1. DScovery

Assessment: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Pada dasarnya, assessment adalah serangkaian tes yang digunakan untuk mengukur kompetensi karyawan.

Assessment merupakan istilah yang banyak digunakan saat perusahaan sedang merekrut karyawan baru atau mempertimbangkan seorang karyawan untuk naik jabatan. Secara sederhana, assessment adalah serangkaian tes yang diberikan untuk menguji layak tidaknya mereka.

Nah, kali ini DailySocial.id akan menjelaskan mengenai pengertian, jenis, fungsi dan manfaat assessment terutama bagi perusahaan.

Pengertian Assessment

Assessment adalah serangkaian tes yang diberikan oleh perusahaan untuk menilai layak tidaknya seorang karyawan atau calon karyawan. Assessment biasanya dilakukan dalam periode waktu tertentu untuk kemudian hasilnya dimasukkan ke dalam bentuk laporan yang berisi keputusan akhir.

Assessment juga sering digunakan dalam bidang pendidikan, di mana assessment diharapkan dapat memberikan feedback kepada pengajar maupun peserta didik. Bentuknya sendiri dapat berupa tes tertulis maupun lisan atau juga berupa aktivitas fisik di tempat yang telah ditentukan.

Fungsi Assessment

Assessment terdiri atas lima macam fungsi, antara lain:

1. Fungsi Formatif

Fungsi formatif merupakan fungsi yang digunakan untuk memberikan feedback kepada pimpinan perusahaan untuk memperbaiki kinerja dan meningkatkan progres kerja bagi sejumlah karyawan agar kembali produktif.

2. Fungsi Sumatif

Fungsi sumatif sendiri bertujuan untuk menentukan nilai dari hasil pekerjaan setiap karyawan. Nilai yang diperoleh karyawan nantinya akan dimasukkan ke dalam sebuah laporan untuk mengetahui layak atau tidaknya ia dalam melaksanakan pekerjaannya.

3. Fungsi Diagnosis

Fungsi diagnosis bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan yang dimiliki karyawan. Jika ditemukan kelemahan, maka perusahaan bersama karyawan harus mencari cara untuk mengatasinya.

4. Fungsi Penempatan

Fungsi penempatan dapat menjadi acuan dalam membantu karyawan menentukan penempatan kerja yang tepat agar semakin produktif dalam bekerja.

5. Fungsi Penilaian Keberhasilan

Terakhir, fungsi penilaian kebersihan perusahaan berfungsi ketika seorang karyawan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan mencapai target yang telah ditentukan.

Jenis Assessment

Assessment juga dibagi menjadi beberapa jenis, yakni:

1. Write Assessment

Assessment jenis ini berupa penilaian tertulis yang berisi sejumlah soal yang mengharuskan karyawan untuk menjawabnya dalam kurun waktu tertentu.

2. Performance Assessment

Dalam jenis ini, perusahaan biasanya akan menugaskan karyawan untuk mengikuti tes yang dibuat dalam berbagai situasi tertentu. Nantinya, perusahaan dapat menilai performa hingga sikap karyawan dalam menghadapi situasi tersebut.

3. Skill Assessment

Skill assessment digunakan untuk mengukur kemampuan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaannya. Perusahaan dapat menyeleksi apakah karyawan tersebut memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.

4. Diagnostic Assessment

Assessment ini bertujuan untuk menguji pengetahuan dan keterampilan karyawan yang berkaitan dengan pekerjaannya. Metodenya, perusahaan akan memberikan sejumlah pertanyaan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan yang dimilikinya.

5. Cognitive Assessment

Assessment jenis ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan calon karyawan saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Caranya, perusahaan akan menguji seberapa kritis mereka berpikir hingga mencari solusi ketika menghadapi suatu masalah yang kompleks.

6. Physical Assessment

Sementara assessment jenis ini bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Assessment jenis ini biasa digunakan pada karyawan yang bekerja di lapangan atau yang diwajibkan memiliki kondisi fisik yang prima.

Manfaat dan Tujuan Assessment

Assessment juga memiliki manfaat dan tujuan. Berikut adalah empat manfaat dan tujuan assessment, antara lain:

  1. Untuk meningkatkan relasi antara karyawan dengan perusahaan.
  2. Untuk mengapresasi kinerja karyawan, sehingga mereka menjadi termotivasi untuk bekerja secara lebih baik dan mempertahankan kinerjanya.
  3. Memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan keterampilannya.
  4. Untuk menyesuaikan kebutuhan perusahaan, di mana assessment dapat berfungsi sebagai identifikasi semua rencana pelaksanaan dan kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan karyawan di masa depan.

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai assessment yang telah dirangkum untukmu. Assessment cukup penting untuk diaplikasikan dalam suatu perusahaan, untuk menyeleksi karyawan yang memiliki potensi dalam mendukung produktivitas perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again