MSME Tutorial

3 Tips Mengatur Jadwal Kerja Karyawan dengan Aplikasi Bukugaji

Tips dan cara mengatur jadwal kerja karyawan menggunakan aplikasi Bukugaji Business.

Ketika Anda memutuskan untuk merekrut karyawan, maka Anda perlu tahu cara mengatur jadwal kerja karyawan-karyawan Anda. Jadwal kerja perlu dibuat sejelas mungkin agar tidak terjadi kebingungan dalam proses kerja karyawan, pencatatan absensi dan perhitungan gaji.

Pada artikel ini akan dibahas tips-tips dalam mengatur jadwal kerja karyawan dan penggunaan aplikasi Bukugaji Business untuk membantu pencatatan jadwal.

Cara Mengatur Jadwal Kerja Karyawan

Seperti yang telah disebutkan di atas, mengatur jadwal kerja karyawan tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, bahkan untuk karyawan harian sekalipun. Berikut ini tiga tips yang bisa Anda terapkan untuk mengatur jadwal kerja karyawan Anda.

Pastikan Jam Kerja Maksimal 8 Jam/Hari

Sesuai dengan UU Ketenagakerjaan, jam kerja maksimal karyawan adalah 8 jam/hari atau 40 jam/minggu. Dari sisi karyawan, hal ini bisa membantu karyawan memiliki jam istirahat yang cukup dan tenaga yang cukup untuk bekerja.

Selain itu, jam kerja yang tidak berlebihan juga bisa menghindari stres yang mungkin dirasakan karyawan, sehingga keesokan harinya bisa melakukan pekerjaan dengan optimal.

Atur Jadwal di Jam Sibuk Usaha Anda

Setelah menentukan durasi jam kerja, selanjutnya atur jadwal jam kerja karyawan dalam satu hari. Sebaiknya Anda membuat jadwal jam kerja karyawan sesuai dengan jam sibuk usaha Anda.

Sebagai contoh, jika Anda ingin memaksimalkan durasi waktu kerja karyawan hingga 8 jam/hari dan jam sibuk usaha Anda berada pada waktu siang hingga malam, Anda bisa membuat jadwal jam kerja mulai dari jam 12.00 hingga 20.00.

Catat Jadwal Kerja Tiap Karyawan di Aplikasi Bukugaji

Setelah menentukan jadwal tiap karyawan, jangan lupa untuk mencatatnya. Anda bisa mencatat jadwal kerja karyawan secara praktis di aplikasi Bukugaji Business. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat membantu Anda selaku pemilik usaha dalam mengelola karyawan, termasuk pencatatan jadwal dan absensi.

Jadwal setiap karyawan bisa Anda atur saat Anda menambahkan daftar karyawan di aplikasi Bukugaji. Untuk tutorial cara menambah karyawan di Bukugaji, Anda dapat melihatnya di sini.

Selain pada saat menambahkan daftar karyawan, Anda juga bisa mengaturnya setelah profil karyawan ditambahkan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Masuk ke aplikasi Bukugaji.
  • Pilih karyawan yang ingin Anda atur ulang jadwal kerjanya.

 

 

  • Kemudian, pada halaman profil karyawan, pilih Working Schedule.

 

 

  • Klik Edit untuk mengatur ulang jadwal kerja karyawan.

 

 

  • Masukkan waktu mulai dan selesai bekerja.

 

 

  • Lalu, pilih hari bekerja dalam seminggu.
  • Setelah itu, klik Save.

Dengan mengetahui cara mengatur jadwal karyawan di atas, diharapkan Anda bisa mengatur jadwal karyawan dengan baik. Jangan lupa juga untuk selalu mencatat setiap perubahan jadwal yang Anda buat pada aplikasi Bukugaji Business.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter