1. DScovery

3 Cara Mengunci File di Laptop, Aman Tanpa Aplikasi Tambahan

Untuk mengamankan file-file pentingmu di laptop, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut!

Keamanan data dan informasi adalah prioritas utama bagi sebagian orang. Untuk menjaga keamanan data, beberapa orang mencari cara untuk mengunci file-file yang penting agar aman dari berbagai tindak peretasan perangkat.

Windows sendiri sebenanya memiliki fitur pengaman yang dapat kamu gunakan untuk mengunci file-file berhargamu agar bisa diakses secara pribadi saja. Dengan begitu, kamu bisa melakukan langkah preventif agar terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan, yang berkaitan dengan peretasan data.

Nah, berikut adalah beberapa cara mengunci file di laptop yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Mengunci File di Laptop Menggunakan CMD

Command Prompt (CMD) adalah sebuat perintah DOS yang terdapat di Windows yang digunakan untuk mengeksekusi file. Kamu bisa menggunakan CMD untuk mengunci folder di laptop dengan langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka CMD.
  2. Setelah jendela CMD terbuka, masuk ke partisi yang menyimpan folder yang ingin kamu kunci. Misalnya, folder berada di partisi D, maka lakukan perintah D:
  3. Ketikkan perintah cacls [nama folder] /p everyone:n, dan ganti [nama folder] dengan nama folder yang ingin kamu kunci.
  4. Sementara untuk mengganti folder, ganti n dengan f.

Cara Mengunci File di Laptop dengan Folder Encryption

Encryption atau enkripsi adalah sebuah cara yang digunakan untuk melindungi data dan informasi dengan melakukan pengacakan data atau informasi. Dengan enkripsi, orang lain tidak dapat mengakses datamu secara sembarangan.

Adapun beberapa langkah untuk menggunakan fitur ini adalah, sebagai berikut:

  1. Siapkan file yang ingin kamu enkripsi.
  2. Kemudian, klik kanan pada folder tersebut lalu pilih Properties.
  3. Jika jendela Properties telah terbuka, klik menu Advanced.
  4. Pada menu Advanced, centang tulisan Encrypt contents to secure data lalu klik OK.
  5. Terakhir, centang opsi Apply changes for this folder, subfolders, and files.
  6. Sekarang, foldermu sudah dienkripsi.

Cara Mengunci File di Laptop secara Manual

Untuk mengunci file di laptop secara manual bisa kamu lakukan dengan membuat folder dengan password. Untuk melakukan cara ini, kamu akan membutuhkan Notepad untuk menuliskan kodenya.

Berikut adalah beberapa langkah mengunci file di laptop secara manual.

  1. Buka aplikasi Notepad di laptopmu.
  2. Selanjutnya, buat dokumen baru, lalu salin dan tempelkan tulisan di bawah ini ke dalam Notepad:

cls @ECHO OFF title Pengunci Folder if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER :CONFIRM echo Apa kamu ingin mengunci folder ini? (Y/N) set/p "cho=>" if %cho%==Y goto LOCK if %cho%==y goto LOCK if %cho%==n goto END if %cho%==N goto END echo Pilihan yang kurang tepat. goto CONFIRM :LOCK ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" echo Folder berhasil terkunci goto End :UNLOCK echo Masukkan kata sandi untuk membuka folder set/p "pass=>" if NOT %pass%==PASSWORD goto FAIL attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker echo Folder berhasil dibuka. goto End :FAIL echo Kata sandi salah. goto end :MDLOCKER md Locker echo Locker berhasil dibuat goto End :End

  1. Kemudian, ubah kata PASSWORD dengan kata sandi yang kamu inginkan untuk mengunci foldermu.
  2. Simpan file Notepad tersebut dengan tipe file All Document. Ingat, jangan lupa tambah format .bat di belakang nama foldernya.
  3. Selanjutnya, masukkan file Notepad tersebut ke dalam folder yang hendak kamu kunci.
  4. Kamu bisa mulai memindahkan file-file yang ingin kamu kunci ke dalam folder tersebut. Jangan lupa untuk membuka file .bat yang kamu buat tadi, kemudian ketik Y dan tekan Enter untuk memberi perintah penguncian.
  5. Sekarang, foldermu sudah terkunci. Untuk mengaksesnya, kamu harus membuka file .bat lalu masukkan password.

Nah, itulah ketiga cara mengunci file di laptop yang bisa kamu terapkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Selamat mencoba!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again