1. DScovery

Contoh Artikel dalam Berbagai Jenis beserta Penjelasannya

Ada berbagai contoh artikel yang dapat kamu lihat di tulisan ini!

Menulis artikel merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang untuk mengekspresikan kebebasan. Hal ini dikarenakan penulis dapat menyampaikan kreatifitas, ide atau gagasannya kepada orang lain melalui contoh artikel yang telah ditulisnya.

Juga topik dari artikel yang dihasilkan dapat bervariasi, misal Kesehatan, Pendidikan, Sains dan Budaya Populer. Topik tergantung pada keinginan penulis dan tujuan penulisan artikel. Formatnya juga bervariasi, misal artikel pendek 300 kata dan artikel panjang lebih dari 1.000 kata.

Kamu ingin menulis dan butuh referensi contoh artikel yang bagus, benar dan menarik? Jangan khawatir, kali ini kamu akan membagikan contoh artikel yang berbeda-beda tergantung topiknya, yang bisa membantu dalam penulisan nanti. Silahkan simak tulisan di bawah ini!

Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah karya ilmiah yang di dalamnya disajikan fakta umum dan ditulis dengan ejaan yang baik dan benar. Artikel ilmiah juga dapat diartikan sebagai penelitian ilmiah yang penyajiannya dipersingkat atau dipadatkan.

Secara umum struktur artikel ilmiah terdiri dari 10 bagian utama, yaitu judul, baris kepemilikan, abstrak, kata kunci, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka. Semua konten yang ada juga menggunakan informasi yang valid dan bertanggung jawab.

Sumber: Scribd

Contoh Artikel Populer

Artikel populer adalah karya tulis yang berisi rangkuman artikel ilmiah yang disajikan dalam bahasa sederhana. Perubahan gaya penulisan ini berguna untuk memperluas wawasan pembaca hingga mencakup orang awam, bukan hanya kalangan akademisi.

Bedanya kemudian artikel ilmiah ditujukan untuk kepentingan akademis atau resmi. Pada saat yang sama, barang-barang populer melayani khalayak atau masyarakat. Itu sebabnya artikel populer disederhanakan agar lebih mudah dipahami.

Sumber: ResearchGate

Contoh Artikel Menarik

Menulis artikel yang menarik itu sulit. Banyak hal yang harus dilakukan dalam menulis. Misalnya tentang pilihan ide, judul, struktur kalimat dan bahasa dan masih banyak faktor lainnya.

Jika pembaca senang dengan topik dan tulisan yang “mengalir”, ini bisa menjadi ukuran bahwa artikel yang kamu tulis menarik karena bisa membuat orang senang membacanya. Tidak ada batasan pada topik atau topik itu sendiri.

Sumber: Academia.edu

Contoh Artikel Pendek

Seperti disebutkan sebelumnya, menulis artikel bisa panjang dan pendek. Kamu bisa melihat contoh artikel pendek seperti gambar di bawah. Jumlah kata tidak terlalu panjang, hanya sekitar 300 kata.

Selain itu, bahasa tulisannya mudah dipahami dan membuat pembaca senang membaca. Teknik penulisannya juga tidak terlalu sulit. Yang terpenting kalimat atau bahasa yang digunakan harus ringan, padat dan jelas terbaca.

Sumber: Scribd

Contoh Artikel Jurnal

Artikel jurnal adalah tulisan yang berisi artikel informatif dan ilmiah tentang suatu topik dan diterbitkan secara teratur. Umumnya, artikel jurnal digunakan untuk keperluan atau kebutuhan akademik. Format artikel jurnal sendiri biasanya terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan dan daftar pustaka.

Artikel jurnal yang baik setidaknya harus memenuhi beberapa kriteria. Di antaranya, misalnya memenuhi prinsip-prinsip keilmuan yang dapat didemonstrasikan kepada masyarakat, diterbitkan oleh lembaga yang kredibel, memiliki dewan atau redaktur, dikelola secara profesional, menggunakan bahasa yang baik, termasuk bahasa internasional. Itulah beberapa ciri artikel jurnal yang baik.

Sumber: Scribd

Contoh Artikel Kesehatan

Obyek kesehatan meliputi “kesejahteraan” fisik, mental dan sosial yang memungkinkan manusia hidup produktif secara sosial dan finansial. Oleh karena itu, artikel kesehatan harus menyertakan perawatan kesehatan bagi pembaca untuk mengatasi segala risiko kesehatan yang mungkin mereka hadapi.

Karena kesehatan sangat penting bagi kehidupan manusia. Sehingga saat tubuh sehat, kita bisa melakukan berbagai aktivitas produktif. Selain itu, artikel kesehatan biasanya memuat saran bagaimana memulai gaya hidup sehat dan menerapkan kebiasaan baik agar terhindar dari berbagai penyakit.

Sumber: Scribd

Contoh Artikel Opini

Artikel Opini berisi opini, gagasan, pemikiran atau kritik terhadap isu-isu yang sedang berkembang di masyarakat. Artikel opini biasanya ditulis dalam bahasa ilmiah populer dan tentu saja dipertimbangkan. Juga proses produksi harus memperhatikan dengan informasi yang benar.

Misalnya, mulailah dengan menentukan topik. Umumnya, hal ini disebabkan sensitivitas isu-isu terkini di masyarakat. Lalu ada pro dan kontra. Maka strukturnya benar-benar bisa dimengerti. Biasanya, struktur opini dimulai dengan opini atau topik yang sedang dibahas. Ini diikuti oleh bagian argumentatif yang menyajikan pendapat tentang topik yang diangkat.

Sumber: Scribd

Contoh Artikel Komunikasi

More Coverage:

Kita berkomunikasi setiap hari, baik komunikasi antarpribadi maupun komunikasi internal hingga komunikasi antarbudaya. Komunikasi antar budaya adalah proses pertukaran ide dan makna antara orang-orang yang budayanya tidak sesuai, atau komunikasi antara orang-orang dari negara yang berbeda.

Jika kamu menulis artikel tentang komunikasi antar budaya, kamu harus terlebih dahulu mencari tahu apa arti komunikasi antar budaya. Kemudian dijelaskan pengertian komunikasi antar budaya. Juga, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menulis artikel ini. Ini termasuk mengetahui etika budaya lain, menghindari penggunaan kata-kata slang atau gaul, dan menggunakan bahasa lain yang mudah dimengerti dan dipahami.

Artikel komunikasi antar budaya biasanya ditulis oleh para profesional komunikasi yang menyelidiki gaya, bahasa, dan strategi komunikasi orang-orang dari budaya yang berbeda. Ini adalah salah satu karya ilmiah yang sangat bermanfaat untuk mengembangkan atau mengenal bahasa daerah.

Sumber: Scribd

Nah, demikianlah contoh artikel dari berbagai jenis yang bisa menambah pemahaman kamu tentang artikel.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again