MSME Tutorial

Menjual Webinar dan Kelas Online di Lynk id, Super Praktis!

Ketahui cara praktis menjual webinar melalui Lynk id di sini.

Semakin maraknya digitalisasi berdampak pada bertambahnya online events seperti webinar dan kelas online yang diadakan oleh content creator atau akun platform edukasi. Jika Anda adalah salah satu pengguna media sosial yang sering menyelenggarakan online events ini, maka Anda harus tahu bahwa cara menjual webinar di Lynk id bisa jadi solusi praktis untuk Anda.

Dengan Lynk id, Anda tidak perlu repot-repot membuat formulir pendaftaran di Google Form ataupun meminta peserta untuk screenshot bukti pembayaran event. Semua dapat Anda atur dalam satu tahapan di akun Lynk id Anda. Jika Anda belum tahu apa itu Lynk id dan kegunaannya, lihat terlebih dahulu pembahasannya di sini.

Cara Menjual Tiket Webinar dan Kelas Online di Lynk id

Umumnya, jika Anda ingin menjual webinar atau kelas online, Anda perlu membuat formulir pendaftaran dengan Google Form. Kemudian, peserta harus mengirimkan bukti pembayaran kepada Anda selaku penyelenggara dan Anda perlu mengirimkan linkevent satu per satu ke peserta. Cara seperti itu tentu merepotkan dan menyita banyak waktu.

Jika Anda menggunakan Lynk id, peserta bisa mengisi form pendaftaran, melakukan pembayaran, dan menerima link event di satu tempat karena Lynk id juga telah terhubung dengan payment gateway. Untuk bisa menjual webinar di Lynk id, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Login ke akun Lynk id Anda dan klik Add New Block.

 

 

  • Lalu, pilih Event.

 

 

  • Selanjutnya, isi informasi terkait acara mulai dari menambah gambar dengan klik Add Image.

 

 

  • Kemudian, masukkan judul dan deskripsi event.

 

 

  • Setelah itu, pilih platform yang akan digunakan pada online event tersebut (Zoom/Google Meets/Other) dan masukkan link acara (Zoom/Google Meets/WhatsApp Group/dll).

 

 

  • Berikutnya, masukkan jadwal event, mulai dari tanggal, jam, dan durasi acara.

 

 

  • Jika Anda ingin membuat acara berbayar, isi kolom Price dengan harga tiket acara tersebut. Apabila Anda ingin memberikan potongan harga, masukkan jumlah potongan harga di kolom Sale Price.

 

 

  • Kemudian, aktifkan Item Quantity jika jumlah tiket event terbatas dan masukkan jumlah stok.

 

 

  • Lalu, jika Anda ingin peserta mendapat notifikasi Whatsapp setelah mendaftar, Anda dapat mengaktifkan WhatsApp Notification. Namun, fitur ini akan memotong biaya sebesar 400 rupiah per notifikasi.

 

 

  • Setelah itu, Anda bisa membuat form pendaftaran pada Custom Field yang nantinya harus diisi oleh peserta. Anda bisa mengaktifkan tombol Required jika peserta wajib mengisi informasi tersebut.

 

 

  • Apabila Anda ingin menambah pertanyaan lainnya, klik Add Another Question.
  • Terakhir, pilih tombol Call To Action yang Anda inginkan.

 

 

  • Jika semua sudah sesuai, klik Add Product.

 

 

Apabila Anda telah berhasil mengikuti cara menjual webinar di Lynk id tersebut, selanjutnya Anda bisa memasukkan link halaman Lynk id Anda ke bio media sosial Anda. Setelah itu, Anda bisa memberikan instruksi kepada calon peserta untuk mengakses link pendaftaran melalui halaman tersebut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again