1. DScovery

Bancassurance: Pengertian, Sejarah, Aturan, Manfaat, dan Contohnya

Bancassurance adalah bentuk kerjasama antara bank dengan perusahaan yang menghasilkan produk asuransi.

Pernah mendengar istilah bancassurance? Berikut penjelasannya!

Bancassurance merupakan bentuk kerjasama antara bank dengan perusahaan asuransi yang memproduksi produk asuransi. Cara ini memberikan kemudahan dengan menerapkan sistem debit otomatis untuk rekening.

Sebagian dari kamu mungkin masih asing dengan istilah bancassurance. Padahal, fitur ini memiliki banyak manfaat dan kelebihan, lho! Jika kamu tertarik, kita lihat pembahasannya di artikel selanjutnya.

Apa Itu Bancassurance?

Bancassurance adalah program kerja sama antara bank dan perusahaan asuransi. Bank menjual produk asuransi perusahaan asuransi secara langsung kepada nasabahnya, kemudian kedua belah pihak berbagi keuntungan komisi dari penjualan produk asuransi tersebut. Secara finansial, program ini menguntungkan bank dengan menjual produk tambahan kepada nasabah mereka, serta perusahaan asuransi, yang menarik tambahan konsumen langsung dari nasabah bank.

Sejarah Bancassurance

Konsep bancassurance pertama kali ditemukan di Eropa. Sebelum meluas di Eropa pada awal 1990-an, transaksi bancassurance pertama kali didaftarkan di Belgia. Setelah itu, istilah bancassurance mulai digunakan di Perancis pada tahun 1980.

Bancassurance di Eropa bertugas menghasilkan keuntungan yang signifikan di awal penggunaannya. Penawaran produk asuransi melalui bank terbukti efektif dan efisien bagi nasabah.

Berbeda dengan di Eropa, penggunaan bancassurance awalnya tidak diperbolehkan di Amerika Serikat. Hal ini disebabkan adanya regulasi yang melarang bank bekerja sama dengan penyedia jasa keuangan lainnya, termasuk perusahaan asuransi. Namun, setelah peraturan tersebut dicabut, banyak program bancassurance yang diluncurkan.

Aturan Bancassurance

Penyediaan dan penjualan produk asuransi diatur dalam Peraturan No. 23/POJK.05/2015 tentang Jasa Keuangan (POJK). Berdasarkan POJK Bancassurance, pemasaran produk asuransi hanya dapat dilakukan dengan persetujuan terlebih dahulu dari OJK. Dengan POJK Bancassurance, penjualan asuransi dikendalikan secara hukum.

Manfaat Bancassurance

Dengan berkembangnya bancassurance di Indonesia sendiri, program ini mulai digalakkan di beberapa bank yang bekerjasama dengan perusahaan asuransi besar. Tentunya dengan banyaknya keuntungan dari berbagai pihak, bukan tidak mungkin jika ada kecenderungan program investasi yang saling berkaitan.

a. Manfaat Bancassurance bagi Bank

Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh bank dalam program kemitraan perbankan dan asuransi.

1. Memperkuat produk dan meningkatkan pangsa pasar

Dengan fitur tersebut, bank telah mengembangkan produk yang berdiri sendiri untuk meningkatkan kekuatan produk perbankan yang dihasilkan. Dengan demikian, seluruh produk asuransi yang ditawarkan Bancassurance dapat menarik minat pasar dan digunakan untuk meyakinkan nasabah agar membeli produk yang ditawarkan.

2. Meningkatkan pendapatan

Kerja sama ini tentunya merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan bank. Jika banyak nasabah yang membeli produk asuransi yang ditawarkan, bank juga akan mendapat komisi yang lebih besar dari perusahaan asuransi. Oleh karena itu bank tidak hanya penyedia layanan perbankan, tetapi juga broker asuransi langsung.

3. Meningkatkan efisiensi

Bank didukung dalam hal staf dan infrastruktur oleh perusahaan asuransi saat memasarkan produknya. Tentunya jaringan yang luas dan banyak cabang membuat kerjasama menjadi lebih efisien. Perusahaan asuransi juga menggunakan penjamin emisi untuk memasarkan produknya sehingga bank bisa mendapatkan lebih banyak pegawai, namun dengan biaya yang kecil.

