1. DScovery

Pengertian Budgeting: Fungsi dan Tujuan, Langkah-Langkah Membuatnya

Budgeting adalah salah satu hal umum dalam menangani masalah keuangan baik dalam bisnis maupun kehidupan pribadi untuk memastikan pengeluaran tidak melebihi pendapatan.

Penganggaran atau budgeting adalah salah satu proses keuangan terpenting yang dapat kamu lakukan. Namun jika kamu belum pernah membuat anggaran atau mengalami semua manfaat yang ditawarkannya, kamu mungkin mempertanyakan mengapa anggaran merupakan aspek penting dalam mengelola keuangan pribadi.

Singkatnya, penganggaran itu penting karena membantu mu mengontrol pengeluaran, melacak pengeluaran, dan menghemat lebih banyak uang.Selain itu, penganggaran adalah proses yang membantumu membuat keputusan keuangan yang lebih baik, mempersiapkan diri untuk keadaan darurat, menghilangkan hutang, dan fokus pada tujuan keuangan jangka panjang.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang budgeting? Berikut pembahasan lengkapnya:

Pengertian Budgeting

Budgeting adalah proses membuat rencana untuk membelanjakan uang. Rencana pengeluaran ini disebut anggaran. Rencana pengeluaran memungkinkan kamu untuk menentukan sebelumnya apakah kamu memiliki cukup uang untuk melakukan apa yang dibutuhkan dan ingin lakukan.

Jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk melakukan semua hal yang ingin dilakukan, kamu dapat menggunakan proses perencanaan ini untuk memprioritaskan pengeluaran dan memfokuskan uangmu pada hal yang paling penting saja.

Jadi budgeting adalah proses memperkirakan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan berdasarkan kemampuan atau anggaran yang ada. Namun perlu diingat di sini adalah jangan memaksakan anggaran yang terlalu tinggi untuk kegiatan operasional yang mahal.

Fungsi dan Tujuan Budgeting

Tujuan keseluruhan dari budgeting adalah untuk merencanakan berbagai tahapan operasi bisnis, mengoordinasikan kegiatan berbagai departemen perusahaan dan mengelolanya secara efektif.

Untuk mencapai tujuan tersebut, budgeting bertujuan untuk mencapai hal-hal berikut:

  1. Memprediksi penjualan masa depan perusahaan, biaya produksi, dan pengeluaran lainnya untuk mencapai tingkat pendapatan yang diinginkan dan meminimalkan potensi kerugian bisnis.
  2. Meramalkan kondisi keuangan perusahaan di masa depan dan kebutuhan dana yang akan digunakan untuk operasi di masa depan dengan tujuan menjaga solvabilitas perusahaan.
  3. Menentukan struktur modal untuk menyediakan dana dengan biaya yang masuk akal.
  4. Mengkoordinasikan upaya berbagai departemen perusahaan menuju tujuan bersama.
  5. Mempercepat efisiensi operasional di berbagai departemen, divisi dan pusat biaya perusahaan. 
  6. Memperbaiki tanggung jawab berbagai kepala departemen.
  7. Untuk mengelola kas, inventaris, dan penjualan perusahaan secara efektif.
  8. Memfasilitasi kontrol terpusat atas bisnismu melalui sistem anggaran.

Langkah-langkah Budgeting

Untuk mencapai budgeting yang hati-hati dan efektif membutuhkan beberapa pertimbangan. Beberapa langkah budgeting sebagai berikut:

  1. Menentukan tujuan

Apa impianmu dalam beberapa bulan atau tahun mendatang? Perhatikan tujuan keuangan yang ingin kamu capai dalam beberapa bulan atau tahun mendatang. Misalnya untuk mengenyam pendidikan atau membeli mobil atau rumah baru. Tuliskan rencana yang paling penting dan realistislah tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya.

  1. Menghitung pendapatan dan pengeluaran

Dalam budgeting, penghasilan bulanan kamu adalah jumlah yang kamu bawa pulang dari setiap gaji dan jumlah lain yang mungkin diterima secara rutin, seperti: pendapatan pekerja lepas, dividen investasi, bunga dan tunjangan anak.

Kemudian tambahkan pengeluaran rutin bulananmu. Ini termasuk perumahan, utilitas, pengasuhan anak, layanan telepon dan internet, bahan makanan, pinjaman mahasiswa, asuransi, transportasi atau perjalanan, dan tagihan rutin lainnya.

Berikutnya adalah pengeluaran diskresioner seperti hiburan, makan di luar, liburan, dan hobi. Ingatlah untuk mempertimbangkan biaya berulang, bukan bulanan, seperti: perawatan mobil, perbaikan rumah, biaya liburan. 

  1. Lihat berapa jumlah yang tersisa

Setelah kamu mengurangi pengeluaran bulananmu dari penghasilan bulananmu, putuskan bagaimana kamu akan membelanjakan uang yang tersisa. Pikirkan kembali tujuan yang  ditetapkan sebelumnya. Kamu dapat menyetor sisa anggaran yang tersedia setiap bulan ke rekening pensiunanmu atau mentransfernya ke rekening tabungan gedung. 

Apa pun yang kamu pilih, membuat anggaran akan membantu kamu mengelola keuangan di masa depan. Jika pengeluaran bulananmu lebih dari pendapatan bulanan biasanya, sebaiknya sesuaikan kebiasaan belanja mu sesuai dengan kemampuan. Tinjau daftar pengeluaran kamu dan lihat apakah kamu dapat memotong beberapa pengeluaran. Misalnya, pergi makan atau mengurangi pengeluaran untuk liburan atau hobi yang mahal.

  1. Memantau anggaran

Memantau anggaranmu penting karena pendapatan, pengeluaran, dan kebiasaan belanja mu berubah seiring waktu. Tujuan keseluruhannya adalah untuk menyadari berapa banyak yang perlu kamu belanjakan daripada mengkhawatirkan menghabiskan semuanya.

Budgeting adalah keterampilan yang dapat digunakan oleh siapa pun yang terlibat dalam perencanaan keuangan. Setelah kamu terbiasa dengan cara menganggarkan, kamu tidak perlu khawatir tentang arus kas di masa mendatang. Itulah ulasan mengenai budgeting. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again