Berfungsi lebih dari sekedar coworking space, community builder BLOCK71 diresmikan kehadirannya di Jakarta. Diadaptasi dari kesuksesan BLOCK71 di pusat kewirausahaan Singapura, BLOCK71 Jakarta merupakan fasilitas inkubator dengan luas area 1.500 meter persegi yang terletak di kawasan Kuningan Jakarta.

Berbeda dengan fungsi coworking space yang bisa digunakan oleh semua orang, BLOCK71 mengklaim hanya startup terpilih yang bisa memanfaatkan semua fasilitas di BLOCK71 dan bersifat non-profit.

BLOCK71 Jakarta hadir untuk mendukung inovasi dan pengembangan kewirausahaan di Singapura dan Indonesia, dengan menjadi ecosystem builder dan global connector, yang mengkatalisasi dan menghubungkan para pelaku startup. Konektivitas ini yang kemudian dicoba untuk dihadirkan oleh BLOCk71, sebagai jembatan untuk mempertemukan pelaku startup Singapura dan Indonesia dalam komunitas BLOCK71.

“BLOCK71 Jakarta memungkinkan para wirausahawan dan inovator dari Singapura dan Indonesia untuk bekerja sama dan memanfaatkan pengalaman serta sumber daya NUS Enterprise dan Salim Group,” kata CEO NUS Enterprise Dr Lily Chan.

BLOCK71 Jakarta merupakan kerja sama antara NUS Enterprise dan Salim Group yang nantinya bakal menghadirkan jaringan yang komprehensif, termasuk para investor, mitra usaha, mentor, dan industri. Selain itu NUS Enterprise juga menyelenggarakan berbagai program dukungan inkubasi untuk membantu para wirausahawan memulai dan mengembangkan ide mereka.

“Kami memulai inisiatif ini karena kami ingin mendukung para wirausahawan sekaligus mendorong perkembangan baru di Indonesia. Jaringan dan pengalaman Salim Group akan memfasilitasi masuknya startup dan inovasi ke pasar lokal dan memberi manfaat bagi masyarakat di sini,” kata Direktur Eksekutif Salim Group Axton Salim.

Membuka kesempatan startup Indonesia bergabung

Sejak didirikan pada bulan Maret 2017 saat ini ada lebih dari 20 startup bergabung dengan BLOCK71, separuhnya berasal dari Singapura. Beberapa startup termasuk Carro (dealer kendaraan generasi mendatang dan pemodal otomatis), Viddsee (sebuah platform video online), Circles.Life (operator telekomunikasi digital), HelloBill (startup mobile dengan metode POS), perusahaan pslove (pencipta koyo terapi panas) dan 8villages (portal pemberdayaan masyarakat pedesaan).

Meskipun hanya untuk kalangan terbatas, BLOCK71 masih terus membuka kesempatan untuk startup bergabung dengan mendaftarkan diri menjadi bagian dari komunitas.

“BLOCK71 Jakarta terbuka untuk semua startup dan wirausaha yang ingin menjajaki pasar Indonesia. Secara khusus, kami sangat menyarankan perusahaan yang mengembangkan solusi teknologi inovatif dengan potensi skala global, untuk mendaftar dan bergabung dengan BLOCK71 Jakarta,” tutup Lily Chan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.