1. DScovery

Chief Business Officier (CBO): Definisi, Tugas, dan Keterampilan yang Harus Dikuasai CBO

CBO adalah posisi teratas di sebuah perusahaan, CBO biasanya akan memiliki tim diantaranya tim akuntan, analis keuangan, dan profesional lain.

Salah satu posisi eksekutif perusahaan adalah Chief Business Officer (CBO). Seperti C-level lainnya, CBO menempati posisi penting dalam proses pengembangan perusahaan. Salah satunya menjalankan perusahaan.

Oleh karena itu, untuk menjadi CBO, kamu harus memiliki keahlian atau pengalaman tertentu. Nah buat kalian yang ingin tahu apa itu CBO, apa saja tugas dan tanggung jawab CBO, silahkan baca artikel ini sampai selesai ya. Sehingga tidak ada informasi penting yang hilang.

Pengertian Chief Business Officier

CBO adalah jabatan manajemen fungsional tertinggi di perusahaan ritel yang sedang berkembang dan pengambil keputusan untuk strategi bisnis perusahaan. CBO bekerja sama dengan chief executive officer (CEO), direktur perusahaan dan dewan direksi untuk mengawasi berbagai aspek bisnis dan pengembangan perusahaan.

Di beberapa perusahaan, CBO memiliki wewenang untuk mengontrol anggaran dan memasukkan iklan dalam proyek pembangunan. CBO juga berhubungan langsung dengan investor yang membantu mengembangkan proyek.

Peran utama CBO adalah untuk memastikan bahwa semua kelompok yang berbeda bekerja sama secara efektif untuk mencapai tujuan perusahaan. CBO juga bekerja sama dengan departemen keuangan dan akuntansi untuk memastikan bahwa keuangan perusahaan teratur. CBO biasanya bekerja di lingkungan kantor dan mungkin melakukan perjalanan untuk bertemu klien atau menghadiri konferensi.

Gaji CBO bervariasi menurut tingkat pendidikan, pengalaman, dan ukuran industri atau perusahaan. Permintaan untuk pekerjaan ini tergantung pada permintaan akan produk dan layanan.

Tugas Chief Business Officier

• Menetapkan tujuan strategis yang selaras dengan misi dan visi organisasi untuk mendukung pertumbuhan jangka panjang.

• Mengawasi pengembangan dan penerapan kebijakan dan prosedur perusahaan untuk memastikan kepatuhan terhadap peraturan.

• Menilai kinerja bisnis, termasuk produktivitas dan efisiensi.

• Memberikan kepemimpinan untuk fungsi sumber daya manusia seperti perekrutan, pelatihan, kompensasi dan pengembangan karyawan.

• Merekomendasikan perubahan untuk meningkatkan efisiensi dan profitabilitas operasional, termasuk meningkatkan pendapatan atau mengurangi biaya.

• Meninjau laporan dan laporan keuangan untuk menilai kinerja bisnis, mengidentifikasi risiko, dan membuat keputusan strategis.

• Mengembangkan hubungan dengan pemangku kepentingan utama seperti investor, lembaga pemerintah, tokoh masyarakat, dan pakar industri.

• Berkoordinasi dengan departemen lain untuk mengembangkan kemitraan atau aliansi strategis yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.

• Memastikan kepatuhan terhadap semua undang-undang, termasuk undang-undang ketenagakerjaan, lingkungan, dan pajak.

Keterampilan yang Harus Dimiliki Chief Business Officier

Untuk menjadi CBO kamu harus memiliki beberapa keterampilan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mu. Sehingga persiapan kamu menjadi lebih matang. Berikut adalah lima keterampilan CBO penting yang dapat kamu terapkan.

Kemampuan komunikasi

Komunikasi adalah keterampilan penting yang harus kamu kuasai. CBO harus mampu mengkomunikasikan informasi kepada audiens yang berbeda. termasuk mengomunikasikan informasi kompleks kepada direktur dan eksekutif perusahaan. Terutama komunikasi strategi perusahaan.

Dalam komunikasi, kamu didorong untuk menyampaikan ide dan gagasan yang akan meningkatkan efektivitas kerja Anda secara keseluruhan. CBO sering bekerja sama untuk mengembangkan dan menerapkan strategi bisnis.

Memiliki pemikiran strategis

Pemikiran strategis adalah kemampuan untuk melihat gambaran besar dan memahami bagaimana tindakan individu dapat mempengaruhi tujuan jangka panjang perusahaan. Jika kamu ingin mengambil peran ini, kamu juga harus dapat bekerja dengan baik dengan orang-orang dari semua tingkatan.

Kamu harus bisa berpikir strategis bagaimana bisnis bisa tumbuh dan berkembang, bahkan sambil memecahkan masalah. Strategi seringkali mencakup seperangkat tujuan dan sasaran yang dapat membantu organisasi mencapai hasil yang diinginkan. Karena strategi yang kuat didukung dengan kemampuan berpikir dapat menjadi strategi yang sejalan dengan nilai dan tujuan perusahaan.

Leadership

Kepemimpinan adalah keterampilan yang dapat membantu perusahaan tumbuh dan mempertahankan budaya perusahaan yang kuat. Dengan jiwa kepemimpinan, kamu juga dapat menggunakan keterampilan kepemimpinan mu untuk memotivasi dan membantu tim mu mencapai tujuan organisasi.

Menjadi manajer yang berkualitas membutuhkan usaha, pelatihan dan pengalaman, yang selanjutnya digunakan sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri. Manfaatnya nyata ketika kamu perlu menjalankan bisnis untuk mengembangkannya. Leadership adalah faktor terpenting yang menentukan tujuan perusahaan.

Kecerdasan finansial

Kecerdasan finansial adalah kemampuan seseorang untuk memahami pentingnya perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan keuangan yang baik, yang pada gilirannya memungkinkan terwujudnya impian dan keinginan.

CBO harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang ekonomi. Ini termasuk kemampuan untuk membaca laporan keuangan, menginterpretasikan data keuangan dan membuat prakiraan keuangan. Mendapatkan informasi keuangan dapat membantu kamu membuat keputusan tentang anggaran, pengeluaran, dan pendapatan perusahaan.

Menguasai teknologi

Saat ini adalah era modern dan teknologi informasi (TI) telah menjadi bagian yang sangat penting dari setiap rencana bisnis. Hampir semua bisnis baik besar maupun kecil menggunakan teknologi informasi sebagai fungsi yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan layanan bisnis yang dikelolanya.

Sebagai seorang pemimpin, sangat penting bagi kamu untuk memahami teknologi terkini dan bagaimana hal itu dapat membantu bisnis mu tumbuh dan bersaing dengan persaingan. Kamu harus dapat mengidentifikasi dan menerapkan teknologi yang paling tepat untuk bisnis perusahaan mu.

Demikianlah penjelasan mengenai CBO yang kami rangkum untukmu. Semoga membantu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again