Apple Resmikan Dua Tablet Baru, iPad Pro dan iPad Mini 4

Apple Resmikan Dua Tablet Baru, iPad Pro dan iPad Mini 4

ipad pro_featured
ipad pro_featured

Bersamaan dengan diungkapnya duo iPhone 6s, Apple membuat gebrakan lain dengan memperkenalkan tablet model barunya, iPad Pro.

Seperti dikatakan oleh sejumlah rumor, iPad Pro merupakan tablet terbesar yang pernah dibuat oleh Apple. Layarnya berukuran 12,9 inci, bisa dibilang ini adalah versi lebar dari iPad yang kita lihat saat ini. Hanya saja Apple mengimbanginya dengan menambahkan komponen prosesor yang juga lebih cepat.

Kehadiran layar lebar menuntut Apple untuk membenamkan resolusi yang memadai, untungnya hal itu bukan masalah besar dengan adanya resolusi 2732 x 2048 piksel dan kepadatan 264ppi. Bahkan demi menyempurnakan kualitas tampilan tablet, Apple dikatakan mengadopsi teknologi dari ilayar Mac with Retina 5K, dan ini adalah yang pertama diterapkan oleh Apple, memungkinkan perangkat untuk memberikan detail layar tapi di saat bersamaan melakukan penghematan daya.

ipad pro_1

Tadi sudah disinggung soal performa, iPad Pro juga memperoleh amunisi berupa chip terbaru, A9X yang mampu menggenjot perangkat 1.8 kali lebih bertenaga ketimbang iPad Air. Selaras dengan peruntukannya, iPad Pro diklaim memiliki performa sebaik desktop namun dapat digenggam dan mampu bertahan selama 10 jam. Ukurannya pun hanya terpaut tipis dengan iPad Air, 6,9mm berbanding 6,1mm serta bobot 713 gram berbanding 437 gram dengan iPad Air 2.

Di samping peningkatan layar, daya gedor dan daya tahan baterai, Apple juga meletakkan komponen kamera 8MP di bagian belakang dan 1,2MP di bagian depan. Kemudian sensor sidik jari di tombol Home, Siri dan tentu saja bekal sistem operasi iOS 9.

Info Menarik:Diklaim Sebagai yang Terbaik, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Resmi Diperkenalkan

Smart Keyboard

smart keyboard_ipad pro

Tak kalah penting, Apple juga melepas sebuah alat tambahan baru yang dinamai Smart Keyboard untuk iPad Pro. Tak sulit menerka apa fungsinya, seperti yang ada di tablet Microsoft Surface, keyboard ini terhubung ke konektor magnetic di sisi tablet. Fungsinya untuk memudahkan pengguna saat harus mengetik dokumen atau laporan akhir tahun.

apple pencil ipad pro

Tapi Smart Keyboard bukan satu-satunya teman duet iPad Pro, ada lagi alat tambahan lain yang dinamai Apple Pencil. Seperti yang ada di bayangan Anda, Apple Pencil dapat digunakan untuk menggambar di dalam aplikasi seperti Mail dan Notes atau aplikasi pihak ketiga misalnya Microsoft Office.

Untuk pengoperasiannya, pensil ini ditenagai baterai yang dapat berfungsi penuh selama 12 jam tanpa henti. Saat dayanya mulai menipis, pensil dapat langsung diisi ulang di iPad Pro.

Info Menarik:Apple Watch Kini Hadir dalam Sentuhan Mewah Hermes dan Disertai OS Baru

Ipad Mini 4

ipad-mini-4-201509-gallery3

Tak berhenti di situ, selain mengungkap iPad Pro, Apple juga mengumumkan tablet baru iPad Mini 4 yang dapat jatah waktu tak banyak, tapi kehadirannya cukup dinanti mengingat iPad Pro menawarkan spek yang jauh berbeda.

iPad Mini 4 memperoleh sejumlah perubahan positif, di antaranya ketebalan yang dipangkas menjadi 6,1mm. Sehingga secara otomatis mengurangi bobotnya menjadi 298,8 gram untuk varian WiFi dan 304 gram untuk varian LTE. Tablet tetap menggunakan layar IPS 7,9 inci dengan resolusi 2048 x 1536 piksel, kamera iSight 8MP dari iPad Air 2 dan 1,2MP FaceTima kamera jadi tambahan lainnya.

ipad-mini-4-201509-gallery4

Spesifikasi di atas barangkali sudah ada di bayangan para fans, tapi ada satu hal yang mungkin tak diduga. Fakta bahwa iPad Mini 4 ternyata menggunakan chipset A8 plus co-processor M8 sebagai jantung utamanya mungkin akan mengecewakan sejumlah fans. Harapannya paling tidak Apple menggunakan A8X seperti yang ada di iPad Air 2.

Harga dan Ketersediaan

iPad Pro terdiri dari dua model, WiFi dan WiFi + seluler. Varian WiFi dengan kapasitas 32GB dihargai $799, dan model 128GB dibanderol $949. Sementara varian WiFi + seluler hanya tersedia dengan 128GB memori seharga $1079. Tablet bongsor ini dijadwalkan rilis pada bulan November mendatang.

iPad Mini 4 punya varian yang lebih beragam. Varian dengan fitur WiFi dibanderol mulai dari $399, sementara varian WiFi + seluler mulai $529.

Sumber berita Apple iPad Pro dan iPad Mini 4.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…