1. DScovery

Bauran Pemasaran: Pengertian, Strategi dan Contoh Penerapannya

Bauran pemasaran adalah strategi pemasaran dengan menggabungkan beberapa unsur pemasaran untuk meraih target tertentu.

Istilah bauran pemasaran mungkin masih asing bagi sebagian orang. Padahal, bauran pemasaran merupakan salah satu upaya untuk mengatur strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan angka penjualan.

Strategi bauran pemasaran terdiri atas beberapa aspek, seperti produk, harga, promosi dan lokasi. Strategi pemasaran akan sukses apabila berhasil menggabungkan keempat aspek tersebut menjadi suatu kesatuan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan bauran pemasaran dan mengapa bauran pemasaran penting diaplikasikan dalam bisnis? Temukan jawabannya dalam artikel ini.

Pengertian Bauran Pemasaran

Dari laman KEMENKOPUKM, bauran pemasaran atau marketing mix merupakan kumpulan variabel pemasaran yang digabungkan dan dikendalikan oleh sebuah perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan dari target pasar. Sederhananya, bauran pemasaran adalah strategi yang digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan memadukan berbagai aktivitas pemasaran dalam satu waktu.

Bauran pemasaran mengacu pada serangkaian tindakan yang digunakan untuk mempromosikan jasa atau produk yang dijual di pasar. Beberapa aspek yang dikombinasikan meliputi produk, penentuan harga, promosi, serta distribusi.

Unsur Bauran Pemasaran

Konsep bauran pemasaran pertama kali dikemukakan oleh Neil Borden yang terinspirasi dari gagasan James Cullington pada pertengahan abad ke 20. Dalam konsepnya, bauran pemasaran memiliki 4 unsur utama, yakni:

Produk (Product)

Produk merupakan sesuatu yang dijual oleh perusahaan, baik itu jasa, barang, maupun layanan lainnya. Produk yang dijual juga harus sesuai dengan target pasar, agar penjualan produk bisa tepat sasaran dan sesuai ekspektasi.

Harga (Price)

Harga adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh pembeli untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan. Penetapan harga juga tidak boleh sembarangan, tergantung dengan nilai produk yang dapat dirasakn oleh konsumen.

Penetapan harga produk harus sesuai dengan target konsumen. Meski begitu, harga produk yang ditetapkan harus lebih tinggi dari biaya produksi agar perusahaan tetap mendapat keuntungan dan menjaga kelangsungan usahanya.

Tempat (Place)

Unsur tempat mengacu pada lokasi di mana konsumen dapat menemukan, menggunakan, dan membeli produk yang dijual. Selain lokasi fisik, aspek digital juga dapat digunakan sebagai lokasi penjualan, misalnya media sosial, marketplace, website, dan platform digital lainnya.

Promosi (Promotion)

Jika ketiga unsur di atas telah terpenuhi, maka sudah saatnya untuk menerapkan unsur terakhir, yakni melakukan promosi. Promosi merupakan cara untuk mempromosikan suatu produk agar dapat menjangkau target market sehingga menghasilkan penjualan.

Promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai media yang sesuai dengan tujuan pasar, baik itu media konvensional maupun digital. Contoh media konvensional, seperti katalog, brosur, papan reklame, iklan TV, dan lain sebagainya. Sementara contoh media digital seperti, media sosial, website, iklan pay-per-click, dan lainnya.

Seiring dengan perkembangan strategi pemasaran, konsep bauran pemasaran juga diperluas dengan menambah ketiga unsur baru selain unsur di atas. Ketiga unsur tambahan tersebut antara lain, adalah:

People

People meliputi orang-orang yang menjalankan pemasaran, meliputi customer service, staff marketing, staff pengemasan, trainer, dan lain sebagainya. Orang-orang tersebut memiliki tiga aspek utama yang dibutuhkan dalam menjalankan pemasaran, yakni mampu memberikan layanan yang berkualitas, memiliki semangat tinggi, serta terbuka untuk menerima kritik dan masukan.

Process

More Coverage:

Proses merupakan bagaimana produk dapat sampai ke pelanggan. Proses dapat berupa prosedur, alur, atau mekanisme yang perlu dilakukan oleh pelanggan untuk dapat mendapatkan produk tersebut. Oleh sebab itu, proses harus diatur dan diperhatikan agar dapat berjalan selancar mungkin tanpa hambatan.

Physical Evidence

Physical evidence merupakan bukti fisik atas segala sesuatu yang dilihat pelanggan ketika mereka melakukan pembelian. Bukti fisik dapat berupa tanda terima, kwitansi pengiriman, kemasan produk, logo, hingga desain interior toko. Dengan bukti fisik, pelanggan dapat lebih yakin untuk menggunakan produk tersebut.

Manfaat Bauran Pemasaran

Pada dasarnya, bauran pemasaran memiliki manfaat untuk meningkatkan hasil penjualan. Beberapa manfaat lain dari bauran pemasaran adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan efektivitas pemasaran dan laba atas investasi (ROI).
  2. Membangun wawasan yang efektif tentang tren dan variabel masa depan.
  3. Mengelola dan mengalokasikan anggaran yang efektif.
  4. Mengelola kualitas data dari berbagai saluran, sumber, dan sistem.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai bauran pemasaran. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu mengenai bauran pemasaran!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again