1. DScovery

Artikel: Pengertian, Tujuan dan Manfaat, Jenis, Hingga Contohnya

Artikel itu apa, sih? Dari kita mungkin memahami kalau artikel adalah salah satu bentu karya tulis. Namun rasanya belum lengkap kalau belum tahu tujuan, ciri, dan contoh artikel itu seperti apa. Makanya silahkan cek tulisan ini untuk info selengkapnya!

Artikel merupakan salah satu jenis bacaan yang terdapat di berbagai media seperti majalah, surat kabar dan media online. Setiap artikel yang diterbitkan memiliki tujuannya masing-masing, sehingga artikel dapat dibagi menjadi beberapa jenis dan memiliki karakteristiknya masing-masing. Yuk cari tahu pengertian, tujuan, sifat, struktur dan contoh artikel dari penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Artikel?

Suatu artikel dapat dipahami sebagai rangkaian atau esai berbasis fakta dan opini yang diterbitkan di media, baik itu media cetak, media online, bahkan saat ini banyak artikel yang diunggah ke media sosial. Tujuan dari penulisan artikel itu sendiri sebenarnya untuk menyampaikan suatu gagasan yang memuat data dan fakta. Ide-ide dalam artikel pada akhirnya dapat mendidik, menghibur, dan menyarankan hiburan bagi para pembaca.

Juga subjek, topik atau ide artikel dapat disajikan dalam bentuk opini. Pendapat ini biasanya digunakan untuk menanggapi suatu permasalahan di masyarakat dan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Saat menulis artikel, harus diperhatikan bahwa semua pendapat dan solusi yang disajikan harus berbeda dari fakta dan informasi yang akurat sehingga kebenaran artikel dapat diverifikasi.

Tujuan Artikel

Tujuan artikel itu sendiri dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu tujuan penulis artikel dan tujuan pembaca. Berikut penjelasan dari dua tujuan bagian tersebut, antara lain:

1. Tujuan atau manfaat penulis artikel adalah sebagai berikut:

a) Sarana untuk menyampaikan pikiran

B. Sarana berpikir sistem,

C. Sarana publikasi hasil pemikiran ilmiah,

D. Sarana untuk menggambarkan atau mendiskusikan topik yang diidentifikasi oleh peneliti,

E. Sarana untuk menjelaskan atau mendiskusikan suatu masalah dalam kaitannya dengan bidang keahlian tertentu.

2. Tujuan atau manfaat yang dapat diperoleh pembaca artikel sebagai berikut:

A. Sarana untuk memperoleh pengetahuan dan informasi

B. sumber daya pendidikan

C. Hiburan untuk pembaca

Ciri-ciri Artikel

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan suatu artikel, kamu juga harus mengetahui ciri-ciri artikel.

Ciri-ciri artikel adalah sebagai berikut:

• Artikel cenderung koheren, jelas, ringkas dan lengkap.

• Isi artikel didasarkan pada fakta.

• Artikel bersifat informatif dan faktual, yaitu mengungkapkan informasi berbasis penelitian yang dapat dipertimbangkan.

• Artikel yang berbentuk opini atau analisis harus berdasarkan fakta dan informasi yang valid.

• Bahasa yang digunakan dalam artikel adalah bahasa baku atau bahasa resmi.

• Kalimat yang digunakan dalam artikel sederhana, logis, denotatif dan efektif.

• Penulisan artikel dilakukan secara sistematis sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami isi artikel.

Struktur Artikel

Secara umum, struktur artikel terdiri dari tiga bagian, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Penjelasan tentang struktur artikel adalah sebagai berikut:

1. Bagian Pembukaan

Bagian awal artikel membahas pengenalan atau pengenalan isi artikel yang bersangkutan.

2. Isi Konten

Bagian isi artikel berisi uraian tentang topik utama yang dibahas dalam artikel.

3. Bagian Akhir

Bagian akhir artikel adalah kesimpulan, yang berisi kalimat-kalimat kunci yang merangkum pembahasan secara singkat, padat dan jelas.

Jenis Artikel

Secara umum, artikel dapat diklasifikasikan menjadi lima jenis. Deskripsi lengkap tentang jenis artikel adalah sebagai berikut:

1. Artikel Naratif

More Coverage:

Jenis artikel pertama adalah artikel naratif. Artikel naratif adalah jenis artikel komunikasi yang isinya secara sistematis atau lancar menceritakan tentang rangkaian peristiwa.

Isi artikel naratif lebih banyak data daripada analisis. Tujuan artikel adalah memberikan informasi tentang peristiwa seolah-olah pembaca pernah melihat atau mengalami peristiwa yang dikisahkan. Contoh artikel naratif adalah biografi, otobiografi, dan pengalaman.

2. Artikel Deskripsi

Jenis artikel lainnya adalah artikel deskriptif. Makalah deskriptif adalah karya ilmiah yang menjelaskan masalah sosial dengan menawarkan penjelasan dan solusi yang mungkin. Untuk elaborasi tertulis untuk mengembangkan menggunakan referensi atau referensi.

3. Artikel Eksposisi

Jenis artikel ketiga adalah artikel eksposisi. Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang isinya menjelaskan suatu topik atau memberikan informasi tentang suatu topik untuk menambah pengetahuan pembaca. Artikel ini biasanya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

4. Artikel argumentatif

Jenis artikel keempat adalah artikel argumentatif. Artikel argumentatif adalah karangan yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan menyajikan data/fakta sebagai argumentasi. Artikel argumentatif biasanya berisi pendapat dan informasi serta fakta untuk mendukung pendapat tersebut.

5. Artikel Persuasi

Jenis artikel kelima adalah artikel persuasif. Tujuan penulisan artikel adalah untuk mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu yang penulis rekomendasikan. Artikel jenis ini biasanya digunakan dalam kampanye di bidang-bidang seperti politik, pendidikan, periklanan, atau propaganda.

Contoh Artikel

Sumber: Scribd

Setelah mengetahui pengertian hingga jenis artikel yang ada. Berikut beberapa contoh artikel yang bertemakan tentang pendidikan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again