1. DScovery

Cara Membuat CV yang Tepat untuk Menarik Perhatian Rekruter

CV memuat riwayat hidup yang penting sebagai bahan pertimbangan penerimaan lamaran kerja

Pada setiap tahap melamar pekerjaan pasti akan diawali dengan pengumpulan administrasi. Dokumen administrasi tersebut menjadi tahap awal yang dilihat rekruter pada setiap pelamar. Salah satunya adalah curriculum vitae (CV), yang memuat riwayat hidup dan menjadi elemen penting dalam rekrutmen pekerjaan.

Atas itulah CV tidak boleh asal dibuat sembarangan. Kamu harus memperhatikan dengan baik elemen-elemen di dalamnya. Jika kamu belum mengetahuinya, tidak usah risau karena Dailysocial.id akan menjelaskannya untukmu berikut ini!

Cara Membuat CV yang Baik dan Tepat

Buat CV singkat, padat, dan jelas

Mengutip The Guardian, CV atau resume yang baik adalah resume yang singkat, padat, dan memiliki outline yang jelas agar tidak membingungkan perekrut. Buat resume kamu sesingkat mungkin, tidak lebih dari 2 halaman.

Masukkan informasi pribadi kamu dengan jelas dan ringkas di setiap bidang. Jika kamu menambahkan deskripsi tentang dirimu, tekankan kelebihan kamu agar tidak terlalu panjang.

Cantumkan pengalaman yang relevan

Cara selanjutnya untuk membuat CV yang menarik adalah dengan mencantumkan pengalaman yang ingin kamu sertakan. Pastikan pengalaman tersebut sangat relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Misalnya, kamu melamar pekerjaan sebagai desainer grafis. Sebelumnya, kamu sempat melakukan proyek desain untuk membuat logo untuk Perusahaan A. Kamu dapat menambahkan pengalaman ini ke CV tersebut demi mendapatkan nilai tambah dari perekrut. Untuk fresh graduate tanpa pengalaman, kamu dapat memasukan keahlian yang kamu lakukan selama kuliah.

Gunakan kata-kata yang memiliki power

Cara terbaik untuk membuat CV yang menarik adalah dengan memperhatikan kata-kata yang kamu gunakan. Pastikan untuk memilih kata-kata yang memiliki kekuatan. Karena pilihan kata dalam CV  dapat memengaruhi evaluasi kamu oleh perekrut.

Jadi apa yang kita maksud dengan kata-kata kekuatan?

Artinya, kamu bisa menggunakan kata "kreatif" alih-alih kata "pekerja keras". Seperti yang kita ketahui, istilah 'pekerja keras' sering digunakan dan bisa membuat HRD bosan. Bayangkan kata "kreatif". Oleh karena itu, HRD secara otomatis melihat kamu sebagai orang yang sangat kreatif yang dapat lebih mengembangkan perusahaan di masa depan.

Jadi pilihlah kata-kata yang tepat dan letakkan di CV kamu ya.

Cek tata bahasa yang digunakan

Entah CV kamu ditulis menggunakan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, pastikan bahwa CV kamu bebas dari kesalahaan penulisan apalagi grammar. Untuk itu kamu harus membacanya berulang kali demi mengantisipasi kesalahan. Kamu juga bisa meminta bantuan temanmu untuk mengoreksinya.

Gunakan font profesional

Cara ini mungkin terdengar sepele, tetapi untuk membuat CV  yang menarik, pastikan font yang kamu gunakan terlihat profesional dan tidak sembarangan yang sulit dibaca.

Umumnya, Times New Roman, Arial, atau Calibri adalah font yang biasa digunakan untuk menulis CV. Juga, ukuran font adalah 10-12 poin. Pemilihan font sangat penting agar perekrut tidak pusing membacanya.

Cantumkan kontak yang bisa dihubungi

Yang sering dilupakan oleh pencari kerja saat membuat CV adalah memberikan nomor ponsel atau alamat email yang jarang digunakan dan tidak digunakan. Faktanya, kontak dalam CV sangat penting bagi perekrut untuk menjangkau kandidat ketika mereka melanjutkan ke tahap berikutnya.

Karena itu, pastikan untuk memasukkan nomor ponsel dan alamat email yang aktif. Untuk email, jangan sertakan nama email yang terdengar aneh seperti [email protected]

Gunakan email yang terlihat profesional dengan nama kamu sendiri.

Gunakan keyword yang relevan

Selain menyertakan pengalaman yang relevan, cara lain untuk membuat CV yang menarik adalah dengan memasukkan kata kunci yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya, kamu melamar pekerjaan sebagai spesialis SEO. Mungkin kamu bisa memasukkan kata kunci seperti SEO, SEM, Content Writer, Copywriter.

Keterampilan yang kamu sebutkan akan membantu memastikan bahwa kamu adalah orang yang berkualitas di mata perekrut. Selain itu, kata kunci ini digunakan saat perekrut mencari kandidat di LinkedIn. Selain itu, juga membantu menemukan kamu dengan mudah.

Ituah dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika membuat CV pekerjaan. Jangan lupa menggunakan template ynag tepat ya agar sesuai dan menarik di mata rekruter.

Dapatkan Berita dan Artikel lain di Google News

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again