1. DScovery

Call to Action (CTA): Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Call to Action digunakan agar calon konsumen dapat melakukan suatu pembelian.

Bagi kamu yang menggeluti dunia marketing, khususnya digital marketing, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah Call to Action atau CTA. Umumnya, CTA berupa frasa atau kalimat pendek yang persuasif agar audiens melakukan suatu hal, seperti men-download, mendaftar, berlangganan, dan lain sebagainya.

Nah, lalu apa yang dimaksud dengan CTA dan apa saja jenis-jenis, manfaat dan contohnya? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian Call to Action

Call to Action merupakan suatu kalimat pendek yang biasa digunakan dalam digital marketing. CTA biasanya diaplikasikan pada suatu website maupun konten.

CTA bertujuan untuk mendapatkan tanggapan langsung dari target audiens yang dituju. Biasanya, CTA dapat berupa gambar, tulisan maupun ucapan singkat. Agar dapat menarik perhatian audiens, CTA harus dibuat semenarik mungkin.

Jenis-Jenis Call to Action

Lead Generation

Leads merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok orang atau perusahaan yang tertarik dengan produk maupun jasa yang ditawarkan. CTA yang dilakukan pada jenis ini harus terlihat oleh pengunjung website agar lebih efektif.

Event Promotion

Event promotion biasa digunakan untuk meningkatkan kesadaran pengunjung tentang acara yang diselenggarakan. Event promotion dapat kamu letakkan di berbagai tempat di website-mu.

Social Sharing

Social sharing merupakan ajakan untuk membagikan konten dengan menekan tombol sharing pada media sosial. Social sharing bertujuan untuk mengetahui pelanggan yang dapat terlibat dengan brand bisnismu.

Tombol Baca Selengkapnya

Tombol baca selengkanya digunakan untuk mengarahkan audiens pada suatu halaman. Dengan CTA jenis ini, audiens tentunya kan mendapatkan informasi yang diinginkan.

Penawaran Suatu Produk dan Jasa

CTA juga dapat digunakan untuk menawarkan suatu produk, baik berupa barang maupun jasa. Caranya, pengunjung website akan memencet tombol CTA yang digunakan untuk mengetahui berbagai penawaran yang diberikan. Misalnya, tulisan “Buy Now” atau “Download Now”.

Manfaat Call to Action

Adapun beberapa manfaat CTA, antara lain:

Menyederhanakan User atau Buyer Journey

CTA bermanfaat untuk memudahkan calon konsumen dalam melakukan transaksi. Dengan CTA, calon konsumen dapat mengambil keputusan yang cepat dan buyer journey juga akan lebih sederhana.

Menurunkan Angka Bounce Rate

Bounce rate merupakan angka kunjungan pada sebuah halaman yang tidak diikuti dengan langkah apapun. Dengan CTA, kamu bisa menurunkan angka bounce rate karena audiens dapat menghabiskan waktu yang lebih lama pada halaman tersebut.

More Coverage:

Meningkatkan Konversi

CTA juga dapat meningkatkan konversi website, karena banyak audiens yang melakukan klik atau mengisi formulir yang diinginkan.

Menambah Value Konten

Terakhir, CTA juga dapat menambah value dari tujuan konten yang kamu buat. CTA akan membantumu memastikan bahwa konten yang kamu buat sesuai dengan value yang dibutuhkan oleh audiens.

Nah, demikian penjelasan lengkap mengenai Call to Action atau CTA. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu mengenai konsep CTA.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again