4. Peningkatan loyalitas pelanggan

Dengan opsi asuransi ini, nasabah menjadi lebih aktif dalam perputaran uang, misalnya dengan membayar premi asuransi bulanan langsung dari saldo aktifnya. Dengan fitur ini, dana nasabah tetap terisi dan mencukupi untuk membayar premi asuransi setiap bulan dan tercipta hubungan yang lebih harmonis antara nasabah dan bank. Berbeda dengan nasabah yang pasif menunggu bunga dan tidak memiliki tanggungan untuk membayar premi setiap bulan.

b. Manfaat Bancassurance bagi Perusahaan Asuransi

Berikut adalah beberapa keuntungan yang diperoleh perusahaan asuransi dalam program kemitraan bancassurance.

1. Meningkatkan penjualan dan meningkatkan pangsa pasar

Perusahaan asuransi diuntungkan oleh nasabah bank yang sudah memiliki pasar sendiri, sehingga peluang untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar sangat mungkin terjadi. Meski polis yang dijual melalui kerja sama ini relatif rendah, perusahaan asuransi dapat mendorong nasabah untuk meningkatkan nilai polis dengan mengandalkan kepercayaan bank dalam mengelola saldo asetnya.

2. Meningkatkan kualitas produk

Program ini tentunya membuat perusahaan asuransi meningkatkan kualitas produknya. Fungsi-fungsi yang terintegrasi pada bank dan kemudahan pembayaran dengan sistem yang terorganisir telah melahirkan perusahaan asuransi dengan produk-produk berkualitas yang menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah bank.

Adanya jaringan kantor pendukung dan sistem database nasabah memudahkan perusahaan asuransi dalam berbisnis. Kerja sama dengan bank dalam pembayaran komisi juga dapat menghindari penyetoran tidak langsung ke rekening perusahaan melalui perantara yang rentan terhadap pemrosesan data.

3. Penggunaan database pelanggan

Perusahaan asuransi jelas mendapat manfaat dari database pelanggan untuk tujuan pemasaran. Informasi dan data pelanggan yang valid dapat memungkinkan perusahaan asuransi menemukan cara yang efektif untuk lebih spesifik mengiklankan dan memasarkan produk.

c. Manfaat Bancassurance bagi Nasabah

Berikut adalah beberapa keuntungan yang diperoleh nasabah saat memanfaatkan program asuransi bank ini.

1. Kemudian bertransaksi

Tidak diragukan lagi betapa mudahnya nasabah bank untuk membeli produk asuransi dari program ini. Pembelian dapat dilakukan langsung untuk dua kebutuhan sekaligus sesuai prinsip one stop shop, dimana pembayaran tidak harus dilakukan langsung ke bank atau agen asuransi.

2. Minat terhadap asuransi semakin meningkat

Banyak nasabah yang belum memahami pentingnya berinvestasi asuransi. Bahkan jika kamu tertarik dengan asuransi, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum datang ke perusahaan asuransi untuk membeli produk asuransi.

More Coverage:

Namun melalui kerjasama ini, nasabah dapat langsung mendapatkan tabungan asuransi khusus dari saldo aktif atau fungsi debit otomatis untuk membayar cicilan bulanan. Karena kemudahan ini, karena kemudahan diberikan dalam satu sistem, maka kepentingan asuransi menjadi lebih tinggi.

Contoh Produk Bancassurance

PRULink Syariah Care

Untuk kesejahteraan masa depan, kamu dapat memanfaatkan PRULink Syariah Care dari Prudential. Dengan produk ini kamu mendapatkan asuransi cacat seumur hidup dan penuh untuk peserta terdaftar. Selain itu, produk ini juga memiliki nilai tunai dan manfaat asuransi yang dapat diklaim.

PRUCapital Protection

Gunakan PRUCapital Protection untuk mendapatkan perlindungan selama 10 tahun dengan pembayaran premi tunggal. Beberapa fitur yang ditawarkan oleh layanan ini antara lain pengiriman uang, pemilihan jenis reksa dana, penarikan dana dan pembayaran setiap saat.

PREVINAlink Assurance Account

Untuk melindungi keluarga kamu, PREVINAlink Assurance Account dapat menjadi pilihan asuransi yang tepat untuk kamu. Karena dapat menikmati fitur-fitur produk yang meliputi penambahan asuransi tambahan dan pembagian hadiah secara berkala sesuai ketentuan yang berlaku.

Mortgage Reducing Term Assurance Syariah

Bagi mereka yang berusia antara 21 hingga 24 tahun, pilihan asuransi berbasis Prudential Syariah ini merupakan pilihan asuransi yang tepat. Salah satu manfaat dari polis ini adalah waktu perlindungan kepesertaan dan manfaat menerima premi asuransi sesuai ketentuan yang berlaku.

Itu dia penjelasan mengenai bancassurance yang DailySocial.id dapat bagikan. Semoga kamu semakin paham apa itu bancassurance dan apa saja manfaatnya secara mendalam.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again