1. DScovery

5 Cara untuk Membuka Sandi HP yang Lupa

Saking rumitnya sandi yang dibuat barangkali justru membuatmu lupa, gak usah khawatir berikut cara menanganinya!

Menyetel kata sandi di ponsel bisa menjadi cara lain untuk menjaga privasi dan keamanan data. Biasanya seseorang akan membuat password yang unik, kombinasi angka yang sulit ditebak. Sayangnya, terkadang karena sangat unik, seseorang bahkan lupa kata sandinya sendiri. Jika iya, berbagai cara membuka password HP yang  terlupa akan coba dilakukan.

Melupakan password secara tidak sengaja sebenarnya cukup umum. Namun, kata sandi di HP sebenarnya harus dapat diakses setiap hari. Seandainya kamu mengalaminya, tidak perlu khawatir sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka ponsel yang lupa password.

Berikut DailySocial.id bantu paparkan beberapa caranya!

Menggunakan Google Find My Device

Salah satu cara membuka sandi HP yang lupa bisa dilakukan dengan mengakses Google Find My Device. Fitur ini barangkali lebih dikenal untuk membantu pencarian perangkat yang hilang. Namun faktanya Google Find My Device juga bisa membantumu membuka sandi ponsel juga.

Untuk melakukannya, sama seperti ketika kalian sedang kehilangan HP resiko besarnya kamu perlu melakukan opsi menghapus informasi di perangkat HP kalian. Dengan begitu, sistem dan data di HP kalian akan kembali seperti semula.  Berikut cara membuka sandi HP yang lupa menggunakan Google Find My Device.

  1. Akses Google Find My Device dari browser PC atau laptop.
  2. Setelah itu, kamu akan mendapatkan identifikasi dari HP kalian, seperti nama, lokasi terakhir, dan prosentase baterai.
  3. Kemudian, pilih opsi Erase Device.
  4. Lalu, ikuti setiap langkah dan petunjuk yang muncul. Hingga, kalian masuk ke laman loginGoogle.
  5. Login dengan akun Google yang terdaftar di HP.
  6. Secara otomatis, HP akan tersetel dalam keadaan baru. Kemudian kamu dapat memasang kata sandi baru yang lebih mudah diingat.

Menggunakan Google Smart Lock

Dibanding menjadi 'langkah membuka sandi HP yang lupa' saran ini lebih ditegaskan kepada menghindari password ponsel seandainya lupa. Tepatnya kalian bisa memakai fitur bernama Google Smart Lock. Namun perlu diketahui, bahwa produk Google ini dapat digunakan oleh HP dengan sistem Android 5.0 atau yang lebih baru.

Saat tiba-tiba kalian lupa password, kalian bisa langsung menyambungkan koneksi HP dengan WiFi rumah, smartwatch, atau browser Google Chrome. Dengan begitu, Google Smart Lock akan membuka kunci HP secara otomatis.

Menggunakan Fitur Safe Mode

Cara membuka sandi HP yang lupa lainnya bisa dilakukan juga dengan mengaktifkan fitur safe mode. Tapi, kalian hanya bisa menggunakan fitur ini jika menggunakan lock screen dari pihak ketiga alias aplikasi tambahan, bukan bawaan HP. Sebab ketika masuk safe mode, aplikasi pihak ketiga tak akan berfungsi.

Berikut langkah-langkah menggunakan fitur safe mode untuk membuka HP yang lupa sandi!

  1. Untuk masuk safe mode, tekan tombol power beberapa saat hingga muncul opsi power off.
  2. Setelah itu, pilih dan tahan opsi power off.
  3. Kemudian, akan muncul opsi reboot ke safe mode. Pilih, Okay.
  4. Ketika sudah masuk di safe mode, kalian bisa langsung meng-uninstall aplikasi tersebut, kemudian restart lagi HP kalian. Dengan begitu, kalian bisa masuk perangkat tanpa harus memasukkan kata sandi lagi.

Melakukan Reset Factory


Pilihan cara membuka sandi HP yang lupa lainnya adalah dengan melakukan factory reset atau mengembalikan settingan pabrik. Resiko melakukan cara ini, kalian harus melakukan booting perangkat ke mode Recovery. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Cara paling sederhana untuk melakukan factory reset adalah dengan mematikan smartphone sembari menekan tombol volume turun bersamaan.
  2. Jika sudah, kamu akan masuk ke sistem bootloader. Setelah itu, kalian bisa menggunakan tombol volume untuk navigasi ke Recovery Mode, dan pakai tombol power untuk menggantikan fungsi enter.
  3. Pilih Wipe data/factory reset.
  4. Selanjutnya, tekan tombol power untuk konfirmasi pilihan.
  5. Secara otomatis HP akan melakukan restart dan menghapus data. Selesai.

Menggunakan Android Debug Drive

untuk Menghapus Password yang Terlupa Saran terakhir yang DailySocial.id berikan yaitu kamu juga bisa coba cara membuka sandi HP yang lupa menggunakan Android Debug Drive (ADB). Untuk melakukannya, kamu perlu menghubungkan HP dengan laptop atau PC. Sehingga, kamu harus memastikan kelengkapan lain seperti USB. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Sambungkan HP dengan laptop atau PC menggunakan kabel USB.
  2. Setelah itu buka program Command Prompt, dengan cara mengetikkan perintah CMD adb shell rm /data/system/gesture key.
  3. Setelah masuk ke direktori instalasi ADB, lakukan reboot smartphone.
  4. Dengan begitu, kata sandi di lockscreen secara otomatis tidak akan berlaku lagi.
  5. Kalian bisa segera ganti kata sandi HP sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

Itulah beberapa saran yang bisa membantumu ketika mengalami lupa sandi ponsel maupun antisipasi sebelum terjadi. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again