS tentu tak asing lagi dengan action menupop-up yang hadir setelah kita menyeleksi sebuah teks.

Action menu dapat berisi berbagai macam perintah, mulai dari yang umum seperti copy, paste, hingga define dan search sebuah arti kalimat menggunakan Safari. Kini, di Mac OS X, terdapat sebuah aplikasi yang mempunyai fungsi serupa bernama PopClip yang dapat dibeli langsung dari situsnya ataupun dari Mac App Store seharga 4.99$.

Meski menawarkan fungsionalitas yang sama dengan action menu bawaan iOS namun PopClip jauh lebih fleksibel serta mendukung banyak fitur berka hadirnya extension yang menanbah fungsionalitasnya.

Extensions ini dapat diunduh gratis dari website PopClip dan menawarkan berbagai fitur, mulai dari konversi dari teks yang diseleksi hingga mendukung pembagian teks secara cepat melalui Tweetbot, Twitter di Mac OS X ataupun menyimpannya dalam Evernote atau aplikasi jurnal harian seperti Day One.

Extensions PopClip sendiri jumlahnya sudah mencapai puluhan. Berkat beragam extensions inilah PopClip jadi salah satu aplikasi yang mendukung produktivitas penggunanya. Menghemat waktu serta menjadikan pengalaman bekerja menggunakan OS X jadi jauh lebih menyenangkan.

Pada halaman Githubnya, pengembang PopClip menyediakan dokumentasi serta sumber kode dari semua extensions yang ada sehingga pengembang dapat menciptakan extensions-nya sendiri.

 

Info menarik: 5 Aplikasi iOS Pilihan Untuk Menemani Traveling

 

Pengaturan aplikasinya pun sederhana, PopClip menyediakan pengaturan urutan extensions yang telah diinstal dan menghapusnya jika dirasa tak lagi perlu. Selain itu, fitur excluded app juga disediakan sehingga PopClip tak akan berjalan di aplikasi yang telah dipilih pengguna.

Meski hampir dapat berjalan di semua aplikasi Mac OS X, namun terdapat beberapa aplikasi yang tak mengizinkan PopClip bekerja sebagaimana fungsinya, antara lain Adobe Reader, Adobe Indesign, iBooks, Things bahkan Microsoft Office Power Point 2011.

Meski terbilang sederhana namun kemampuan yang ditawarkan PopClip sepadan dengan harga yang ditawarkan. Bagaimana menurut Anda? Apakah PopClip berguna untuk menambah produktivitas pemiliknya? Sampaikan pendapat di kolom komentar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter