1. DScovery

8 Aplikasi Scanner Terbaik Untuk Memudahkan Dalam Mengelola File 2023

Ketika kamu melihat bahwa segalanya serba "digital" hari ini, semuanya dapat dilakukan secara fleksibel. Sama halnya dengan dokumen.

Semuanya sangat lebih simpel hari ini. Smartphone dengan segala kecanggihannya dapat membuat hidup manusia menjadi lebih mudah.

Misalnya, sekarang kamua tidak perlu pergi ke warnet untuk memindai file-file penting. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi scanner di ponselmu dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Benarkan? Tapi apakah kamu sudah punya aplikasi scanner? Tenang saja, Dailysocial.id telah menyediakan beberapa rekomendasi scanner terbaik untuk diunduh.

Gulir ke bawah dan selamat menikmati bacaanya!

1. CamScanner

Google Play Store

CamScanner merupakan aplikasi scanner yang populer dan terbaik. Pasalnya, selain kemudahan penggunaannya, fungsi yang ditawarkan juga sangat berbeda.

Mulai dari memilih jenis dokumen yang akan dipindai, kebebasan untuk menyesuaikan ukuran sebelum memindai, dari efek yang dapat memastikan visibilitas dokumen yang jelas, hingga pilihan format dokumen.

Sayangnya, aplikasi ini memiliki batasan penggunaan jika kita menginginkan dokumen tanpa watermark.

Untuk itu, kamu dapat berlangganan dengan membayar sejumlah uang. Tetapi hal-hal yang ditawarkan sepadan dengan uang yang dikeluarkan.

2. Adobe Scan

Google Play Store

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu coba adalah Adobe Scan. Adobe Scan dirilis pada 31 Mei 2017 dan berhasil mendapatkan lebih dari 10 juta unduhan.

Dengan Adobe Scan kamu dapat memindai dokumen apa pun dan kemudian menyimpannya dalam format PDF di perangkat mu. Dan filenya juga dapat dibagikan!

Fitur unik lain dari Adobe Scan adalah kemampuan untuk memilih teks. Dengan teknologi Adobe Sensei, fungsi ini tidak hanya digunakan untuk memindai dokumen, tetapi juga untuk menginterpretasikan data dan membuat kontak baru.

3. Turbo Scan

Google Play Store

TurboScan dapat diunduh secara gratis dari App Store dan Google Play Store. Selain kemudahan penggunaan, proses pemindaian juga cepat.

Hasil scan dokumen juga sangat akurat. Aplikasi ini bisa menjadi pilihanmu jika kamu masih kesulitan memindai dokumen. Aplikasi ini juga menawarkan fitur pengeditan dokumen untuk menyederhanakan kesalahan pemindaian.

TurboScan tersedia dalam dua versi. Yang pertama adalah versi gratis, yang dapat diunduh dan digunakan secara bebas. Lalu ada versi Pro dengan fitur yang lebih luas. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

4. Microsoft Office Lens

Google Play Store

Selanjutnya, kamu dapat mengunduh Microsoft Office Lens. Office Lens memungkinkan mu mengonversi gambar ke file PDF, Word, dan PowerPoint.

Bahkan, kamu bisa menyimpan hasilnya ke OneNote atau OneDrive. Microsoft sengaja mengintegrasikan fitur-fiturnya agar nyaman bagi pengguna.

Selain itu, teks yang dipindai secara otomatis dikenali oleh teknologi OCR. Ini memungkinkan kita untuk mencari kata-kata dalam gambar dan kemudian menyalin atau mengeditnya.

Tidak mengherankan jika Office Lens dinobatkan sebagai Aplikasi Terbaik Google Play 2015 di AS dan Puerto Riko, menurut situs web Pluto Tech.

5. Clear Scanner

Google Play Store

Aplikasi ini cukup terkenal di antara scanner lainnya. Ini dibuktikan dengan rating yang tinggi di App Store. Sejauh ini, Clear Scanner telah diberi peringkat 4,9 bintang dari 5.

Fitur Clear Scanner gratis dan mudah digunakan. Meski ada pilihan berbayar dengan fitur yang lebih lengkap, rasanya sangat cocok untuk keperluan kerja atau pendidikan.

Nilai plusnya adalah dokumen yang dipindai tidak mengandung watermark. Dengan kata lain, dokumen gratis dan bersih untuk diunduh tanpa tambahan teks atau logo.

6. Notebloc PDF

Google Play Store

Notebloc PDF tidak jauh berbeda dengan aplikasi scan lainnya karena juga dapat digunakan untuk memindai file atau dokumen penting.

Dengan aplikasi ini kamu dapat memindai dokumen, catatan, bahkan sketsa dan gambar. Hasil akhir dapat disimpan dalam format PDF atau JPEG.

Pemindaian dengan Notebloc cukup memuaskan. Kamu dapat memotong (crop) gambar dengan tepat.

Bayangan yang dibuat saat memotret dokumen juga menghilang. Selain itu, gambar yang sebelumnya gelap dan bengkok menjadi terang dan lurus dengan aplikasi Notebloc PDF.

7. Abby FineReader

Google Play Store

Aplikasi ini adalah scanner komputer. Kompleksitas fungsinya sangat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Abby FineReader dikenal hadir dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition). Teknologi ini memungkinkan scanner untuk membaca dokumen secara detail dan akurat.

Selain itu, format dokumen juga bisa diubah setelah dipindai. Keuntungannya justru terletak pada fakta bahwa sejumlah besar dokumen dapat dikonversi pada saat yang bersamaan.

Abby FineReader terbukti bagus dan menerima banyak ulasan. Sebagian besar menjadikannya aplikasi pemindai yang unggul dibandingkan dengan aplikasi lain.

8. Scanbot

http://scanbot.io

Bagi pengguna iOS tidak perlu khawatir! Kamu dapat mengunduh aplikasi Scanbot dari AppStore.

Scanbot menjanjikan kualitas pemindaian yang sangat baik, kemampuan mengenali teks, antarmuka yang elegan namun sederhana, dan berbagai opsi berbagi, menurut laman Make Tech Easier.

Dengan Scanbot kamu dapat dengan tepat memotong hasil pemindaian, mengedit dokumen, memutar dan memberi nama file. Hasilnya dapat disimpan dalam format PDF, JPEG atau TXT. Ada juga pengenalan teks otomatis dalam 60 bahasa.

Di atas adalah beberapa aplikasi scanner terbaik, beberapa di antaranya bisa digunakan di ponsel dan komputer. Masing-masing memiliki kelebihan dan dapat dipilih sesuai dengan preferensi pengguna. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again