MSME Tutorial

Biaya Promosi: Pengertian, Cara Hitung dan Contoh Anggarannya

Penjelasan terkait pengertian, cara hitung dan contoh bentuk anggaran biaya promosi.

Dalam bisnis, promosi diperlukan dalam rangka meningkatkan brand awareness dan penjualan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Promosi tersebut dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan.

Selain itu, promosi juga bertujuan untuk menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan, mendorong pemilihan terhadap suatu produk, mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain, serta menanamkan citra produk dan perusahaan.

Dalam menjalankan kegiatan promosi, perusahaan membutuhkan biaya. Lantas, apa yang dimaksud dengan biaya promosi? Berikut penjelasan terkait pengertian, peran, cara menghitung serta contoh bentuk anggarannya.

Apa Itu Biaya Promosi?

Pada dasarnya, biaya promosi adalah nilai yang dikorbankan atau dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk kepentingan promosi, yang berkaitan dengan pemasaran produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Biaya ini berperan dalam menunjang target penjualan. Biaya yang dikeluarkan untuk promosi, mempertimbangkan antara hasil atau dampak yang ingin diperoleh dengan budget yang dimiliki perusahaan.

Cara Hitung Biaya Promosi

Biaya atau anggaran promosi ditentukan perusahaan dengan cara menjumlahkan seluruh biaya yang dikeluarkan perusahaan selama melaksanakan promosi produk atau layanannya. Biaya tersebut sendiri masuk dalam bagian dari anggaran pemasaran.

Besarannya pun akan bervariasi tergantung pada produk dan situasi pasar. Tidak ada standar terkait besaran pengeluaran maksimal atau minimal yang harus dikeluarkan perusahaan. Total biayanya akan berkaitan dengan jenis dan alat promosi yang digunakan.

Meski begitu, para ahli merumuskan rule-of-thumb yang dapat digunakan sebagai acuan dalam menentukan besaran anggaran perusahaan yang dikeluarkan untuk promosi. Berikut beberapa metode dan pendekatannya:

Marginal Approach

Pada pendekatan dalam menentukan besaran pengeluaran perusahaan satu ini, pengeluaran ideal untuk masing-masing kegiatan promosi dapat ditentukan dengan rumus MR=MC (marginal revenue = marginal cost).

Breakdown Method

Metode ini terdiri atas beberapa macam pendekatan, antara lain:

  • Percentage of Sales Approach

Pada pendekatan ini, besaran anggaran kegiatan promosi ditentukan berdasarkan persentase penjualan tertentu. Misalnya, dari penjualan tahun lalu, prediksi penjualan tahun depan atau dari harga jual.

  • Affordable Method

Besaran anggaran promosi yang ditentukan berdasarkan metode ini, ditetapkan berdasarkan perkiraan manajemen berdasarkan kemampuan keuangan perusahaan. Dengan kata lain, besarannya bergantung pada budget yang disediakan perusahaan.

  • Return On Investment Approach

Pendekatan ini menganggap biaya yang dikeluarkan untuk promosi sebagai investasi. Oleh karna itu, besaran anggaran promosinya ditentukan dengan membandingkan tingkat return yang diharapkan dan tingkat return yang diinginkan perusahaan.

  • Competitive Parity Approach

Asumsi dari pendekatan ini adalah anggaran promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan harus setara dengan pengeluaran promosi kompetitornya. Biaya promosi antara satu perusahaan dengan yang lainnya merupakan kebijakan kolektif dari suatu industri. Tujuannya agar tidak merubah pangsa pasar.

Build Up Method

Pada metode ini, cara penentuan anggaran promosi yakni dengan menentukan terlebih dulu tugas dan tujuan dilakukannya promosi dari setiap produk beserta biaya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Contoh Bentuk Rincian Anggaran Promosi

Sumber: Aang Munawar, Research Gate (Tinjauan Biaya Promosi dalam Mencapai Target Penjualan, 2014)

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again